Nggak Cuma Hiburan Semata, Ketahui 4 Manfaat Game VR untuk Anak-anak

Ilustrasi anak-anak main game VR. (Sumber: Bravoz)

Indogamers.com - Game VR adalah game berbasis teknologi virtual reality (VR) di mana anak-anak bisa berinteraksi dengan lingkungan dan objek virtual.

Untuk mengaksesnya, anak-anak mesti pakai headset VR.

Saat mengenakan perangkat tersebut, anak-anak tidak lagi melihat dunia nyata, melainkan masuk ke tubuh karakter (avatar) di dunia virtual.

Manfaat Game VR untuk Anak-Anak

Ilustrasi pengguna VR. (Sumber: BBC)

Game VR punya ragam manfaat untuk anak-anak, baik dari segi fisik, mental, maupun pendidikan. Berikut beberapa manfaat game VR buat anak-anak.

1. Koordinasi Tangan dan Tubuh

Di dunia game VR, ada banyak hal yang bisa dilakukan anak-anak via tangan dan tubuh mereka. Hal ini bakal meningkatkan koordinasi tangan dan tubuh, sangat penting untuk keseimbangan, motorik, dan keterampilan fisik lainnya.

2. Latihan Fisik

Game VR adalah pilihan menarik untuk mengubah latihan fisik menjadi aktivitas menyenangkan. Banyak game VR yang mendorong gerakan aktif, seperti: berlari, melompat, menari, dan lain-lain. Hal ini bisa membantu anak-anak membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan stamina.

3. Pendidikan

Game VR bisa menjadi alat pembelajaran efektif, karena memberi pengalaman yang lebih nyata, imersif, dan menarik. Anak-anak bisa belajar aneka topik, seperti sejarah, geografi, sains, bahasa, dan lain-lain. Adapun game VR juga berpotensi meningkatkan kreativitas, keterampilan berpikir kritis, dan kerjasama.

4. Terapi

Game VR bisa menjadi terapi untuk anak-anak dengan gangguan mental, seperti ADHD, autisme, fobia, atau depresi. Sebab, game-game VR mampu mendeteksi, melatih, dan mengurangi gejala-gejala gangguan tersebut dengan cara menyenangkan dan aman.

Baca Juga: 5 Game Metaverse Terbaik yang Mengajak Jelajahi Dunia Virtual Penuh Keajaiban

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Sekolah Metaverse Pertama di Jepang, Ada VR Gratis, Avatar 3D dan Turnamen Esport

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Bermain VR Game?

Ilustrasi anak main game VR. (Sumber: Barberena)

Kendati game VR punya banyak manfaat untuk anak-anak, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Batasi Waktu Bermain: Game VR bisa bikin anak-anak jadi lupa waktu, sebab mereka merasa seperti berada di dunia lain. Hal ini justru bisa berdampak negatif pada kesehatan mata, kepala, dan tubuh. Oleh karena itu, batasi waktu bermain anak-anak, misalnya tidak lebih dari 30 menit per sesi.

  2. Pilih Konten yang Sesuai: Game VR bisa bikin anak-anak merasakan hal-hal yang tidak nyata. Hal ini berbahaya jika konten game tidak sesuai dengan usia atau kondisi mereka. Oleh karena itu, pilih konten sesuai usia dan minat.

  3. Awasi Anak-anak: Game VR memang bisa jadi pengalaman menyenangkan dan bermanfaat untuk anak-anak, tetapi pengawasan orang tua atau orang dewasa tetap penting.

INDOGAMERS MOBILE LEGENDS CHAMPIONSHIP x VAPORLAX
Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI