Waduh! Gamers Menjadi Target Serius Penjahat Siber

Ilustrasi gamers (FOTO: freepik)

Indogamers.com - Di tengah gelombang ancaman siber yang semakin mengintai, para pemain game harus menghadapi tantangan terkait keamanan siber.

Perusahaan Keamanan Daring Kaspersky di siaran pers, memberi peringatan bahwa komunitas gamers menjadi target serius bagi penjahat siber.

Dalam rentang waktu dari 1 Juli 2022 hingga 1 Juli 2023, Kaspersky menemukan 4.076.530 upaya mengunduh 30.684 file yang disamarkan sebagai game populer, mod, cheat, atau perangkat lunak terkait game lainnya.

Baca Juga: Hogwarts Legacy Tetap Populer di Nintendo Switch Meski Kualitas Diturunkan

Dampak dari insiden ini terasa pada 192.456 pengguna di seluruh dunia. Sebagian besar file ini diklasifikasikan sebagai perangkat lunak tidak diinginkan dan sering diidentifikasi sebagai bukan virus, seperti Downloader (89,70 persen).

Namun, file-file tersebut mampu membawa program lain, termasuk yang berbahaya, ke perangkat pengguna.

Ancaman seperti Adware (5,25 persen) dan Trojan (2,39 persen) juga menjadi perhatian serius bagi para pemain game di desktop.

Baca Juga: Hogwarts Legacy Tetap Populer di Nintendo Switch Meski Kualitas Diturunkan

Pakar Keamanan Siber dari Kaspersky, Vasily Kolesnikov menggarisbawahi bahwa industri game menyimpan banyak data pribadi dan keuangan yang menarik bagi penjahat siber.

Mereka memanfaatkan akun game untuk mencuri aset dalam permainan, mata uang virtual dan menjual akun yang telah disusupi dengan nilai di dunia nyata.

Kolesnikov menekankan perlunya kesadaran akan keamanan siber dalam komunitas game.

Baca Juga: Apakah Avatar Frontiers of Pandora Tersedia di Steam? Begini Jawabannya

Sementara itu, Kaspersky juga mencatat munculnya SpyNote, sebuah trojan mata-mata yang tersebar di antara pengguna Roblox di Android, dengan menyamar sebagai mod.

Trojan ini memiliki kemampuan mata-mata yang mencakup keylogging, perekaman layar, streaming video dari kamera ponsel, dan menyamar sebagai aplikasi Google dan Facebook untuk meretas kata sandi.

Pemain game juga harus waspada terhadap phishing, di mana perangkat lunak berbahaya disamarkan sebagai gim populer. Situs web pihak ketiga sering menjadi tempat penyebarannya, menawarkan versi bajakan dari game tertentu.

Baca Juga: Deretan Marksman Mobile Legends Paling OP 2023, Preman Gold Lane

Halaman-halaman ini sering menampilkan jumlah unduhan yang berlebihan untuk menarik pengguna, tetapi seringkali mengarah pada konten berbahaya yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI