PlayStation 5 Bisa Memainkan Game Dari Konsol Sebelumnya, Konfirmasi dari Sony

PlayStation 5 Bisa Memainkan Game Dari Konsol Sebelumnya, Konfirmasi dari Sony

Gambar: Sony

Kompatibel ke belakang

IDGS, Rabu, 17 April 2019 - Setelah berbulan-bulan hanya mendengar rumor dan spekulasi mengenai konsol Sony yang berikutnya akan memiliki fitur kompatibel ke belakang (backward compatible), sepertinya kita telah memperoleh kepastian. 

Kepastian itu datang dari sebuah interview eksklusif dari WIRED dengan kepala arsitek sistem untuk PlayStation 5, Mark Cerny. 

Mengutip dari WIRED: "Karena [konsol selanjutnya dibuat] berdasarkan bagian arsitektur dari PlayStation 4, PS5 juga akan kompatibel dengan game dari konsol PS4." 

Cerny juga mengonfirmasikan bahwa konsol baru Sony itu — yang tak mau ia sebut dengan PS5 — tidak akan disc-less alias tanpa disc seperti yang dirumorkan sebelumnya. 

Kabar buruknya, Cerny juga menganjurkan untuk menghiraukan segala rumor mengenai konsol teranyar Sony akan rilis pada tahun ini. Ia mengklaim 2020 merupakan tahun perilisan, sesuai dengan rumor yang ada. 

Awal tahun ini, Sony dilaporkan telah mendaftarkan paten lewat Japan Patent Office yang menyugestikan kompabilitas ke belakang. 

Paten tersebut mendeskripsikan sebuah metode yang memungkinkan sebuah perangkat untuk mengecek apakah sebuah game merupakan generasi terbaru atau generasi lama, di mana kemudian perangkat itu akan memberi feedback berupa CPU ID spoof (palsu/tiruan) yang membuat game dari generasi lama dapat dijalankan di prosesor terbaru. 

Kompabilitas ke belakang merupakan sebuah fitur yang tak dimiliki oleh PlayStation 4. Pastinya akan gawat bagi Son apabila Xbox One mampu memiliki fitur tersebut sehingga Sony tak mau ketinggalan. 

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: Gamebyte

Gambar: Sony

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI