3 Modus Penipuan di WhatsApp yang Paling Sering Terjadi, Pernah Kena?

Ilustrasi WhatsApp. (FOTO: gizchina.com)

Indogamers.com - Semakin canggihnya dunia teknologi, semakin canggih pula kejahatan digital yang dilakukan.

Seperti banyaknya penipuan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bahkan kejahatan seperti penipuan ini seringkali terjadi di aplikasi chatting seperti WhatsApp.

Baca Juga: 3 Aplikasi Pelacak Nomor HP Terbaik untuk Cegah Penipuan, Terbukti Ampuh Lho!

Hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya para pengguna WhatsApp yang mengeluhkan menerima pesan scam dari nomor yang tidak dikenal atau nomor asing dengan tujuan penipuan. Penipuan yang terjadi melalui WhatsApp ini juga dapat terjadi dengan berbagai modus.

Salah satu modus penipuan di WhatsApp ini seperti menawarkan pekerjaan full time/ part time/ freelance dengan mengirim sejumlah link dan aplikasi tertentu.

Bagi pengguna WhatsApp yang belum paham atau belum tahu soal penipuan ini biasanya akan mengklik link atau menuruti perintah oknum.

Karena itu, para pengguna WhatsApp wajib waspada saat menerima pesan scam di WhatsApp dan perlu mengenali apa saja modus penipuan di WhatsApp yang marak terjadi dan memakan korban.

Nah, berikut ini beberapa modus penipuan di WhatsApp yang marak terjadi yang bisa kamu simak di bawah ini.

Penipuan menawarkan pekerjaan

Tak sedikit para pengguna WhatsApp mengaku pernah menerima pesan singkat berupa penawaran pekerjaan full time maupun part time.

Penipuan dengan modus ini biasanya menawarkan peluang pekerjaan yang menjanjikan. Nantinya modus penipuan ini akan meminta bayaran untuk pendaftaran dan pelatihan palsu.

Pembajakan WhatsApp

Penipuan melalui WhatsApp selanjutnya yaitu pembajakan WhatsApp yang menggunakan nomor telepon pengguna.

Umumnya, penipu akan mengambil alih akun kemudian menggunakan nomor korban untuk meminta kode verifikasi ke akun korban dan mencuri identitas.

Baca Juga: Jangan Asal Isi, Kenali Ciri-ciri Penipuan Modus Survei Online yang Banyak Makan Korban

Link dan aplikasi berbahaya

Selain dari dua modus di atas, penipuan di WhatsApp juga terdapat modus lain yang tidak kalah bahayanya. Modus penipuan tersebut adalah link dan aplikasi berbahaya.

Link tersebut biasanya mengatasnamakan undangan pernikahan, surat penting lain, dan lainnya.

Saat tautan dibuka, pengguna akan terjebak pada penipuan. Sedangkan untuk aplikasi berbahaya biasanya pada scam hingga berisiko menguras rekening korban.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Nobar di WhatsApp dengan Mudah Selasa 02 Juli 2024, 11:59 WIB