Pengembang Minecraft Umumkan Reforj Jadi Game Sandbox Terbaru

Game Reforj. (Sumber: Steam)

Indogamers.com - 4J Studios, pengembang di balik versi konsol Minecraft, telah memperkenalkan proyek terbaru mereka, Reforj, sebuah game sandbox bertema survival.

Game ini tengah dikembangkan untuk PC dan konsol generasi terbaru, menggunakan mesin voxel sandbox eksklusif yang telah dipatenkan. Saat ini, Reforj masih berada dalam tahap pra-alfa.

Chris van der Kuyl, pendiri dan ketua 4J Studios, mengungkapkan bahwa pengembangan Reforj akan melibatkan komunitas secara aktif.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Black Myth: Wukong Untuk Petualangan Epik!

"Kami berkomitmen membangun Reforj bersama komunitas," katanya dikutip Indogamers.com dari Gameranx pada Rabu, 18 September 2024.

Pada awal tahun ini, perusahaan bahkan menggandeng YouTuber terkenal, Stampy, untuk berperan sebagai desainer game dalam proyek ini. Dalam sebuah wawancara dengan GamesIndustry.biz, van der Kuyl mengungkapkan visi besarnya untuk Reforj.

"Kami ingin memberikan kebebasan kreatif penuh bagi para pemain. Ini akan menjadi game yang sangat ramah bagi pencipta, memungkinkan mereka membagikan kisah dan petualangan unik mereka sendiri. Kami ingin mereka menemukan hal-hal baru dalam game yang bahkan kami sendiri belum bayangkan," ujarnya.

Baca Juga: Edisi dan Harga Black Myth: Wukong: Pilihan untuk Para Gamer

Ia juga menambahkan bahwa versi pra-alfa dari Reforj akan segera tersedia bagi komunitas untuk dicoba.

4J Studios bukan nama asing di dunia pengembangan game. Sebelumnya, mereka sukses menggarap remaster HD dari game legendaris seperti Perfect Dark dan Banjo-Kazooie. Dengan pengalaman tersebut, harapan besar kini ditujukan pada Reforj.

"Kami selalu menyukai game sandbox yang mendorong kreativitas. Namun, kami juga melihat ada banyak peluang untuk mengembangkan fitur yang belum pernah ada di game sandbox sebelumnya, terutama dengan memanfaatkan akselerasi GPU pada konsol generasi terbaru," lanjut van der Kuyl.

Baca Juga: 4 HP OPPO Terbaik Harga Rp 1 Jutaan

Salah satu inovasi menarik dari Reforj adalah fitur perjalanan antar dunia yang terintegrasi secara mulus, tanpa waktu muat (loading) yang mengganggu.

"Ini mungkin tidak akan bisa terjadi jika game hanya mengandalkan pemuatan data dari hard drive. Mesin eksklusif kami memungkinkan pengembangan fitur-fitur baru ini, dan bahkan mendefinisikan ulang mekanisme inti dari desain game."

Dengan ambisi besar dan pendekatan kolaboratif dengan komunitas, Reforj berpotensi menjadi terobosan baru dalam genre game sandbox dan membawa pengalaman bermain yang segar bagi para pencinta game kreatif.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI