logo

Komunitas Esports Kampus Masih Dipandang Sebelah Mata?

BMKidal
Senin 05 Februari 2024, 01:30 WIB
UniPin Community kembali menyelenggarakan webinar untuk mengedukasi kalangan mahasiswa untuk dapat memahami lebih dalam mengenai seluk beluk komunitas esports (FOTO: UniPin)

UniPin Community kembali menyelenggarakan webinar untuk mengedukasi kalangan mahasiswa untuk dapat memahami lebih dalam mengenai seluk beluk komunitas esports (FOTO: UniPin)

Turnamen Mobile Legends Vaporlax – Indogamers (IMC) Season I 2024

INDOGAMERS.COM - UniPin Community kembali sukses menyelenggarakan webinar untuk mengedukasi kalangan mahasiswa untuk dapat memahami lebih dalam mengenai seluk beluk komunitas esports. Kali ini, topik yang diusung adalah “Building Communities and Crafting Strategies for Sustaining Member Existence”. Webinar yang diselenggarakan secara daring melalui ZOOM ini menghadirkan pembicara yang andal di bidangnya untuk membahas topik terkait.

Hadir sebagai narasumber yaitu Iqbal Nurpasha selaku Wakil Ketua Eksternal UKM UI Esports, Nurul Wardah Assaumi selaku GM IPB Esports, dan Ikin Sugiharto selaku VP Gunadarma Esports. Ketiganya berbagi pandangan mengenai komunitas esports dan gaming sesuai dengan ranah lingkup komunitas mereka.

Masalah yang dihadapi oleh komunitas esports kampus tidak pernah jauh dari stigma negatif soal gaming. Iqbal dari UI memaparkan soal tantangan ini dan cara-cara menghadapinya dari perspektif komunitas.

“Stigma dari lingkungan adalah bahwa esports itu masih cuma main-main. Tentunya itu jadi challenge terbesar ketika komunitas atau UKM kita lagi berjalan, terutama di lingkungan kampus yang identik dengan atmosfer akademis. Menanggapinya, kita harus menunjukkan bagaimana kita bisa mewadahi para mahasiswa,” ujar Iqbal.

Baca Juga: Profil dan Biodata Ryzen Bigetron Red Villains

Selain tantangan dari luar, ada pula tantangan dari dalam yang harus dihadapi komunitas, salah satunya adalah konflik internal. Sebagai mahasiswa dengan usia muda, tentu ada banyak perbedaan pendapat dan ego yang sulit untuk diredam. Ikin dari Gunadarma menjelaskan bagaimana menghadapi hal ini dan menemukan jalan tengah dari permasalahan ini.

“Menghadapi konflik internal, yang pertama tentunya adalah komunikasi. Selain dari kita hanya sekedar mendengarkan dari masing-masing anggota, kita juga bisa mengadakan dialog terbuka agar masing-masing saling mengetahui perspektif mereka,” ujar Ikin.

Bagi komunitas esports kampus, dukungan dari kampus adalah hal yang utama. Pengakuan secara resmi dan fasilitas yang diberikan jadi pendukung berkembangnya komunitas ini. Hal-hal ini adalah sesuatu yang diperjuangkan oleh anggota demi keberlangsungan komunitasnya. Nurul dari IPB memaparkan beberapa hal yang telah mereka lakukan demi mendapatkan dukungan dari kampus.

“Kita harus berani mengkomunikasikannya terus ke pihak kampus. Meskipun kadang belum mendapat respons, kita harus sering-sering follow-up ke pihak kampus. Namun, sebelum maju ke pihak kampus, kita harus menyusun program dengan jelas, kegiatannya apa aja, dan rencananya akan seperti apa, dan hasil dari program sebelumnya seperti apa untuk meyakinkan kampus bahwa komunitas ini membawa hal yang positif,” ujar Nurul.

Baca Juga: Cek Spesifikasi Kontroler Nintendo Switch Bertema Hot Dog, Sekeren Penampilannya Nggak?

Arman selaku Senior Community Project UniPin sekaligus moderator dalam webinar ini menutup dengan rangkuman mengenai membentuk dan membangun komunitas esports, khususnya di lingkungan universitas.

“Membuat suatu komunitas itu sebenarnya ada tiga pilar: tujuan, kepengurusan, dan kegiatan yang bermanfaat demi tercapainya tujuan tersebut. Tiga hal ini harus bersinergi demi keberlangsungan komunitas dan menjaga loyalitas para anggotanya,” tutup Arman.

Indogamers akhirnya resmi menghelat Turnamen Mobile Legends Terakbar, Vaporlax Indogamers Mobile Legends Championship (IMC) Season I 2024 “Taste The Difference”
Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Berita Terkait
PC

Spek PC Minimun dan Rekomendasi Persona 3 Reload

Minggu 04 Februari 2024, 21:26 WIB
undefined
Gadget

6 Kelebihan Oppo A79 5G, Daya Tahan dan Kecepatan Isi Baterainya Menonjol

Minggu 04 Februari 2024, 19:31 WIB
undefined
Console

Cek Spesifikasi Kontroler Nintendo Switch Bertema Hot Dog, Sekeren Penampilannya Nggak?

Minggu 04 Februari 2024, 20:35 WIB
undefined
News

Segini Harga Persona 3 Reload di Indonesia

Minggu 04 Februari 2024, 21:43 WIB
undefined
Infografis

Profil dan Biodata Ryzen Bigetron Red Villains

Minggu 04 Februari 2024, 22:40 WIB
undefined
News Update
Gadget21 Februari 2024, 01:08 WIB

Besok, Xiaomi 14 Ultra Resmi Dirilis

Xiaomi telah memastikan bahwa pada tanggal 22 Februari 2024, pukul 19.00 waktu setempat, ponsel Xiaomi 14 Ultra akan meluncur secara global
Xiaomi telah memastikan bahwa pada tanggal 22 Februari 2024, pukul 19.00 waktu setempat, ponsel Xiaomi 14 Ultra akan meluncur secara global (FOTO: Forbes)
Gadget21 Februari 2024, 00:43 WIB

Daftar Lengkap Harga HP Vivo Terbaru 2024, dari Termurah Hingga Paling Mahal

Indogamers.com kini memberi daftar harga HP Vivo paling update untuk bisa kamu pilih
Indogamers.com kini memberi daftar harga HP Vivo paling update untuk bisa kamu pilih (FOTO: Vivo)
Gadget21 Februari 2024, 00:20 WIB

Cara Instal 2 WhatsApp di Samsung Galaxy A15, Ternyata Gampang

Jika kamu selama ini bingung bagaimana caranya memasang dua aplikasi WhatsApp sekaligus dalam satu ponsel, maka Samsung Galaxy A15 punya cara paling simpel
Cara Instal 2 WhatsApp di Samsung Galaxy A15, Ternyata Gampang (FOTO: Samsung)
Gadget20 Februari 2024, 23:10 WIB

Samsung Galaxy A15 Punya Hidden Features yang Pasti Kamu Belum Tahu

Berikut Ini hidden features yang bisa kamu temukan di Galaxy A15 untuk memaksimalkan hari-harimu
Berikut Ini hidden features yang bisa kamu temukan di Galaxy A15 untuk memaksimalkan hari-harimu (FOTO: Samsung.com)
Console20 Februari 2024, 20:15 WIB

Sony Dikabarkan Rugi hingga Rp156 T Imbas Penjualan PS5 Gagal Capai Target

Perusahaan raksasa asal Jepang, Sony dikabarkan mengalami kerugian besar ketika Nintendo diklaim jadi yang terkaya di negara tersebut.
Sony Interactive Entertainment. (Sumber: PlayStation)
PC20 Februari 2024, 19:56 WIB

5 Kelebihan Asus ExpertBook B9 OLED, Ada Banyak Fitur Keamanan

Sebagai laptop dengan banderol harga mulai dari Rp36 jutaan, Asus ExpertBook B9 OLED ini tentu saja memiliki berbagai kelebihan yang sangat membantu para penggunaanya.
Asus ExpertBook B9 OLED yang hadir dengan berbagai kelebihan (FOTO: Asus)
Console20 Februari 2024, 19:47 WIB

Server Helldivers 2 Ngos-ngosan Akibat Jumlah Pemain Meledak

Dirilis pada 8 Februari 2024, game Helldivers 2 yang tersedia di platform PlayStation 5 dan PC telah sukses besar dan berhasil meraih banyak pemain di seluruh dunia.
game Helldivers 2. (Sumber: Steam)
News20 Februari 2024, 19:31 WIB

Fakta-fakta Mengejutkan Trojan Pertama yang Berhasil Serang Perangkat iOS, Bikinan Hacker China

Goldenpickaxe menjadi trojan pertama yang berhasil menyerang perangkat iOS. Apa saja yang perlu kamu tahu seputar malware ini? Simak fakta-faktanya.
Trojan Goldenpickaxe. (Sumber: IP)
PC20 Februari 2024, 17:16 WIB

Luar Biasanya Performa Prosesor, Kualitas Kartu Grafis dan Sistem Pendingin Asus ExpertBook B9 OLED

Asus ExpertBook B9 OLED hadir dengan prosesor Intel Core i7 Gen-13 dan sistem pendingin cerdas untuk kelancaran produktivitas.
Ilustrasi penggunaan Asus ExtremeBook B9 OLED (FOTO: Asus)
News20 Februari 2024, 16:45 WIB

Viral Pria Ini Pakai Apple Vision Pro Sambil Makan Soto di Pinggir Jalan

Bagaimana jadinya kalau Apple Vision Pro dipakai oleh orang Indonesia dalam kehidupan sehari-hari?
Apple Vision Pro. (Sumber: Instagram.com/@yohanesauriflux)
IndoGamers

Indogamers merupakan sebuah situs yang didedikasikan kepada seluruh pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2023 IndoGamers. All rights reserved.