Tretan Muslim Lebih Pilih Simpan Data Pribadi ke Riot atau Rockstar Games Dibanding ke Kominfo

Tretan Muslim. (Sumber: Instagram.com/@tretanmuslim)

Indogamers.com - Pusat Data Nasional (PDN) tengah ramai dibicarakan publik gara-gara dilaporkan telah dibobol oleh pihak luar. Akibatnya, Kominfo didesak untuk bertanggung jawab karena menyangkut data-data penting jutaan rakyat Indonesia.

Bahkan, berbagai pihak langsung ikut berkomentar atas masalah tersebut untuk meminta Kominfo bertanggung jawab. Tak terkecuali Tretan Muslim yang ikut buka suara.

Pemilik situs Tretan Gaming tersebut mengungkapkan kekesalannya terhadap pemerintah yang dinilai abai dengan masalah keamanan data.

Baca Juga: Falcons Vega Susul Team Vitality, Tim MLBB Women Kedua yang Ikut Serta di MDL ID Season 10

"Kalo ada pilihan untuk upload data KTP, paspor dan data pribadi di simpen ke platform gaming seperti Steam, Riot atau Rockstar GTA, saya mending upload kesitu sih," kata Tretan dikutip Indogamers.com dari Instagram pada Senin, 1 Juli 2024.

Pernyataan stand-up comedian tersebut menanggapi pendapat Guru Gembul yang juga sanksi dengan bobolnya data nasional.

"Dengan segala hormat, kang Tretan. Dibanding pemerintah, anda kalah lucu. Bayangkan, negara dengan benteng cyber terlemah di dunia, dan sudah di didemonstrasikan berulang kali dan kebobolan berkali-kali. Masih aja pakai perlindungan minimum pake defender doang plus ga punya backup data," kata Guru gembul.

Baca Juga: Benarkah Game Splatoon 3 Bisa Bikin Frustrasi? Yuk Kulik Gameplay dan Daya Tariknya

Ia menambahkan bahwa Kominfo tidak pantas dipercaya lagi, terlebih karena ingin mengatur para konten kreator di berbagai platform.

"Dan orang macam gitu, masih pula mau ngatur YouTuber, Tiktoker dan konten pornografi dll dari dunia cyber.. lalu meminta rakyat percaya pada mereka," ungkapnya.

Akibat masalah tersebut, kolom komentar Tretan Muslim langsung dibanjiri pendapat-pendapat dari para netizen yang budiman.

Baca Juga: Kamu Pemain Pemula Dota 2? Tonton 5 Streamer ini Biar Makin Jago

Begitulah pendapat dari Tretan Muslim, Guru Gembul dan netizen lain soal keamanan data Nasional yang telah rapuh.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI