logo

Kilas Balik : Hero-hero Paling Berpengaruh di Ajang M1 World Championship

AgamtheRev
Kamis 26 Desember 2019, 09:54 WIB
Mobile Legends : Bang Bang

Mobile Legends : Bang Bang

IDGS - Sudah sebulan lamanya sejak gelaran M1 World Championship usai dengna kemenangan EVOS Legends di panggung Axiata Arena, Malaysia pada 11-17 November 2019 lalu. Banyak hal dan cerita yang menarik untuk dibahas mengenai pertandingan sengit oleh 16 tim dari 14 negara yang berpartisipasi di pertandingan taraf dunia Mobile Legends : Bang Bang.

Strategi dan permainan setiap tim pun wajib dimaksimalkan di panggung Axiata Arena. Indonesia sendiri diwakili oleh dua tim, yaitu EVOS Legends sang juara MPL ID S4 dan RRQ yang menempati posisi runner-up di ajang tersebut. Dan, El Classico rupanya kembali tersaji di final M1 World yang dimenangkan oleh EVOS Legends lewat skor 4-3. Comeback indah ini diwarnai dengan strategi dan pemilihan hero yang krusial. Lantas, strategi draft pick menjadi salah satu kunci mengingat setiap pemain yang berlaga di sini memang nyatanya memiliki kemampuan di atas rata-rata, namun faktor counter-pick hero menjadi faktor pembeda.

Hero apa saja yang paling laris digunakan selama gelaran M1 World berlangsung? Pemain mana saja yang mampu memberikan permainan memukau di setiap hero? Dan, sejauh apa dampak yang diberikan dari suatu hero pada setiap pertandingan?

Kaja

Mobile Legends : Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang kini semakin bervariasi dari segi strategi dan posisi, apalagi dengan kehadiran hero-hero baru. Kaja merupakan salah satu hero yang memiliki kemampuan untuk menyulik musuh melalui ultimate skill, Divine Judgement, yang kerap dikombinasikan dengan Flicker.

Kelebihan lain dari hero ini adalah burst damage dan clear lane yang cepat. Tentu tidak salah bila Kaja menjadi hero yang favorit digunakan dengan pick rate sebanyak 39,1% di M1 World. Beberapa pemain yang kerap menggunakan hero ini adalah Donkey dari EVOS Legends.

Penggunaan Kaja dengan item Roam juga cocok untuk menyulik carry lawan. Tentu hero ini patut diwaspadai dan bahkan menjadi salah satu hero yang paling sering di-banned pada gelaran M1 World.

Chang'e

Mobile Legends : Bang Bang

Kemampuan burst damage dari jarak jauh? Mungkin itu satu dari beberapa alasan mengapa Change menjadi hero paling berpengaruh di M1 World. Hero satu ini mampu memberikan serangan yang sakit dan DPS yang tinggi dengan ultimate skill, Meteor Shower.

Tidak hanya itu, skill 1 dan 2 nya mampu memberikan damage tambahan sekaligus movement speed agar dapat melakukan positioning ketika berjalannya clash. Hero ini kerap menjadi ancaman, apalagi bagi tim yang sedang melakukan Lord.

Yap, Change mampu mencuri Lord dengan mudah menggunakan Meteor Shower karena DPS yang besar dan cepat. Beberapa nama yang mengguncang panggung M1 saat menggunakan Change antara lain: Bambi dari EVOS SG, Wann dari EVOS Legends, Lemon dari RRQ, dan Cikuuu dari Todak.

Harith

Mobile Legends : Bang Bang

Harith, salah satu hero yang menjadi inisiator atas comeback indah EVOS Legends melawan RRQ di pertandingan ke-4 grand final M1 World. Kemampuan farming yang cepat membuat Harith menjadi salah satu hero yang paling sering di-banned bersanding dengan Change, Kaja, X.Borg dan Esmeralda.

Pasalnya, Harith akan sangat sulit dikalahkan di late game karena kelincahannya, kemampuan absorb damage, dan burst damage yang tinggi. Hal ini menjadi pertimbangan besar apalagi bagi musuh yang ingin menyudahi pertandingan atau setidaknya menjauh dari fase late game.

Harith sendiri digunakan sebanyak 35 kali dan menjadi hero Mage dengan pick terbanyak, yaitu sebesar 41,2%. Dengan statistik tersebut, rasanya Harith memang berbahaya di tangan para pemain profesional dengan kemampuan mumpuni.

Beberapa pemain yang menunjukkan kelasnya menggunakan Harith di gelaran M1 World adalah Wann dari EVOS Legends, Wise dari ONIC PH, AyamJago dari RRQ, dan Kielvj dari Sunsparks.

Kimmy

Mobile Legends : Bang Bang

Marksman merupakan salah satu hero penting dan fundamental ketika bermain Mobile Legends: Bang Bang. Meski kerap menggunakan strategi tanpa jenis hero tersebut, namun kecepatan dalam menghancurkan Tower akan terasa lebih sulit. Hero bertipe Marksman juga mampu menyerang musuh dari lini belakang dan memberikan damage yang sangat besar, salah satunya adalah Kimmy.

Menjadi hero dengan mekanisme yang unik karena menggunakan dua analog, baik untuk bergerak dan menyerang. Lebih uniknya lagi, hero ini menjadi Marksman yang mampu divariasikan dengan dua tipe serangan, yaitu Magic dan Physical.

Perubahan strategi di setiap patch membuat Kimmy kuat dari segi Magic, maka dari itu banyak pemain yang mengarahkan item Kimmy ke segi Magic dan salah satu pemainnya adalah Rekt dari EVOS Legends. Sang kapten dari EVOS ini cukup sering menggunakan Kimmy dan Claude.

Dari segi statistik, Kimmy juga menempati pick rate sebesar 42,4% atau dipilih 36 kali dari 82  pertandingan di M1 World Championship. Posisinya sendiri setara dengan Granger, hero Marksman lain yang sering digunakan di pertandingan tingkat dunia Mobile Legends di Axiata Arena.

Lolita

Mobile Legends : Bang Bang

Kombinasi hero dan strategi saat perang merupakan hal yang sangat penting di Mobile Legends: Bang Bang. Perbedaan gold dan XP kerap terjadi saat dominasi terus di bangun dari awal hingga akhir pertandingan.

Tank menjadi hero yang mampu merubah peta pertarungan dan memberikan kemenangan besar lewat skill yang sangat fungsional. Lolita menjadi hero Tank yang sangat sering digunakan dengan pick rate sebesar 42,4%. Hero ini menjadi penting apalagi ketika berhadapan dengan Kimmy dan Change.

Bagaimana tidak, Lolita mampu menahan damage besar dari kedua carry tersebut dengan skill 2,Guardians Bulwark. Tentu Lolita menjadi pilihan pertama dan utama bila berhadapan dengan hero-hero ber-DPS tinggi.

Beberapa pemain yang memberikan pengaruh besar lewat kelihaian memainkan Lolita seperti Luminaire dari EVOS Legends, Brezzy dari Team Gosu, Tmax dari VEC Fantasy Main, dan Liam dari RRQ.

Masha

Mobile Legends : Bang Bang

Kekuatan push lane cepat, kemampuan mobilitas tinggi, kecepatan farming, serta skill yang fungsional menjadi alasan mengapa Masha sangat difavoritkan pada gelaran M1 World. Hero Fighter satu ini digunakan sebanyak 47 kali dari 85 pertandingan atau sebesar 55,3%.

Hampir di setiap pertandingan setidaknya Masha tampil di-pick atau di-banned. Penggunaan skill 1, Howl Shock yang tepat dapat membuat hero Physical mati kutu. Bahkan, Masha menjadi salah satu momok menakutkan bagi para Marksman, apalagi ketika sudah menggunakan item Black Demon Sword.

Split push juga menjadi nilai penting hero ini, terlebih ketika keadaan tim mulai tertinggal dari segi gold dan XP. Masha dapat memberikan rasa was-was atas lane yang tidak dijaga. Kecepatan lari serta DPS Masha yang tinggi membuat Tower seperti remahan roti yang sangat mudah dilumat habis. Beberapa pemain yang kental dengan sosok Masha adalah Dlar dari ONIC PH, Soul dari EVOS SG, Xrayyy dari Todak, dan Oura sang MVP M1 dari EVOS Legends.

Grock

Mobile Legends : Bang Bang

Grock, hero terakhir sekaligus yang paling sering digunakan selama gelaran M1 World Championship 2019 dengan pick rate sebesar 71,8%. Merupakan Tank yang memiliki damage besar dan mampu merusak pola permainan lawan ini sangat efektif baik di awal, pertengahan, hingga akhir pertandingan.

Grock sendiri bisa dibentuk sedemikian rupa tergantung musuh dan strategi yang ingin dilawan. Skill set yang dimiliki pun sangat berguna untuk menjaga CC lawan dengan skill 1, Power of Nature.

Ditambah skill pasif, Ancestral Gift milik Grock yang sangat cocok untuk menahan damage dengan efek peningkatan regenerasi HP, movement speed 10%, serta Magic Resistance dan Physical Defense sebanyak 26-180 (seiring level).

Grock pun bisa sangat berbahaya bila kamu memiliki HP yang rendah serta berada di pinggir dinding. Karena damage ultimate skill, Wild Charge akan bertambah sakit bila berbenturan dengan dinding dan menghasilkan burst damage yang besar di sekitar area.

Beberapa pemain yang lihai menggunakan Tank satu ini adalah Donkey dari EVOS Legends. Tidak salah bila dominasi ditunjukkan oleh armada harimau putih di panggung Axiata Arena, Malaysia. Selain Donkey, ada juga Fuzaken dari Sunsparks, Liam dari RRQ, dan Moonnn dari Todak.

Dalam ranah kompetitif Mobile Legends: Bang Bang yang bertabur bintang dan penuh dengan strategi, tentu draft pick hero menjadi faktor yang penting dan tidak boleh diabaikan. Penggunaan hero tertentu di situasi yang tepat menjadi sangat penting untuk menghasilkan kontribusi yang maksimal.

Tentu selain draft pick, hero pool dari para pemain juga penting untuk diperhatikan. Terbukti dari tim RRQ dan EVOS Legends yang mampu menggunakan berbagai macam hero dan kombinasi strategi yang unik sehingga sulit dibaca ketika berlangsungnya gelaran M1 World Championship di Malaysia.

Lantas, sejauh apakah perubahan META yang akan terjadi dari hero-hero Mobile Legends di pertandingan M2 World Championship 2020 mendatang? Akankah jajaran hero baru yang akan hadir mampu merubah komposisi strategi dan peta kompetisi menjadi lebih bervariasi? Dan, apakah META baru layaknya 2 Support atau 2 Marksman akan tampil di ranah kompetitif Mobile Legends: Bang Bang yang akan datang?

(OAA/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
News07 Juli 2024, 16:15 WIB

Dikembangkan Satu Orang, Dead Season Siap Gebrak Industri Game Tahun Ini

Satu lagi game besar yang siap dirilis tahun ini dan akan menambah daftar game horor yang seru. Ya, judulnya adalah Dead Season yang masih dalam tahap pengembangan.
Dead Season. (Sumber: Steam)
News07 Juli 2024, 13:45 WIB

Akhirnya Terungkap! DLC Trevor GTA 5 Batal Rilis karena Hal Ini

Rockstar Games seperti yang kita tahu, sebenarnya ingin menghadirkan DLC Trevor GTA 5 yang dinilai akan sangat mengagumkan.
GTA 5. (Sumber: Rockstar Games)
News07 Juli 2024, 13:19 WIB

Kalah Terus! Reza Arap Banting Stick saat Main Elden Ring

Kehebatan Reza Arap dalam bermain game, enggak usah diragukan lagi guys.
Reza Arap main game. (Sumber: Instagram.com/@ybrap)
Community07 Juli 2024, 13:01 WIB

Summoners Festival Jakarta Dimeriahkan Kehadiran 4 Guest Cosplayer

Keempat orang guest cosplayer yaitu Miyuki sebagai Ellia, Mellorine sebagai Lapis, Monta sebagai Shizuka, dan Chelyn Chan sebagai Rica.
Cosplayer Summoners War di Summoners Festival dalam rangka perayaan ulang tahun.
News07 Juli 2024, 11:20 WIB

Penggemar Resident Evil 9 Disarankan Awasi Perkembangan Game Zombie Dead Season

Masih menjadi atensi publik tentang bagaimana Resident Evil 9 dibuat begitu detail dan lama, sehingga diharapkan bisa menjadi game horor yang memuaskan.
Dead Season. (Sumber: Steam)
Reviews07 Juli 2024, 11:03 WIB

Diunduh 250.00 Kali, Demo Playable Game Horor Psikologis Luto Banjir Pujian

Game ini merupakan hasil kolaborasi penerbit video game global SelectaPlay dan pengembang Broken Bird Games.
Game horor Luto mendapat pujian luas dalam demo yang dilakukannya
News07 Juli 2024, 10:36 WIB

Dragon Age: The Veilguard akan Dilengkapi dengan Fitur Transmog, Apa Itu?

BioWare sudah mulai mengumumkan berbagai detail Dragon Age: The Veilguard sebagai salah satu game andalan di tahun ini.
Dragon Age: Dreadwolf. (Sumber: BioWare)
Community07 Juli 2024, 10:04 WIB

Asyik, Penggemar Point Blank Dapat Coaching Clinic dari Pro Player dan Caster

Coaching Clinic tersebut dibawakan oleh caster kondang yaitu Vamos, Rymot, Rere Bredel, dan juga pro player Iqbal “mndhunter” Equanimity dan Maria Leona.
Event Community Gathering Point Blank dalam rangka ultah ke-15.
E-Sport07 Juli 2024, 09:49 WIB

Respon Pedas Udil Surbakti Usai Jadi Satu-satunya Wakil Indonesia di MSC 2024

MSC 2024 yang digelar di Arab Saudi menjadi ajang pembuktian yang luar biasa bagi Udil Surbakti. Setelah pindah ke tim HomeBois, Malaysia
Udil Surbakti. (Instagram.com/@udilsurbakti)
E-Sport07 Juli 2024, 09:16 WIB

Fnatic ONIC dan EVOS Glory Pulang tapi Masih Ada Nama Indonesia di MSC 2024

Fnatic ONIC sejatinya menjadi harapan besar bagi penggemar Mobile Legends: Bang Bang di Indonesia dalam ajang MSC 2024.
Fnatic Onic, benarkah meremehkan lawan di MSC 2024?
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.