5 Fakta Menarik Game Shooter PS5 Concord yang Ditarik dari Peredaran Hanya 2 Minggu setelah Rilis

Game Concord. (FOTO: Sony Interactive Entertainment)

Indogamers.com-Setidaknya ada lima fakta menarik dari game shooter PS5 Concord yang ditarik dari peredaran hanya dua minggu setelah rilis.

Kabar ini tentu mengejutkan, lantaran para penggemar sudah ada yang kadung membeli. Analis di GameDiscoverCo mengungkap, setidaknya 25.000 kopi game terjual.

Lalu kenapa kemudian ditarik? Simak sejumlah fakta menariknya di bawah ini:

1. Mirip-mirip game Overwatch

Ini adalah game penembak pahlawan berbasis tim yang mirip dengan game populer Activision-Blizzard, Overwatch, yang mengadu tim beranggotakan lima orang melawan satu sama lain dalam arena pertempuran yang ketat, dan peluncurannya telah menjadi salah satu gim yang paling terkenal di tahun ini.

Jumlah pemainnya hanya mencapai ratusan di Steam, pasar PC paling populer, dan diperkirakan terjual kurang dari 25.000 kopi, menurut analis di GameDiscoverCo.

2. Ada aspek yang tidak berjalan sesuai harapan

Pihak Sony di blog PlayStation mengungkap, mereka sudah mendengar masukan dari penggemar Concord sejak peluncurannya di PC dan PS5.

"Namun, banyak kualitas pengalaman yang dirasakan oleh para pemain, kami juga menyadari bahwa aspek-aspek lain dari game ini dan peluncuran awal kami tidak berjalan sesuai dengan yang kami harapkan.

Oleh karena itu, saat ini, kami telah memutuskan untuk membuat game ini offline mulai 6 September 2024, dan mengeksplorasi berbagai opsi, termasuk opsi yang akan menjangkau para pemain dengan lebih baik," begitu pernyataan Sony.

3. Pengembalian dana penuh

Seiring dihentikannya Concord, pihak Sony menawarkan pengembalian dana penuh untuk semua gamer yang telah membeli game ini untuk PS5 atau PC.

4. Pengembangan selama 8 tahun dengan biaya besar

Sayang juga mendengar penarikan game Concord. Menurut kabar game ini dikembangkan selama delapan tahun dengan biaya sekitar 100 juta dolar Amerika.

Sony membeli pembuatnya, Firewalk Studios, pada tahun 2023 dengan nilai yang dirahasiakan. Itu adalah salah satu dari beberapa akuisisi pengembang game layanan langsung yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, karena pemegang platform PlayStation 5 bertaruh besar pada game multipemain berekor panjang.

5. Bukan kasus pertama

Ini bukanlah game multipemain terkenal pertama yang gagal memenuhi ekspektasi tahun ini.

Suicide Squad dari Warner Bros: Kill the Justice League juga gagal menarik perhatian para pemain.

Sebaliknya, penembak regu yang penuh dengan lidah, Helldivers II, telah menjadi sukses besar bagi Sony sejak diluncurkan pada bulan Februari, menjual lebih dari 12 juta kopi dalam tiga bulan pertama.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI