Peparnas XVII Solo Berakhir, Cabor Esports Tegaskan Pesan dan Semangat Inklusivitas serta Kesetaraan

Pengalungan Medali Cabor Esports Peparnas XVII Nomor eFootball (Foto: PB ESI)

Indogamers.com - Cabang olahraga (cabor) esports yang dipertandingkan untuk kali pertama, sukses menyampaikan pesan dan semangat inklusivitas dan kesetaraan pada perhelatan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 yang resmi ditutup 12 Oktober malam.

Mempertandingkan nomor eFootball serta menggelar ekshibisi untuk nomor Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), esports tidak saja hanya memperlihatkan sebagai cabang olahraga yang dapat dikuasai oleh atlet-atlet berkebutuhan khusus, namun juga membuka mata banyak pihak bahwa atlet-atlet berkebutuhan khusus pun berpeluang untuk berkompetisi di turnamenturnamen esports yang terbuka untuk umum di luar kegiatan kategori paralimpik.

Ken Trufano, Technical Delegate Esports pada Peparnas XVII Solo 2024 mengatakan, “Peparnas XVII Solo 2024 menjadi tonggak sejarah baru esports Indonesia. Selain menjadi ajang multi-cabor resmi perdana bagi rekan-rekan atlet berkebutuhan khusus, kegiatan ini sangat positif dalam membuka cakrawala masyarakat dalam menilai serta memanfaatkan esports sebagai bidang yang menawarkan peluang besar bagi pengembangan kompetensi talenta-talenta Indonesia berkebutuhan khusus.”.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Kebocoran Data Besar-besaran di Game Freak, Pengembang Pokemon

“Tidak kalah penting,” sambung Ken, “masyarakat juga menjadi makin memahami bahwa karakter esports yang inklusif memungkinkan atlet berkebutuhan khusus tidak hanya bisa bersaing dengan sesama atlet berkebutuhan khusus, namun mereka pun punya kesempatan sama untuk bisa berprestasi di turnamen terbuka yang tidak mensyaratkan gender hingga fisik.”

Kent juga berujar bahwa Peparnas XVII Solo 2024 telah membuka jalan bagi atlet esports berkebutuhan khusus untuk terus bersinar dan berkontribusi di tingkat nasional dan internasional. Misi kesetaraan dalam dunia esports menjadi makin nyata, membuktikan bahwa dengan dukungan yang tepat, semua orang memiliki kesempatan untuk sukses.

Untuk membantu memudahkan Masyarakat luas memahami inklusivitas dan potensi esports untuk pengembangan prestasi serta kompetensi, penyelenggara Peparnas XVII Solo 2024 menggelar lokakarya dan diskusi yang mengangkat esports dari berbagai sudut pandang, antara lain psikologi, pendidikan, karir, hingga pengembangan mental dan karakter.

Baca Juga: PB ESI Lepas Timnas Esports Mobile Legends dan Honor of Kings ke CAEC 2024

Jateng Dominasi nomor eFootball Peparnas XVII Solo Pada pungkasan kegiatan, atlet eFootball Saddam H dari Jawa Tengah berhasil meraih medali emas pertama gelaran Peparnas cabor esports. Adapun medali perak diraih oleh Dias Andrean dari Jawa Tengah dan medali perunggu diraih oleh Andi Mahmudin dari Sumatera Barat dan Muhammad Ilmi dari Kalimantan Selatan.

Sementara itu, pada nomor ekshibisi Mobile Legends: Bang-Bang yang diikuti dengan penuh antusias oleh 19 peserta dari berbagai daerah, tim Unituy sukses menjadi tim terbaik. Tim ini diperkuat oleh Dimas Firdaus dari Jawa Barat, Idris Al Fahri dari Riau, Ahmad Anisul, Mega dari Jawa Tengah, serta Ilham dari Jawa Barat. Mega merupakan satu-satunya peserta perempuan dalam kompetisi ini dan berhasil menunjukkan penampilan impresif.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI