Ini Fitur Baru WhatsApp yang Bikin Penipu Minggir, akan Deteksi Tautan Berbahaya

Ilustrasi WA (FOTO: via gizchina)

Indogamers.com-Aksi penipuan melalui WhatsApp terus terjadi. Platform media sosial perpesanan ini pun mengenalkan fitur baru yang bisa membuat penipu minggir.

Dengan fitur barunya, WA bisa mendeteksi tautan berbahaya, yang menyebabkan akun dicuri, pencurian data, dan infeksi malware.

Mengapa penipuan WhatsApp meningkat?

Selama bertahun-tahun, para penjahat siber telah menjadi lebih canggih dalam metode mereka.

Di WhatsApp, para penipu sering kali menyamar sebagai orang yang dipercaya, seperti teman, anggota keluarga, atau bahkan institusi resmi seperti bank dan lembaga pemerintah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tablet Advan dengan Harga Rp1 Jutaan

Pesan-pesan palsu ini dirancang agar terlihat meyakinkan sehingga para korban percaya bahwa mereka berurusan dengan seseorang yang mereka percayai.

Dalam satu penipuan yang umum terjadi, penjahat berpura-pura menjadi orang yang dicintai yang sedang dalam kesulitan, meminta uang atau informasi pribadi.

Dalam kasus lain, mereka mungkin menyamar sebagai perwakilan bank yang meminta korban untuk mengonfirmasi detail keuangan.

Jika pengguna tertipu oleh penipuan ini, mereka mungkin secara tidak sadar menyerahkan informasi sensitif, sehingga membahayakan diri mereka sendiri dan kontak mereka.

Para penipu juga dapat membajak akun WhatsApp. Setelah mendapatkan akses ke akun, mereka dapat mengirim pesan ke kontak korban, yang selanjutnya menyebarkan serangan.
|
Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk tetap berhati-hati dengan pesan dan tautan yang kita terima. Bahkan jika mereka tampak berasal dari kontak tepercaya.

Fitur verifikasi tautan baru WhatsApp

WhatsApp memperkenalkan alat baru yang dirancang untuk memudahkan pengguna memeriksa apakah tautan yang dikirim melalui aplikasi ini aman.

Sering kali, para penipu menyertakan tautan berbahaya dalam pesan mereka, menipu orang untuk mengkliknya.

Tautan ini dapat mengarah ke situs web palsu yang mencuri informasi pribadi atau menginstal perangkat lunak berbahaya pada perangkatmu.

Untuk mengatasi hal ini, fitur baru WhatsApp akan memungkinkan pengguna untuk memverifikasi keabsahan sebuah tautan sebelum berinteraksi dengannya.

Alat ini ditemukan pada versi 2.23.16.6 dari rilis beta WhatsApp untuk Android, berkat WaBetaInfo.

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Advan Terbaru dengan Harga Terjangkau, Harga Rp1 Jutaan

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pemeriksaan sederhana pada tautan dengan mengirimkannya ke Google untuk pencarian cepat. Hal ini membantu pengguna mempelajari lebih lanjut tentang tujuan tautan sebelum mengkliknya.

Prosesnya sangat mudah: ketika menerima pesan yang berisi tautan, kamu dapat memilih untuk melakukan verifikasi.

WhatsApp mengirimkan tautan tersebut ke Google, yang kemudian mencari informasi tentang situs web tersebut. Berdasarkan hasil pencarian, Anda dapat memutuskan apakah tautan tersebut aman untuk diklik.

Fitur ini akan sangat berguna untuk tautan yang telah diteruskan berkali-kali, yang kemungkinan besar berbahaya.

Dengan menyediakan proses verifikasi cepat ini, WhatsApp bertujuan untuk membantu pengguna menghindari penipuan dan menjaga perangkat mereka tetap aman.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI