YouTube Luncurkan Fitur Baru Communities untuk Interaksi Antar Kreator dan Penggemar

Communities, fitur baru YouTube untuk kreator dan pengguna saling berkomunikasi langsung (FOTO: blog.youtube)

Indogamers.com - Platform media hiburan raksasa buatan Google, YouTube telah menghadirkan fitur terbarunya melalui acara Made on YouTube pada Rabu, 18 September 2024 lalu.

Fitur baru dari YouTube ini bernama Communities atau komunitas yang berguna untuk memberikan ruang bagi kreator dan penggemarnya untuk saling berinteraksi langsung melalui YouTube tanpa harus menggunakan media lain.

"Kami sudah menggunakan sejumlah fitur yang familier, seperti untuk memberi likes, komentar, serta alat untuk memoderasi. Namun, YouTube Communities berbeda," tulis pihak YouTube melalui halaman resminya.

Baca Juga: Mengenal 5 Fitur Baru YouTube Premium dan Manfaatnya

Dikutip dari The Verge, fitur baru YouTube yang bernama Communities in merupakan gabungan dari forum jadul, subreddit, dan grup Facebook.

Setelah kreator mengaktifkan komunitasnya, siapa pun yang bergabung dapat memposting, dan orang-orang dapat saling membalas. Selain itu, ada ruang khusus untuk kreator berbagi unggahan berupa teks, gambar, atau media lainnya.

YouTube sendiri sebenarnya memiliki fitur Komunitas. Bedanya, fitur tersebut hanya memungkinkan kreator yang memposting konten. Sementara di versi terbaru ini, penggemar yang tergabung dalam Communities tersebut bisa mengunggah konten untuk mengundang interaksi.

Communities versi terbaru ini juga menawarkan lebih banyak fitur untuk interaksi. Hal ini sesuai dengan upaya YouTube untuk mempererat hubungan antara kreator dan penggemar.

Semua interaksi baru itu bisa jadi sangat membebani bagi beberapa kreator, jadi YouTube juga meluncurkan alat baru bernama Community Hub, yang menggantikan bagian komentar aplikasi YouTube Studio dan memberikan kreator tampilan gabungan dari semua aktivitas di saluran mereka.

Sistem AI YouTube akan membantu memunculkan komentar yang bagus dan bahkan menawarkan saran balasan sehingga kreator dapat membalas komentar sebanyak mungkin orang.

Bahkan dengan alat-alat baru tersebut, Komunitas akan menghadirkan banyak masalah moderasi yang rumit, terutama sekarang karena penggemar dapat mengunggah konten mereka sendiri di saluran daripada hanya meninggalkan komentar.

YouTube juga mengatakan jika fitur Communities atau Komunitas kini tersedia di beberapa saluran, tetapi tidak akan tersedia secara luas hingga tahun depan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI