5 Fakta Penting Sejarah Video Game, Ditemukan Ralph H.Baer hingga Era Mabar

Dari video game kemudian dikenallah era mabar seperti sekarang.

Indogamers.com-Mari sejenak mengetahui fakta penting sejarah video game, dari penemunya Ralph H.Baer sampai era mabar saat ini.

Tak ada mabar seandainya dulu tidak ada yang menemukan video game.

Dari penemuan tersebut, sejarah permainan ini terus berkembang mengikuti zaman, sampai era mobile game saat ini yang ditandai dengan kemunculan budaya mabar.

Baca Juga: Sandi Harian Hamster Kombat, Rabu, 24 Juli 2024, Dapatkan Hadiah Menariknya!

5 fakta penting sejarah video game

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas fakta sejarah video game:

1. Siapa Ralph H.Baer?

Menurut Iswara N.Aditya dalam 200 Tokoh Super Jenius Penemu dan Perintis Dunia, Ralph H.Baer merupakan sosok di balik kemunculan video game.

Sebagaimana tulisan di artikel Historia, pria kelahiran Rodalben, Jerman, 8 Maret 1922 ini menciptakan video game pada 1966.

Ralph mengembangkan penemuannya sampai menjadi prototipe video game.

"Baer menamakan video game dengan label Brown Box dan resmi dipatenkan pada 1968. Brown Box pun dinyatakan sebagai video game pertama dunia," tulis Iswara.

2. Tennis for Two dan Spacewar

Meski demikian menurut The Sage Encyclopedia of Communication Research Method, prototipe video game pertama justru adalah Tennis Two.

Klaim lain menyebutkan permainan komputer pertama kali diinstal dan dimainkan adalah Spacewar, yang dikembangkan mahasiswa di Massachusets Institute of Technology pada 1962.

3. PC membuat jumlah gamers meningkat

Keberadaan komputer rumahan atau PC ternyata membuat jumlah pemain game atau gamers meningkat. Dari sini kemudian tumbuhlah game online.

4. Konsol game memanfaatkan momentum

Di tengah mulai meningkatnya pemain game online, konsol game memanfaatkan momentumnya, seiring kemunculan PS1 disaat akses internet masih terbatas. Sampai kemudian kemunculan generasi ke-9 PS5.

Baca Juga: Fakta Menarik Sutsujin, Roster Baru RRQ Hoshi MPL ID Season 14

5. Eranya mabar

Sekarang adalah eranya mabar dengan serbuan game online dan mobile game. Ditambah semakin banyaknya jenis game yang bisa dipakai untuk mabar, peminat game pun terus bertumbuh dan akan terus bertambah.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI