logo

Game Online Berpotensi Rugikan Keuangan Indonesia?

Stefanus Wahyu
Selasa 07 Januari 2020, 12:19 WIB

Benarkah aliran uang keluar akibat game online dapat berdampak signifikan?

IDGS, Jumat, 29 Maret 2019 - Melansir cnbcindonesia.com, menurut Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara, aliran dana ke luar negeri lewat transaksi game online secara tidak langsung dapat membebani Neraca Pembayaran Indonesia (NPI).

Untuk informasi, NPI merupakan cerminan dari aliran uang yang masuk dan keluar dari Indonesia. Jika kita rakyat Indonesia melakukan impor atau membeli barang dari luar negeri, tentu saja uang yang dibayarkan akan keluar dari Indonesia, dan begitu pula sebaliknya. Nah NPI itu adalah rekaman dari seluruh transaksi yang melibatkan hampir seluruh penduduk Indonesia.

Bila catatan NPI nilainya negatif, itu berarti lebih banyak uang keluar dari pada uang masuk atau besar pasak dari pada tiang.

"Kalau kita main game itu kelihatan enggak di NPI? Sekarang sih enggak, tapi yang pasti uang Indonesia keluar," ungkap Mirza. "Mungkin hanya setengah dolar, tapi kalau yang main dua juta orang, ya itu uang keluar untuk games itu."

 

Kasus yang sama terjadi pada game online. Dalam berbagai jenis game sekarang ini, terutama yang ada di platform mobile, hampir selalu ditemukan model transaksi, seperti in-app purchase atau pay-to-play.

Contoh paling populer akhir-akhir ini adalah di dalam game PlayerUnknown's Battleground (PUBG) Mobile di mana para gamer membayarkan sejumlah uang untuk mendapatkan barang atau item yang sifatnya hanya kosmetik alias hanya mengubah penampilan tanpa memengaruhi permainan.

Uang yang digunakan para gamer Indonesia untuk membeli item-item kosmetik itu lari ke publisher game terkait, yang sayangnya mayoritas belum punya kantor resmi yang berbasis di Indonesia.

Contoh lain juga adalah Mobile Legends: Bang Bang di mana Moonton sebagai pengembang game tersebut baru mendirikan cabang resmi di Indonesia pada September 2018 lalu. Artinya sejak pertama kali masuk Indonesia pada 2016 silam, seluruh uang yang dikeluarkan pemain dari Indonesia lari ke luar negeri, atau dalam kasus Mobile Legends ini adalah China.

Hampir semua uang dari industri game lari ke luar negeri

Sebuah lemaga riset Newzoo mencatatkan total pendapatan industri game di Indonesia pada tahun 2017 mencapai US$ 880 juta atau setara Rp 11 trilyun. Dengan jumalh tersebut, Indonesia tercatat sebagai pasar industri game terbesar ke-16 di dunia.

Namun mirisnya adalah, menurut penelitian oleh pengembang game lokal Indonesia bernama Agate, pangsa pasar game Indonesia hanya sebesar 0,4%!!! Artinya, pengembang game lokal hanya kebagian jatah US$ 3,52 juta, sedangkan US$ 876,4 juta lari ke luar negeri!

 

Game Online Berpotensi Rugikan Keuangan Indonesia?

(Source: Black Shark.com)

Melihat data NPI tahun 2018, uang senilai US$ 876,4 juta memang masih terbilang kecil, 0,4% dari total nilai impor barang tahun 2018. Namun kecilnya perputaran uang masuk ke Indonesia dari sektor game merupakan tanda bahaya bagi negara kita.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Newzoo, jumlah pemain game di Indonesia tahun 2017 ditaksir mencapai 43,7 juta. Melihat pesatnya perkembangan game dan eSports di Indonesia dalam dua tahun terakhir, sudah pasti jumlah tersebut telah dan akan terus meningkat dengan pesat.

Newzoo memperkirakan bahwa pada tahun 2021, pertumbuhan pasar game global akan tumbuh mencapai US$ 180,1 milyar. Ini artinya sejak 2018, pasar game global akan tumbuh sebesar 47% hingga 2021. Mengacu pada tren global, maka pada 2021 berpotensi ikut tumbuh menjadi US$ 1,2 milyar.

Maka dari itu lah, pemerintah seharusnya lebih memerhatikan perkembangan industri game yang tengah pesat-pesatnya berkembang. Bila pengembang game lokal mau pun pelaku industri game lokal tidak diberi ruang serta dukungan yang memadai untuk mengejar ketinggalan, maka bisa dipastikan potensi aliran dana ke luar Indonesia akan semakin besar hingga bisa saja mengancam ekonomi nasional.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: cnbcindonesia.com

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
Console12 Mei 2024, 16:03 WIB

Besok Banget! Fallout 4 akan Rilis Pembaruan Grafis Biar Makin Menarik

Setelah mengalami peningkatan pemain secara signifikan, Fallout 4 dari Bethesda Game Studios akan memberikan kejutan bagi penggemar.
Fallout 4. (Sumber: fallout.bethesda.net)
Console12 Mei 2024, 15:01 WIB

Penggemar GTA 6 Temukan Rahasia Besar di Balik Logo yang Penuh Misteri

Enam bulan sejak trailer perdana Grand Theft Auto VI (GTA 6) dirilis, penggemar masih dibikin penasaran dengan apa yang sedang dikerjakan Rockstar Games.
GTA 6. (Sumber: Rockstar Games)
Console12 Mei 2024, 13:01 WIB

Aktor Ini Mengaku Enggak akan Terlibat di Grand Theft Auto 6, Siapa Dia?

Hype game terbaru Rockstar Games yakni Grand Theft Auto 6 (GTA VI) masih terus terasa hingga saat ini.
Banshee GTA 6. (Sumber: Gamerant)
Console12 Mei 2024, 10:11 WIB

Tembus 7 Juta Pemain, Dead Island 2 Siapkan Kejutan Baru, Apakah Itu?

Dead Island 2 baru berusia sekitar satu tahun semenjak dirilis pada 21 April 2023 lalu.
Dead Island 2. (Sumber: Dead Island)
Console12 Mei 2024, 09:33 WIB

Spesifikasi Nintendo Switch 2 Mulai Bocor, Kapasitas Penyimpanan Membagongkan

Konsol generasi terbaru Nintendo Switch 2 kabarnya akan sebentar lagi dirilis ke publik dengan sederet keistimewaan.
Nintendo Switch. (sumber: Hardware Plus)
Mobile12 Mei 2024, 08:56 WIB

Kode Redeem FF yang Masih Aktif Hari ini, Minggu, 12 Mei 2024, Buruan Klaim Sebelum Hangus!

Kode Redeem FF 2024 hari ini, Minggu, 12 Mei 2024 yang masih aktif ada yang menarik nih guys.
Free Fire. (Sumber: garena.com)
PC12 Mei 2024, 08:46 WIB

God of War Ragnarök Segera Meluncur ke PC dari PlayStation

Siapa yang sudah enggak sabar dengan datangnya God of War Ragnarök ke perangkat PC?
God of War Ragnarök. (Sumber: Sony)
Guides12 Mei 2024, 07:05 WIB

Gameplay Hi-Fi Rush dan Panduan Mainnya untuk Pemula

Berikut panduan gameplay dan tips untuk membantu pemula.
Game Hi-Fi Rush. (Sumber: Steam)
Guides12 Mei 2024, 06:00 WIB

Link Download, Harga dan Spesifikasi Minimal PC untuk Main Hi-Fi Rush

Worth it gak nih?
Game Hi-Fi Rush. (Sumber: Steam)
Mobile11 Mei 2024, 23:49 WIB

Office Cat Idle Tycoon Game Ajak Kamu Membangun Kerajaan Bisnis dengan Karyawan Imut dan Menggemaskan!

Mengusung grafis 2D yang lucu, Office Cat: Idle Tycoon Game memungkinkan kamu membangun kantor impian kamu sambil memperluas kerajaan bisnis yang tumbuh.
Office Cat Idle Tycoon Game (FOTO: Youtube Games Shorts)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.