Mengenal Apa Itu Bluesky? Media Sosial yang Dilirik Jadi Alternatif Twitter (X)

Ilustrasi media sosial baru, Bluesky yang dirilik sebagai alternatif Twitter atau X (FOTO: Medium)

Indogamers.com - Belum lama ini, dunia internet digemparkan dengan kemunculan media sosial baru yang bernama Bluesky. Media sosial baru ini merupakan media sosial yang dikembangkan oleh mantan CEO Twitter, Jack Dorsey.

Aplikasi media sosial yang bernama Bluesky ini pertama kali diuji coba pada tahun 2023 ke para pengguna yang terpilih dan namanya makin naik daun saat warganet mencari alternatif media sosial lainnya khususnya Twitter atau X.

Baca Juga: Ingin Simpan Video Lucu yang Viral? Ketahui 3 Cara Mudah Download Video Twitter Tanpa Aplikasi

Sebab, Twitter yang kini bernama X ini memiliki banyak sekali perubahan setelah pemiliknya berganti menjadi Elon Musk. Salah satu perubahan yang terjadi pada Twitter atau X ini adalah perizinan bagi penggunanya untuk mengunggah konten-konten pornografi, sehingga Twitter atau X ini memiliki kemungkinan akan diblokir di Indonesia.

Karena adanya kemungkinan X akan diblokir di Indonesia, banyak para pengguna X yang mencari alternatif dan beralih ke Bluesky.

Apa itu Bluesky

Dikutip dari laman TechCrunch, Bluesky adalah aplikasi sosial terdesentralisasi yang dikonsep oleh mantan CEO Twitter Jack Dorsey dan dikembangkan secara paralel dengan Twitter atau X.

Platform sosial ini memiliki antarmuka pengguna yang mirip Twitter atau X dengan pilihan algoritmik, desain gabungan, dan moderasi khusus komunitas

Bluesky menggunakan kerangka kerja sumber terbuka yang dibuat sendiri, Protokol AT , yang berarti orang-orang di luar perusahaan memiliki transparansi mengenai cara pembuatannya dan apa yang sedang dikembangkan.

Dengan menggunakan teknologi blockchain, Bluesky berusaha menghadirkan sebuah sistem yang lebih transparan dan demokratis. Ini artinya, pengguna memiliki kendali penuh atas data dan pengalaman mereka di platform tersebut.

Baca Juga: Waduh! Twitter Blokir Akun CEO Twitter!

Bluesky ini menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk menarik pengguna yang ingin beralih dari platform media sosial konvensional.

Salah satu fitur unggulannya adalah desentralisasi. Ini memungkinkan pengguna untuk memiliki dan mengelola data mereka sendiri tanpa campur tangan pihak ketiga.

Tak hanya itu saja, Bluesky juga menekankan kebebasan berpendapat dan keterbukaan, dengan algoritma yang dapat diakses dan dimodifikasi oleh komunitas.

Para pengguna Bluesky juga dapat mengharapkan tingkat keamanan dan privasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan platform media sosial lainnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI