Nintendo Sebut Kalau Game Donkey Kong Punya 18 Nama Lain, Apa Itu?

Donkey Kong. (Sumber: Nintendo)

Indogamers.com - Diterbitkan tahun 80an, game Donkey Kong sukses diterbitkan oleh Nintendo hingga menjadi sukses besar. Namun banyak yang belum tahu kalau game ini sebenarnya punya lebih dari 10 judul alternatif.

Hal itu terungkap berdasarkan dokumen pengadilan tahun 1983 dari gugatan antara Universal dan Nintendo. Dokumen tersebut semula dipindai dan diposting online oleh sejarawan game Norman Caruso pada tahun 2020.

Akan tetapi, baru-baru ini muncul kembali oleh Super Mario Broth sehingga menarik perhatian publik. Disadur dari Euro Gamer pada Jumat, 28 Juni 2024, pada tahun 80-an, Universal dan Nintendo mengajukan gugatan ke pengadilan ketika pembuat Mario dituduh mendasarkan nama Donkey Kong pada King Kong.

Baca Juga: Hasil Pembagian Grup MSC 2024, Lengkap Main Event dan Wild Card

Pasalnya, King Kong secara hak intelektual sudah dimiliki oleh Universal sehingga ketika itu menuai pro dan kontra. Menurut dokumen pengadilan tersebut, total ada 18 nama usulan yang sempat menjadi kandidat, meliputi:

  1. Funny Kong,

  2. Kong the Kong,

  3. Jack Kong,

  4. Bill Kong,

  5. Steel Kong,

  6. Giant Kong,

  7. Big Kong,

  8. Kong Down,

  9. Mr Kong ,

  10. Custom Kong,

  11. Kong Chase,

  12. Kong Boy,

  13. Kong Man,

  14. Kong Fighter,

  15. Wild Kong,

  16. Rookie Kong,

  17. Kong Holiday

  18. Kong Dong

Baca Juga: 5 Game Anime yang Cocok untuk Pecinta One Piece

Setelah melalui gugatan pengadilan, hakim ketua mencatat bahwa Donkey Kong dan King Kong berbeda karena Donkey Kong "lucu dan non-seksual".

Donkey Kong menciptakan kesan lucu dengan melompat-lompat dan mondar-mandir menggoda Mario,” kata hakim ketika itu.

"Gorila Donkey Kong sangat berbeda dari King Kong, seekor gorila ganas yang mencari wanita cantik yang mengamuk, mengejar orang, menginjak-injak mereka, atau melemparkan mereka ke tanah, dan berkelahi dengan dinosaurus, ular raksasa, pesawat terbang. dan helikopter, semuanya berpuncak pada kematiannya yang tragis dan berdarah," tambah hakim.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Game Horor di PC yang Wajib Kamu Coba

Pada akhirnya, hakim memutuskan bahwa Kong milik Nintendo menang dan tidak ada unsur pelanggaran hak cipta.

Kini, Donkey Kong akan kembali hadir tahun depan untuk perangkat Nintendo Switch dalam rilis ulang klasik Wii Donkey Kong Country Returns, yang dijadwalkan diluncurkan pada 16 Januari 2025.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI