Lagi Ramai Digunakan, Ini Kelebihan dan Kekurangan dari Yandex

Ilustrasi penggunaan Yandex (FOTO: Shutterstock)

Indogamers.com - Selain Google, ada banyak platform yang menyediakan layanan mesin pencari atau search engine yang memudahkan pengguna untuk menemukan informasi di internet. Salah satu di antaranya adalah Yandex yang saat ini tengah ramai digunakan di Indonesia.

Dikutip dari laman Loganix, Yandex merupakan perusahaan internet multinasional asal Rusia yang berkantor pusat di Moskow.

Yandex didirikan pada 1997 oleh Arkady Volozh, Arkady Borkovsky, dan Ilya Segalovich, saat ini Yandex menjadi firma teknologi terbesar di Rusia dan mengoperasikan mesin pencari paling populer di negara tersebut.

Baca Juga: Daftar Browser Paling Banyak Digunakan Selama 2023, Siapa Penguasanya?

Selain sebagai mesin pencari, Yandex juga menawarkan berbagai layanan dan produk, seperti streaming musik, e-commerce, AI, ride-hailing, mobil otonom, peta, analitik aplikasi, manajemen data, iklan daring, layanan surel, dan teknologi rumah pintar.

Yandex juga mengembangkan peramban yang diklaim memberikan pengalaman berselancar di internet yang cepat dengan menggabungkan teknologi modern dan fitur unik.

Lalu, apa saja sih kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Yandex yang saat ini tengah ramai digunakan.

Kelebihan Yandex

Meskipun kemampuan mesin pencari Yandex ini masih kalah dengan Google, tapi Yandex memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Menawarkan fitur peramban yang aman

Salah satu kelebihan yang ditawarkan Yandex adalah memiliki fitur peramban yang aman. Hal ini seperti dikutip dari Barrazacarlos dalam artikel “12 Advantages and Disadvantages of Yandex”.

Fitur peramban yang aman dari Yandex ini di antaranya termasuk pencegahan DNS spoofing, DNSCrypt, dan dukungan otomatis HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) terhadap jaringan yang tidak aman, untuk meningkatkan keamanan pengguna.

2. Browser Yandex terintegrasi dengan mesin pencari

Kelebihan selanjutnya dari Yandex adalah browse Yandex terintegrasi langsung dengan mesin pencari Yandex, sehingga memberikan pengalaman pencarian yang komprehensif dan efisien.

Fitur built-in protection di peramban ini melindungi pengguna dari situs dan unduhan berbahaya sehingga pengalaman berselancar para penggunanya menjadi lebih aman.

3. Antarmuka yang modern

Yandex juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu pada antarmuka Yandex yang modern dan bersih khususnya pada browser Yandex sehingga mudah digunakan dan dinavigasi.

Pengguna bisa menyesuaikan tampilan tab baru dengan berbagai opsi latar belakang dan desain. Menu navigasi di mesin pencariannya cukup lengkap serta mudah dipelajari bagi para pengguna pemula. Dengan begitu, para pengguna bisa lebih cepat untuk mempelajarinya

4. Dilengkapi dengan fitur peluncuran cepat

Yandex Browser dilengkapi dengan fitur peluncuran cepat dan tidak mengonsumsi banyak sumber daya PC sehingga performanya tetap cepat, hal ini juga menjadi salah satu kelebihan dari Yandex.

Fitur terjemahan bawaan, Yandex Translate, memungkinkan pengguna menerjemahkan teks dan kata hanya dengan satu klik. Peramban ini juga mendukung berbagai ekstensi, termasuk dari toko Chrome.

Kekurangan Yandex

Jika Yandex memiliki banyak kelebihan, buka berarti Yandex ini sempurna. Sebab, Yandex juga masih memiliki banyak kekurangan yang bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Keterbatasan jumlah ekstensi

Yandex Browser memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah keterbatasan dalam jumlah ekstensi yang tersedia dibandingkan dengan browser populer lainnya, seperti dikutip Barrazacarlos dan Seo Calling.

Padahal ekstensi ini sangat membantu para pengguna mendapatkan berbagai kemudahan dalam menjelajahi dunia internet.

2. Kekhawatiran keamanan bagi pengguna di luar wilayah

Pengumpulan data oleh Yandex Browser untuk personalisasi pengalaman pengguna dapat menimbulkan kekhawatiran terkait privasi.

Peramban ini terutama dirancang untuk pengguna Rusia sehingga mungkin tidak seefektif bagi pengguna dari wilayah lain.

Tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada virus, spam, atau Malware di dalam mesin pencarian Yandex.

Karena itu, para pengguna Yandex sangat direkomendasikan untuk memindai dengan antivirus terbaik dan terupdate saat melakukan proses pengunduhan dan penginstalan file aplikasinya di perangkat.

3. Algoritma yang dimiliki Yandex belum dapat menyaingi Google

Kekurang lain dari Yandex adalah algoritmanya belum bisa menyaingi Google.

Cakupan index data dan informasi yang dimiliki Yandex juga belum sedetail Google. Maka dari itu, Yandex dapat dikatakan masih kalah dari Google

4. Spam tautan

Mesin pencari Yandex memiliki kelemahan dalam menangani spam tautan yang dapat mengarah pada hasil pencarian tidak relevan.

Beberapa layanan Yandex, seperti Yandex Mail, mungkin juga memiliki fitur dan fungsi yang terbatas dibandingkan dengan penyedia lainnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Mudah Kirim Voice Message di iPhone Sabtu 28 September 2024, 19:04 WIB