5 Fitur Baru YouTube Shorts yang Mirip TikTok, Apa Aja dan Seperti Apa Fungsinya?

YouTube Shorts (FOTO: Mashable)

Indogamers.com - Platform media hiburan raksasa, YouTube merilis beberapa fitur baru yang mirip dengan TikTok. Fitur baru dari YouTube ini hadir di platform video pendek miliknya, yaitu YouTube Shorts.

Salah satu fitur baru yang YouTube hadirkan untu YouTube Shorts adalah alat narasi video text-to-speech, yang memungkinkan para kreator untuk dengan mudah menambahkan sulih suara buatan ke dalam video mereka.

Fitur baru ini hanya menawarkan empat suara yang dapat dipilih, dibandingkan dengan pilihan TikTok yang sangat banyak, ini merupakan langkah yang signifikan untuk meningkatkan pengalaman Shorts.

Selain fitur tersebut, YouTube juga meluncurkan teks yang dibuat secara otomatis yang dapat ditambahkan dengan mulus ke video tanpa memerlukan aplikasi eksternal seperti CapCut.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Rahasia Popularitas Channel YouTube Kurzgesagt

Bagi kamu yang penasaran dengan apa saja fitur baru dari YouTube Shorts ini, kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini beserta fungsi dari fitur baru tersebut.

1. Add Voice

Add Voice juga menjadi salah satu fitur baru yang hadir pada YouTube Shorts. Fitur ini mirip dengan Text to speech yang ada di aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna bisa membuat video Shors yang lebih jelas dan interaktif.

Selain itu, dengan fitur baru Add Voice ini pengguna YouTube Shorts juga bisa membuat efek suara atau narasi berdasarkan teks yang mereka buat.

Namun, kamu juga harus tahu jika fitur Add Voice yang ada pada YouTube Shorts ini cukup terbatas, yaitu hanya empat suara saja.

2. Add Yours

Selain Add Voice, YouTube Shorts juga menghadirkan fitur baru yang bernama Add Yours. Fitur ini memungkinkan para pengguna YouTube Shorts untuk memunculkan tombol atau stikers Add Yours, agar para pengguna lain bisa membuat konten yang berkaitan dengan isi video yang dilihat.

3. Minecraft Rush

Minecraft Rush merupakan fitur yang hadir untuk merayakan momen ulang tahun game simulasi blok buatan Mojang, Minecraft yang ke-15. Game ini nantinya bisa dimainkan langsung di tampilan utama YouTube Shorts.

Baca Juga: Kronologi iShowSpeed Ancam Ingin Pensiun Jadi YouTuber

Dengan Minecraft Rush, pengguna memiliki misi untuk menghancurkan balok batu secepat mungkin untuk mendapatkan skor tertinggi.

Nantinya, skor akan dikompetisikan dengan pengguna YouTube Shorts lainnya, terutama mereka yang menjadi kerabat pengguna di YouTube.

4. Stylized Captions

Fitur baru lainnya yang hadir pada YouTube Shorts adalah Stylized Captions. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk mengedit gaya deskripsi caption atau subtitle video mereka dengan warna dan tipe teks yang bervariasi.

Jadi, teks di dalam video Shorts yang menarasikan atau menceritakan apa yang tengah ditonton dan didengar para pengguna, akan lebih estetik dan sesuai dengan gaya video yang tengah ditampilkan.

5. Auto Layout

Fitur baru lain yang dihadirkan untuk YouTube Shorts adalah Auto Layout. Auto Layout merupakan fitur yang memungkinkan YouTube Shorts memperbesar (zoom) dan mengikuti gerakan objek dalam video. Dengan begitu, video akan lebih estetik dan tidak monoton.

Nah, itulah tadi beberapa fitur baru yang dihadirkan YouTube untuk YouTube Shorts.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI