Nintendo Tegaskan Enggak Mau Bikin Game Pakai AI Generatif

Nier Automata: The End of YoRHa Edition (FOTO: Nintendo)

Indogamers.com - Masalah Artificial Intelligence (AI) menjadi topik hangat pembicaraan khususnya di dunia industri game. Pro kontra mengeringi kemajuan teknologi tersebut termasuk Nintendo yang dikabarkan berada pada posisi kurang setuju.

Sebagaimana disadur dari Gameranx pada Senin, 29 Juli 2024, kini malah ada perusahaan AI bernama Runway yang ketahuan sedang melatih model AI mereka pada konten Nintendo.

Perusahaan tersebut dilaporkan mempunyai AI generatif untuk membuat video yang disebut Gen-3. Menurut laporan kantor berita 404 media yang menginvestigasi Runway, ditemukan spreadsheet saluran dan video YouTube yang diduga digunakan untuk melatih Gen-3.

Baca Juga: Profil Pemain Team Falcons Vega, Susul Team Vitality yang Diakusisi Tim Luar Negeri

“Saluran dalam spreadsheet tersebut merupakan upaya seluruh perusahaan untuk menemukan video berkualitas baik untuk membangun model. Ini kemudian digunakan sebagai masukan ke web crawler besar yang mengunduh semua video dari semua saluran tersebut, menggunakan proxy untuk menghindari pemblokiran oleh Google,” kata salah satu karyawan 404 media.

Di sisi lain, Nintendo menyatakan dengan tegas bahwa mereka enggak tertarik untuk menggunakan AI generatif dalam proses pembuatan video game mereka.

Padahal kompetitor Nintendo secara terang-terangan sudah mau menggunakan teknologi AI yang dipadukan dengan kreativitas manusia sungguhan.

Baca Juga: ADVAN Luncurkan Advan WorkPro Lite, Laptop dengan Harga Terjangkau. Begini Spesifikasi dan Harganya

Meski demikian, langkah berani Nintendo dinilai patut diapresiasi karena itu artinya perusahaan masih membuka kesempatan untuk para pekerja manusia.

So, mampukah Nintendo bisa membuktikan diri kalau AI tidak diperlukan sepenuhnya dalam pengembangan game? Kita lihat saja nanti ya guys ya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI