ByteDance Mau Jual Moonton dan Nuverse ke Tencent

ByteDance (FOTO: Bloomberg)

Indogamers.com - Pemilik TikTok, ByteDance mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka sedang dalam pembicaraan dengan beberapa calon pembeli dari aset game-nya seperti Moonton dan Nuverse, termasuk perusahaan game terbesar di dunia asal China yakni Tencent.

Vaporlax Indogamers Mobile Legends Championship Season 1 2024. Pendaftaran, hubungi Mimin di WA: +62896-3333-3329 (LINK PENDAFTARAN KLIK DI SINI)

ByteDance dan Tencent sedang membahas kesepakatan yang melibatkan beberapa game video populer yang diterbitkan oleh unit game Nuverse milik ByteDance, termasuk "Crystal of Atland" dan "Earth: Revival", demikian dilaporkan oleh media lokal LatePost pada hari Senin.

"Pembicaraan masih berlangsung namun belum ada kesepakatan yang dicapai," kata Juru Bicara ByteDance kepada Reuters pada Selasa (9/1/2024)

Baca Juga: Membedah Performa Prosesor dan Kartu Grafis Laptop Acer Swift X 14 yang Diklaim Tiada Banding

Tencent tidak langsung menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Hubungan ByteDance dengan Tencent dalam dunia game telah membaik setelah periode persaingan yang sengit. Tencent telah menggunakan jaringan periklanan ByteDance secara intensif untuk mempromosikan game terbarunya, "DreamStar", seperti yang dilaporkan oleh Reuters pada bulan Desember.

Sebelumnya dikethaui, ByteDance sedang mempertimbangkan untuk menjual unit game untuk fokus pada bisnis intinya media sosial.

Pertemuan telah dilakukan dengan sejumlah pembeli potensial, termasuk setidaknya satu perusahaan yang berbasis di Arab Saudi, meskipun diskusi masih dalam tahap awal, dan belum adanya kesepakatan yang dihasilkan.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Email Penipuan dengan Kode QR yang Bisa Mencuri Tabunganmu

Kinerja Moonton pasca akuisisi belum memenuhi ekspektasi, dengan tidak adanya rilis penting sejak kesuksesan Mobile Legends.

Kinerja yang mengecewakan ini disebut-sebut sebagai alasan utama di balik keputusan ByteDance untuk menjajaki penjualan.

Masuknya ByteDance ke dalam industri game telah menghadapi berbagai tantangan, termasuk pembubaran unit pengembangan game 101 Studio pada tahun lalu dan restrukturisasi unit virtual reality (VR) baru-baru ini, Pico.

Perusahaan ini ingin mengalihkan fokusnya ke hardware, yang menyebabkan pemutusan hubungan kerja di divisi software dan divisi yang berhubungan dengan game.

Waktu akuisisi ByteDance terhadap Moonton bertepatan dengan tindakan keras pemerintah Tiongkok terhadap sektor video game, yang menyebabkan kontraksi di industri ini untuk pertama kalinya tahun lalu.

Moonton, yang memiliki lebih dari 1.600 karyawan di seluruh dunia dan beroperasi di luar daratan Tiongkok di negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Hong Kong, belum pernah merilis game blockbuster sejak bergabung dengan ByteDance.

Vaporlax Indogamers Mobile Legends Championship Season 1 2024. Pendaftaran, hubungi Mimin di WA: +62896-3333-3329 (LINK PENDAFTARAN KLIK DI SINI)
Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI