Terungkap! Ini Alasan Mengapa Game AAA Diumumkan Lebih Awal Meski Pembuatan Masih Lama

Dragon Age: The Veil Guard. (Sumber: Xbox)

Indogamers.com - Beberapa game yang masuk dalam kategori AAA biasanya akan mengumumkan proyek mereka lebih awal. Bahkan ada yang beberapa tahun sebelumnya, telah mengumumkannya kepada publik? Mengapa ya guys ya?

Nah, daripada penasaran, di bawah ini Indogamers.com akan membagikan beberapa alasan mengapa game-game dengan level AAA sering diumumkan lebih dulu meski proses penggarapannya masih sangat lama.

So, langsung saja simak penjelasan salah satu pengembang di bawah ini ya. Keep scrolling!

Baca Juga: Hari Ini Flash Sale Realme GT 6 Kembali Digelar, AI Flagship Killer Pas Buat Ngegame Ini Didiskon Rp500.000

Dialah Mark Darrah yang dikenal sebagai pencipta serial Dragon Age dan sekarang lagi bekerja sebagai konsultan di Dragon Age: The Veilguard.

Melalui channel YouTube miliknya, sebuah video berdurasi sekitar 25 menit menjelaskan alasan mengapa banyak pengembang game AAA mengumumkan rencana besarnya jauh lebih awal.

“Mungkin karena daftar penerbitnya sedikit lemah, dan mereka ingin masyarakat mengingat bahwa mereka masih memiliki permainan-permainan penting di kantong mereka. Mungkin karena studio ingin game tersebut diumumkan karena mereka khawatir penerbit akan menghentikannya,” kata Darrah dikutip Indogamers.com pada Kamis, 27 Juni 2024.

Baca Juga: Panduan Lengkap Menjadi Jungler di Honor of Kings, Bagus Untuk Pemula!

Secara garis besar, itu adalah sebuah strategi untuk membangun perhatian dan sensasi terhadap game selain takut dilepas sama penerbit.

“Studio bisa saja menyesatkan dalam hal ini, karena mereka akan mengatakan hal-hal seperti 'kami telah mulai mengerjakan Elder Scrolls 6', atau mereka bahkan mungkin membuat trailer untuk game tersebut meskipun jumlah tim saat ini di bawah 10 orang, " tambahnya.

Dengan cara ini, para pengembang dinilai ingin memberi kesan bahwa proyek yang sedang digarap adalah pengembangan paralel meski di dalam studio pada kenyataannya hanya beberapa orang yang mengadakan beberapa pertemuan dan tidak banyak yang dilakukan.

Baca Juga: 6 Kesalahan Umum yang Dilakukan oleh Jungler di Honor of Kings, Berikut juga Cara Menghindarinya!

Alasan lain mengapa pengembang game AAA mengumumkan proyeknya lebih lama adalah karena memang tidak ada pekerjaan yang dilakukan pada game tersebut selama beberapa tahun pertama.

Selanjutnya ada alasan lain seperti ukuran game, tim yang mengerjakannya, fokus pada fitur yang lebih rumit, dan banyak lagi. Dengan kata lain, pengembang game AAA memang ingin memaksimalkan potensinya semaksimal mungkin dengan waktu yang memang terbilang lama.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI