Astro Bot Ungguli Hampir Semua Platformer Non-Mario dalam Satu Dekade di Eropa

Astro Bot. (Sumber: COG Conected)

Indogamers.com - Game Astro Bot besutan PlayStation telah mencatatkan peluncuran yang lebih sukses dibandingkan hampir semua platformer 3D non-Super Mario yang dirilis di Eropa selama 10 tahun terakhir.

Informasi ini diungkapkan oleh Christopher Dring dari GI.biz, yang memperoleh data penjualan eksklusif PS5 di wilayah tersebut, mencakup baik penjualan fisik maupun digital.

Berdasarkan laporan Dring, dalam waktu sebulan setelah peluncurannya, penjualan Astro Bot sudah 34% lebih tinggi dari Sonic Frontiers, game terbaru dari franchise Sonic milik Sega, dan 52% lebih baik dibandingkan Crash Bandicoot 4 dari Activision.

Baca Juga: Siapa Nobuyo Oyama Pengisi Suara Doraemon yang Meninggal Dunia? Begini Jejak Kariernya

Astro Bot telah mengungguli setiap game platformer 3D baru yang dirilis dalam 10 tahun terakhir, kecuali Mario,” tulis Dring di Twitter dikutip Indogamers.com dari VGC pada Minggu, 13 Oktober 2024.

Menurutnya, kesuksesan jangka panjang game ini masih perlu dilihat, tetapi debutnya sangat menjanjikan untuk genre ini.

Namun, Dring menambahkan bahwa ia tidak dapat membagikan data penjualan spesifik karena keterbatasan perjanjian dengan penyedia data di Eropa.

Baca Juga: Taklukan Dewa United Hades, Evos Holy Kokoh di Puncak Klasemen Liga 1 Esports Nasional 2024

Meski Sony belum merilis angka penjualan resmi untuk Astro Bot, firma riset Circana melaporkan bahwa game ini juga menunjukkan performa komersial yang solid di pasar Amerika Serikat.

“Baik dalam format fisik maupun digital, Astro Bot menduduki peringkat kedua dalam penjualan unit di AS per 7 September, hanya di belakang NBA 2K25. Selain itu, kontroler Astro Bot DualSense menjadi aksesori terlaris minggu itu,” ungkap Mat Piscatella, Direktur Eksekutif untuk industri video game di Circana, di Bluesky

Astro Bot juga mendapat apresiasi luas dari para kritikus, dengan skor 94 di situs agregasi ulasan Metacritic. Ulasan dari VGC bahkan menyebutnya sebagai “platformer 3D terbaik dalam satu dekade.”

Baca Juga: Menelisik Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Air M3

PlayStation dan pengembangnya, Team Asobi, telah mengumumkan bahwa mereka akan merilis DLC gratis berupa mode speedrun untuk Astro Bot di akhir tahun ini.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI