Pencipta Flappy Bird Kecam Rilis Ulang Berbasis Kripto

Flappybird (FOTO: flappybird.org)

Indogamers.com - Dong Nguyen, pencipta asli Flappy Bird, menegaskan bahwa ia tidak terlibat dalam perilisan ulang game tersebut yang kini didukung oleh teknologi kripto.

“Tidak, saya tidak memiliki hubungan dengan game mereka. Saya tidak menjual apa pun, dan saya juga tidak mendukung kripto,” kata Nguyen dikutip dari Twitter pada Senin, 16 September 2024.

Flappy Bird pertama kali dirilis pada perangkat iOS pada Mei 2013, namun mencapai popularitas luar biasa pada Januari 2014. Saat itu, game ini menjadi aplikasi paling banyak diunduh di App Store, menghasilkan pendapatan iklan yang signifikan yakni puluhan ribu dolar per hari bagi Nguyen.

Baca Juga: Embracer Dipastikan Batal Menjual 4A Games dan Zen Studios

Meskipun sangat populer, game tersebut akhirnya ditarik dari App Store, dan versi aslinya tidak tersedia selama lebih dari satu dekade.

Kini, kelompok penggemar yang menamakan diri mereka Flappy Bird Foundation telah berhasil memperoleh merek dagang resmi Flappy Bird, termasuk hak atas game Piou Piou vs Cactus, yang menurut beberapa pihak menjadi inspirasi untuk Flappy Bird.

Flappy Bird Foundation mendapatkan hak atas game ini dari Gametech Holdings, perusahaan yang mengklaim merek dagang tersebut setelah Nguyen gagal memperbaruinya.

Baca Juga: CEO Pocketpair Bimbang Soal Masa Depan Palworld, Mengapa?

Organisasi ini dipimpin oleh desainer Michael Roberts. Namun, pengumuman perilisan ulang game tersebut menuai kritik setelah para penggemar menemukan bahwa Roberts juga merupakan kepala 1208 Productions, perusahaan yang bergerak di bidang kripto dan mendeskripsikan dirinya sebagai "perintis Web3."

Selain itu, 1208 Productions juga berada di balik GLP, yang disebut sebagai “Salah Satu Platform Penerbitan Game Terbesar di Web 3,” menurut situs resmi mereka.

Rencananya, Flappy Bird versi baru akan dirilis di iOS dan Android pada tahun 2025, dengan berbagai karakter dan mode permainan baru.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

News

Apa Itu Pager dan Mengapa Bisa Meledak? Rabu 18 September 2024, 12:30 WIB