Square Enix Pamerkan Gameplay dari Final Fantasy VII Remake di Ajang E3

Square Enix Pamerkan Gameplay dari Final Fantasy VII Remake di Ajang E3

Source: Square Enix

Gameplay Baru Tapi Lama

IDGS, Jumat, 14 Juni 2019 - Ajang pameran game tahunan terbesar di dunia, Electronic Entertainment Expo (E3) pada tahun ini akhirnya menjawab harapan dan penantian para penggemar serial Final Fantasy, terutama Final Fantasy VII. Square Enix memamerkan gameplay dari Final Fantasy VII Remake pada ajang tersebut serta membeberkan beberapa informasi terkait game yang diangkat dari salah satu game paling populer di konsol PlayStation 1 itu. 

Perbedaan paling kentara dengan versi aslinya dari segi gameplay adalah, digantinya format pertarungan dari yang sebelumnya menggunakan sistem turn-based menjadi Action Time Bar (ATB). 

 

 

Dalam sistem ATB, pemain harus menunggu ATB penuh sebelum kemudian dapat memasuki Tactical Mode di mana seluruh aksi akan diperlambat menjadi slow-motion pause event hingga akhirnya dapat memilih berbagai aksi seperti menggunakan skill, memilih target, atau menggunakan item.

Dengan begitu para pemain memperoleh waktu untuk berpikir lebih dulu sebelum mengambil keputusan untuk langkah berikutnya. Agak berbeda dengan versi original, tapi tak serta merta meninggalkan beberapa elemen khasnya. 

Untuk mengisi ATB lebih cepat, pemain dapat melakukan serangan-serangan hack and slash seperti pada genre action pada umumnya. 

Selain itu, pemain tak hanya mengendalikan satu karakter saja. Sama seperti versi aslinya, dalam FF VII Remake, kalian dapat menggunakan karakter lain dalam satu tim yang dapat dilakukan secara lebih dinamis. Tak perlu khawatir akan pemain yang tidak kalian kendalikan karena sepertinya akan ada A.I. (Aritificial Intelligence) yang akan mengendalikan karakter-karakter yang tidak sedang dikendalikan pemain. 

Dari gameplay yang diperlihatkan, Square Enix nampaknya ingin merangkul para pemain yang menggemari strategi hingga mereka yang lebih menyukai genre action. 

Tak ketinggalan pastinya, dan mungkin yang paling ditunggu-tunggu para penggemar FF VII adalah ditampilkannya beberapa karakter populer. Setelah dalam trailer sebelumya menampilkan Cloud Strife, Barret dan Aerith, kini Square Enix menampilkan sang villain utama, Sephiroth dan sahabat masa kecil Cloud, Tifa Lockhart. 

 

 

Bagi para penggemar hardcore, Square Enix telah menyiapkan paket termahal untuk FF VII Remake ini, yang menyertakan action figure Cloud Strife di dalamnya. 

 

Action figure Cloud Strife yang disiapkan bagi penggemar yang membeli paket termahal FF VII Remake. (Square Enix)

Final Fantasy VII Remake akan diluncurkan perdana pada 3 Maret 2020 untuk konsol PlayStation 4. 

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI