Per 1 Januari 2024 Valve Hentikan Steam Di Ketiga Windows Ini

Steam (FOTO: Steam)

Indogamers.com - Valve sebagai pemilik platform distribusi gaming Steam, telah memberikan peringatan kepada pengguna Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1 yang masih aktif, untuk segera mempersiapkan pembaruan sistem operasi pada perangkat mereka.

Sebab, mulai per tanggal 1 Januari 2024, Valve akan menghentikan dukungan untuk Steam di ketiga versi Windows tersebut.

Hal ini diumumkan melalui situs resmi mereka pada Jumat (29/12/2023), yang berarti pengguna Steam di platform Windows lama akan kehilangan akses ke Steam Client setelah tanggal tersebut.

Baca Juga: PUBG Mobile Jadi Esports Battle Royale Paling Banyak Ditonton di Tahun 2023

Pengguna diharuskan memperbarui sistem operasi mereka ke versi terbaru untuk dapat terus menggunakan Steam, serta memainkan game atau produk yang telah dibeli melalui platform tersebut.

Valve menekankan pentingnya perbaruan sistem operasi, terutama bagi pengguna Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1, agar segera memperbarui ke versi Windows yang lebih baru untuk kelancaran penggunaan Steam dan konten lainnya.

Perusahaan mengingatkan bahwa penggunaan Steam di sistem operasi lama akan tetap berjalan sementara waktu setelah 1 Januari 2024 tanpa pembaruan, namun fungsionalitasnya tidak dijamin berlanjut setelah batas waktu tersebut.

Baca Juga: Ikuti Jejak Divisi Free Fire, Aura Esports Bubarkan Tim PUBG Mobile

Perubahan ini disebabkan oleh fitur inti di Steam yang bergantung pada versi Google Chrome yang tidak lagi kompatibel dengan sistem operasi Windows lama. Selain itu, versi Steam mendatang akan membutuhkan fitur dan pembaruan keamanan yang hanya tersedia di Windows 10 dan versi lebih baru.

Valve sangat mendorong pengguna Windows 7/8/8.1 untuk segera melakukan pembaruan. Meski Windows 7 telah kehilangan dukungan pembaruan keamanan sejak Januari 2020, begitu pula dengan Windows 8.1 pada Januari tahun lalu, pengguna Steam yang masih menggunakan sistem operasi lama tersebut diminta untuk segera melakukan update guna menjaga keamanan perangkat mereka.

Data survei Steam dari Maret 2023 menunjukkan bahwa pengguna Windows 7 masih ada, meskipun jumlahnya sedikit. Dari total pengguna Windows di Steam, hanya sekitar 0,05 persen yang menggunakan Windows 7, sementara 1,06 persen menggunakan versi 64 bit. Pengguna Windows 8.1 64 bit juga tergolong sedikit, hanya sekitar 0,20 persen dari total pengguna Steam.

Sementara itu, Windows 10 64 bit menjadi sistem operasi Windows yang paling banyak digunakan di Steam, mencapai 73,95 persen pengguna.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI