Sejarah Perjalanan Game FPS dari Masa ke Masa. Selalu Jadi Game Favorit dan Populer

Perjalanan Game FPS dari Masa ke Masa (Foto: YouTube/Sparkez)

Indogamers.com - Game FPS menjadi salah satu jenis game yang paling populer dimainkan di seluruh dunia.

Game FPS menjadi populer karena menawarkan gameplay yang menyenangkan dengan berbagai tantangan seru di dalamnya. Game ini juga dapat dimainkan di berbagai platform.

Game-game FPS ini selalu menjadi game yang populer dengan nama besar seperti Call of Duty, Apex Legends dan banyak yang lainnya.

Baca Juga: Nintendo Bagikan 16 Judul Game Gratis Khusus Pengguna Switch

Game FPS sendiri merupakan sub genre game action yang memiliki fokus terhadap pertarungan yang menggunakan senjata api. Game ini telah memiliki sejarah yang cukup panjang hingga bisa bertahan saat ini.

Game FPS pertama kali hadir pada tahun 1970-an dengan game berjudul Maze War yang diciptakan oleh seorang siswa SMA yang magang di NASA. Game pertama ini mirip dengan screensaver pada sistem Windows lama.

Seiring berjalannnya waktu, game FPS semakin mengalami peningkatan. Berikut ini adalah beberapa era Game FPS.

Baca Juga: 9 Bocoran Harvest Moon: Home Sweet Home Versi Mobile yang Bakal Rilis Agustus 2024

1. Game FPS Tahun 80-an – Didominasi oleh Arcade

Pada tahun 80-an game FPS telah mengembangkan versi lebih baik dengan game yang pertama kali dikomersilkan dan dapat dimainkan oleh siapapun. Game tahun 80-an ini hadir pada Atari dengan nama Battlezone.

Game ini menghadirkan pengalaman bermain tank yang menyenangkan. Game ini juga telah memiliki fitur rotasi kamera yang merupakan teknologi canggih pada masanya.

Terdapat game FPS lain yang dirilis pada tahun 80-an, dan rata-rata game tersebut dimainkan melalui mesin arcade. Hal ini membuatkan mulai populer untuk dimainkan dan dikenal lebih luas.

Baca Juga: 3 Laptop Terbaru Acer dengan Teknologi AI, ada Laptop Gaming Predator Helios 16

2. Game FPS Tahun 90-an – Modernisasi yang Mulai Terasa

Game-game tahun 90-an sudah mulai menggunakan teknologi yang modern dan banyaknya perkembangan yang dilakukan.

Salah satu game fenomenal pada era ini yaitu game berjudul DOOM yang diciptakan oleh id Software. DOOM juga menjadi salah satu acuan game FPS modern saat ini.

Game FPS pada tahun 90-an juga telah dapat dimainkan secara multi-player dan menimbulkan adiksi yang kuat di kalangan para gamers. Game-game lain setelah DOOM pun banyak bermunculan dengan fitur yang lebih modern.

Baca Juga: Monster Hunter Wilds Dobrak Kebiasaan Pengembang Jelang Perilisan Perdana

3. Game FPS Tahun 2000 hingga 2010 ke Atas – Game FPS Terbaik dengan Teknologi Mutakhir

Pada tahun 2000-an ke atas game FPS telah menapaki versi terbaiknya dengan berbagai penggunaan teknologi dan fitur yang mutakhir. Para developer juga telah memasukkan sejumlah ide yang unik.

Game FPS pada era ini juga telah menggabungkan berbagai elemen yang semakin menunjang permainan.

Era game FPS tahun 2000-an hingga 2010 ke atas juga ditandai dengan e-sport. Game FPS menjadi elemen e-sport yang tidak dapat dipisahkan. Game-game ini juga akan selalu melakukan update karena pemainnya yang semakin banyak.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Gadget

4 Perbedaan Redmi Pad dan Redmi Pad Pro Selasa 06 Agustus 2024, 23:10 WIB