Dijamin Kamu Belum Pernah Main, ini 7 Game Paling Langka di Muka Bumi. Ada yang Dijual Rp7 Miliar

Konsol Atari Air Rapid (Foto: YouTube/Under Expert)

Indogamers.com - Dalam sejarah perjalanan industri game, game langka menjadi salah satu yang muncul setelah sekian tahun game dibuat dimainkan oleh manusia.

Beberapa game paling langka di dunia ini bisa terjadi karena beberapa sebab, bisa karena eksklusifitas atau memang karena game ini sudah lama diproduksi dan menjadi barang langka yang sulit didapat.

Sebenarnya game langka ini sama seperti benda-benda lain yang saat ini dianggap antik dan sudah jarang dimiliki oleh orang atau karena nilai sejarah yang dimilikinya.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Game Simulator Truk untuk Android, Nikmati Sensasi Seru di Waktu Luang

Dari kanal YouTube Under Expert, berikut Indogamers rangkumkan 7 game paling langka di dunia dalam sejarah perjalanan industri game.

Sesuatu yang berharga belum tentu langka, tapi sesuatu yang langka pasti berharga. Hal ini juga berlaku untuk video game. Nilai suatu game tidak hanya ditentukan oleh jumlahnya yang sedikit atau sulitnya mendapatkannya, tapi juga kualitas yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, video game memiliki nilai sejarahnya sendiri, terutama sebelum era digital, di mana video game tidak hanya tentang software, tetapi juga hardware penyimpanannya.

Baca Juga: The First Descendant Dilaporkan Mulai Alami Penurunan Pemain, Apa yang Terjadi?

Inilah yang membuat video game bisa menjadi barang koleksi dengan harga yang sangat tinggi. Karena itu, kolektor game harus menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan game-game terlangka.

7 Game Paling Langka di Dunia

1. Air Raid (1982) - Atari 2600

Game Air Raid-1982 (Foto: YouTube/Under Expert)

Dirilis pada tahun 1982 untuk Atari 2600, Air Raid mungkin terlihat seperti game aneh. Namun, game ini adalah salah satu yang paling populer di konsol Atari. Dengan casing berwarna biru dan kontrol berbentuk huruf 'T', Air Raid terlihat unik dibandingkan game Atari lainnya yang umumnya berwarna hitam.

Konsol Atari Air Rapid (Foto: YouTube/Under Expert)

Banyak orang mengira Air Raid adalah game bajakan, apalagi karena nama gamenya tidak ditulis di cartridge-nya. Diperkirakan hanya ada 23 kopi dari game ini, membuatnya sangat langka.

Pada tahun 2010, satu set game Air Raid yang hanya berisi kotak dan cartridge-nya pernah dijual seharga USD 31.600 atau sekitar Rp405 juta. Dua tahun kemudian, pada 2012, sebuah set lengkap dengan manualnya terjual seharga USD 33.433 atau sekitar Rp480 juta.

Baca Juga: Underrated Banget, ini 3 Game Simulator Rilisan Two Point Studios yang Bisa Kamu Mainkan di PC

2. Tetris (1984) - Versi Sega Genesis

Tetris Sega Genesis (Foto: YouTube/Under Expert)

Tetris pertama kali dirilis pada 6 Juni 1984 untuk berbagai platform. Namun, hampir saja rilis untuk Sega Genesis pada tahun 1989, tetapi dibatalkan dan tidak pernah dirilis secara resmi.

Tetris versi Sega Genesis memiliki sejarah rumit, karena banyak developer yang mencoba membuat versi mereka sendiri setelah Nintendo mendapatkan hak cipta resmi untuk game ini.

Sega sempat membuat 10 kopi dari game Tetris untuk Sega Genesis, namun produksi dihentikan setelah hak cipta diberikan kepada Nintendo. Salah satu kopi dari game ini pernah dilelang dengan harga USD 1 juta pada tahun 2011.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Voice Typing iPhone Bermasah

3. Nintendo Powerfest (1994) - SNES

Nintendo Powerfest -1994 (Foto: YouTube/Under Expert)

Pada tahun 1994, Nintendo mengadakan kompetisi bernama Nintendo Powerfest di Amerika Utara, di mana para pemain terbaik SNES harus memainkan tiga game: Super Mario Kart, Super Mario Bros: The Lost Levels, dan Ken Griffey Jr. Presents Major League Baseball.

Hanya ada 33 cartridge yang dibuat khusus untuk kompetisi ini, dan setelah selesai, hanya 31 cartridge yang dikembalikan ke Nintendo.

Salah satu cartridge tersebut pernah dijual seharga USD 10.000 pada tahun 2006, dan lainnya muncul di eBay pada tahun 2012 dengan harga USD 10.980.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Game Simulator Truk untuk Android, Nikmati Sensasi Seru di Waktu Luang

4. Nintendo Campus Challenge (1991) - SNES

Nintendo Campus Challenge-1991 (Foto: YouTube/Under Expert)

Sama seperti Powerfest, Nintendo juga mengadakan kompetisi video game di kampus-kampus tertentu pada tahun 1991 yang dinamakan Nintendo Campus Challenge.

Nintendo membuat cartridge khusus berisi tiga game: Super Mario Bros, Rad Racer, dan Dr. Mario. Setelah kompetisi selesai, cartridge ini seharusnya dihancurkan, namun satu berhasil diselamatkan dan ditemukan di garasi mantan pegawai Nintendo.

Pada tahun 2006, cartridge tersebut dijual seharga USD 14.000, dan kemudian dijual lagi di eBay seharga USD 20.112 atau sekitar Rp289 juta.

Baca Juga: 8 Karakter Perempuan Cantik dalam Game Resident Evil. Bikin Cowok Betah Main Resident Evil, Ada Karakter Favoritmu?

5. Red Sea Crossing (1983) - Atari 2600

Red Sea Crossing-1983 (Foto: YouTube/Under Expert)

Red Sea Crossing adalah game yang sangat langka yang dirilis untuk Atari 2600 pada 1983. Game ini sempat dianggap hanya hoax hingga akhirnya ditemukan pada 2017.

Hanya ada dua kopi yang diketahui ada hingga saat ini, dan salah satu kopi tersebut terjual seharga USD 10.000 atau sekitar Rp143 juta.

6. Birthday Mania (1980) - Atari 2600

Birthday Mania-1980 (Foto: YouTube/Under Expert)

Birthday Mania adalah game unik yang dirilis pada 1 Januari 1980 untuk Atari 2600. Game ini menawarkan mini-games yang berhubungan dengan ulang tahun, seperti meniup lilin dan memecahkan balon.

Yang membuatnya unik adalah pemain harus memesan game ini terlebih dahulu, memberikan informasi tentang siapa yang akan berulang tahun, dan nama mereka akan dimasukkan ke dalam game.

Game ini sangat langka, dengan hanya 10-15 kopi yang dibuat, dan hanya satu kopi yang masih ada sampai sekarang.

Baca Juga: Bikin Storage dan Koneksi Ngos-Ngosan, ini 10 Game dengan Ukuran File Gak Ngotak

7. Gamma Attack (1983) - Atari 2600

Gamma Attack-1983 (Foto: YouTube/Under Expert)

Gamma Attack adalah salah satu game paling langka di dunia, dirilis pada tahun 1983 untuk Atari 2600.

Hanya ada satu kopi dari game ini yang diketahui ada, dan pada tahun 2008, kopi tersebut dijual di eBay dengan harga USD 500.000 atau sekitar Rp7 miliar.

Game ini dimiliki oleh Anthony DeNardo, dan dia tidak berniat menjualnya tetapi ingin menunjukkan bahwa game tersebut benar-benar ada.

Baca Juga: 10 Game Paling Dilarang di Seluruh Dunia Sepanjang Sejarah. Dari Selangkangan hingga Eksploitasi Anak

Itulah 7 game paling langka di dunia yang pernah ada dalam sejarah perjalanan industri game. Untuk penjelasan lebih detail, kamu bisa langsung mengunjungi kanal YouTube Under Expert, jangan lupa buat subscribe ya.

Dari 7 game langka di atas, bisa dipastikan kamu belum pernah memainkannya karena langkanya game ini di pasaran.

Meskipun dijual di pasaran lewat berbagai platform, mungkin kamu mampu membelinya tapi membeli game dengan harga ratusan juta itu harga yang sangat mahal untuk sebuah game.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI