Unity Resmi Batalkan kebijakan Runtime Fee yang Kontroversial

Logo Unity (FOTO: Unity)

Indogamers.com - Pada September 2023, Unity memperkenalkan Runtime Fee, yang awalnya direncanakan mulai berlaku pada 1 Januari 2024. Kebijakan ini akan membebankan biaya royalti berdasarkan jumlah instalasi game yang menggunakan mesin Unity.

Akan tetapi, kebijakan ini mendapat kecaman dari banyak pengembang game, sehingga Unity merevisi rencananya pada akhir bulan itu, membatasi penerapan Runtime Fee cuma buat pengguna berlangganan Unity Pro dan Unity Enterprise, dan mengecualikan game yang sudah ada.

Kini, Unity memutuskan untuk menghapus Runtime Fee sepenuhnya. Dalam pernyataan terbaru di situs resmi Unity, presiden dan CEO Matt Bromberg mengumumkan bahwa kebijakan tersebut telah dibatalkan.

Baca Juga: Gameloft Kolaborasi dengan Claynosaurz, Siap Hadirkan Game Mobile Bertema Dinosaurus

"Setelah melalui diskusi mendalam dengan komunitas, pelanggan, dan mitra kami, kami memutuskan untuk membatalkan Runtime Fee bagi pelanggan game kami, berlaku segera," tulis Bromberg dikutip Indogamers.com dari VGC pada Minggu, 15 September 2024.

Ia menambahkan bahwa pengguna di luar industri game tidak terpengaruh oleh perubahan ini.

Selama 20 tahun terakhir, Unity telah bekerja sama dengan desainer, pengembang, seniman, insinyur, penerbit, dan platform untuk "mendemokratisasi" pengembangan game.

Baca Juga: Cara Membuat Lobi di Chained Together Agar Bisa Bermain Bersama Teman

"Namun, kami menyadari bahwa kami tidak bisa menjalankan misi ini jika kami bertentangan dengan pelanggan kami. Pada dasarnya, kemitraan ini harus dibangun di atas dasar kepercayaan," lanjut Bromberg.

Selama tiga bulan terakhir, Unity mendengar banyak masukan dari komunitas bahwa meski kenaikan harga dapat dipahami sebagai bagian dari investasi di industri, perubahan tersebut tidak perlu diwujudkan melalui kebijakan yang kontroversial.

"Kami ingin memberikan nilai yang adil dengan cara yang benar, sehingga para pengembang merasa nyaman bermitra dengan Unity untuk jangka panjang," jelasnya.

Baca Juga: Dragon Quest 3 HD-2D Remake Siap Beri Kejutan Bulan November 2024

Sebagai gantinya, Unity akan kembali ke model langganan berbasis seat tetapi dengan kenaikan harga untuk Unity Pro dan Enterprise.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI