Fitur Baru WhatsApp, Pengguna Bisa Mention Kontak Lain Saat Update Status, Seperti Instagram?

Ilustrasi fitur baru mention kontak di status WhatsApp (FOTO: WABetaInfo)

Indogamers.com - Di bulan Maret 2024 lalu, WhatsApp mengembangkan fitur mention di update status dan di bulan September ini, fitur tersebut sudah bisa diuji coba oleh para pengguna WhatsApp beta di Android.

Hal ini seperti disampaikan oleh situs WABetaInfo, di mana para pengguna WhatsApp beta di Android sudah bisa mencoba fitur mention kontak lain saat update status.

Fitur ini bisa ditemukan di WhatsApp beta dengan versi 2.24.20.3 khusus untuk para pengguna Android.

Penggunaan fitur baru dari WhatsApp ini sama seperti menggunakan mention di chat group. Yaitu dengan memberikan tanda ‘@’ kemudian dilanjutkan dengan menyebutkan nama kontak yang ingin dimension.

Baca Juga: Tips Mudah Mengubah Teks di WhatsApp Tanpa Perlu Kode Khusus

Fitur mention kontak di status WhatsApp ini bisa digunakan oleh para pengguna WhatsApp beta untuk update status berupa teks, foto, maupun video.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna WhatsApp bisa merasakan fitur yang sudah ada di platform media sosial milik Meta, yaitu Instagram.

Sama halnya fitur mention di Instagram, fitur menton kontak di WhatsApp ini juga akan mengirimkan notifikasi untuk kontak yang di mention pada status dan kontak yang di mention juga bisa membagikan status tersebut ke audiens mereka dengan melalui tombol bagikan.

Perbedaan antara fitur mention WhatsApp dengan Instagram ini ada pada identitas dari pembuat status asli akan tetap privat saat status dibagikan kembali.

Jadi status tersebut tidak akan menampilkan kontak pembuat status, saat dibagikan ke audiens lain saat di repost.

Ini memastikan bahwa interaksi tetap rahasia antara pengguna dan kontak yang disebabkan, karena penyebutan tidak terlihat oleh siapa pun yang melihat status tersebut.

Hasilnya, pengguna dapat menargetkan orang-orang tertentu dalam pembaruan status mereka tanpa memberikan informasi ini dengan audiens mereka yang lebih luas.

Namun, kontak yang disebutkan akan selalu menerima pembaruan status terlepas dari pengaturan privasi pengirim.

Baca Juga: 4 Fitur Baru WhatsApp untuk iPhone dan Fungsinya, Ada Kirim 100 Foto Sekaligus

Bahkan jika kontak yang disebutkan dikecualikan dari melihat pembaruan status lainnya karena konfigurasi privasi tertentu, mereka masih akan dapat melihat pembaruan status di mana mereka disebutkan.

Hal ini tentu saja sejalan dengan WhatsApp yang menjadi media pesan instan yang lebih privat dibandingkan dengan media lain.

Sebagai informasi, fitur mention kontak di status WhatsApp ini hanya tersedia bagi beberapa penguji beta yang memasang pembaruan terkini WhatsApp beta untuk Android dari Google Play Store.

Rencananya update akan diluncurkan ke lebih banyak orang dalam beberapa minggu mendatang.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Mudah Kirim Voice Message di iPhone Sabtu 28 September 2024, 19:04 WIB