Usai Batalkan Beberapa Judul Game, Bandai Namco Pangkas Karyawan

Bandai Namco juga memangkas karyawannya. (FOTO: Bloomberg)

Indogamers.com-Perusahaan game terkemuka, Bandai Namco melakukan pemangkasan karyawan. Kebijakan ini diambil seusai perusahaan membatalkan perilisan beberapa judul game.

Kabar ini menjadi pertanda industri game yang sedang tidak baik-baik saja. Kenaikan biaya dan permintaan yang stagnan telah menekan keuntungan industri game.

Dilansir dari Japantimes, perusahaan yang berbasis di Tokyo ini mengambil pendekatan tradisional Jepang untuk mengurangi staf dengan mengirim pekerja ke ruangan di mana mereka tidak diberi tugas apa pun, sehingga menekan mereka untuk pergi secara sukarela, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Sejak April, afiliasi Bandai Namco Studios telah memindahkan sekitar 200 dari sekitar 1.300 karyawannya ke ruangan seperti itu dan hampir 100 orang telah mengundurkan diri, kata orang-orang tersebut, yang tidak ingin disebutkan namanya karena membahas informasi pribadi.

Baca Juga: 5 HP NFC Termurah 2024, Ada yang Rp1 Jutaan

Lebih banyak lagi yang diperkirakan akan keluar dalam beberapa bulan mendatang, kata mereka.

Oidashi beya, atau “ruang pengusiran”, terkadang digunakan oleh perusahaan-perusahaan Jepang di negara dengan undang-undang perlindungan tenaga kerja yang paling ketat di dunia.

Karyawan biasanya tidak diberi tugas yang berhubungan dengan pekerjaan, tetapi dibiarkan dengan pengetahuan bahwa kinerja mereka akan memberikan amunisi bagi manajer untuk memotong pesangon ketika mereka keluar. Banyak karyawan menggunakan waktu mereka di ruangan seperti itu untuk mencari pekerjaan lain.

Saham perusahaan turun sebanyak 1,2 persen di Tokyo pada hari Rabu. Bandai Namco mengatakan bahwa tujuannya bukan untuk mendorong karyawan keluar dari perusahaan.

“Keputusan kami untuk menghentikan game didasarkan pada penilaian yang komprehensif terhadap situasi. Beberapa karyawan mungkin perlu menunggu beberapa waktu sebelum mereka ditugaskan untuk proyek berikutnya, tetapi kami terus melanjutkan penugasan ketika proyek-proyek baru muncul,” kata perwakilan Bandai Namco.

“Tidak ada organisasi seperti 'oidashi beya' di Bandai Namco Studios yang dirancang untuk menekan orang untuk keluar secara sukarela.”

Baca Juga: 4 Tips Membeli PS5 Bekas di 2024, Biar Nggak Menyesal

Bandai Namco adalah nama besar dalam industri game, yang berakar dari pengenalan judul arcade Pac-Man pada tahun 1980. Game-game mereka saat ini termasuk Dragon Ball dan Gundam.

Seperti para pesaingnya, perusahaan ini sekarang berada di bawah tekanan untuk memangkas biaya dan menyesuaikan diri dengan penurunan waktu yang dimiliki pengguna untuk bermain game.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI