Indogamers.com - Bethesda hampir kena masalah besar jelang perilisan game The Elder Scrolls V: Skyrim pada 2011 gegara semut-semut kecil.
Mantan produser Bethesda Jeff Gardiner mengungkap, salah satu artis game tanpa sengaja membuat ribuan semut kecil di dalam game.
Tindakan tersebut menyebabkan penurunan performa game Skyrim secara drastis.
Gardiner menjelaskan, kesalahan ini terjadi saat Mark Teare menambahkan semut ke dalam dunia game Skyrim dan tak sengaja mengatur agar tiap semut menjadi “shadow casters.”
"Ia secara tidak sengaja membuat semut-semut itu menghasilkan bayangan, lantas sistem pencahayaan harus memproses setiap bayangan kecil yang muncul," ujar Gardiner dalam laporan PC Gamer pada 23 Februari 2025.
Padahal, pada masa pengembangan game Skyrim, pemrosesan bayangan merupakan salah satu aspek paling berat karena terkait rendering grafis.
Ribuan semut kecil yang hampir tak terlihat ini justru membebani sistem, menyebabkan game berjalan lambat tanpa alasan jelas.
Baca Juga: 5 Fakta Terbaru Palworld Tembus 32 Juta Pemain dalam Satu Tahun di Tengah Gugatan Hak Paten

Selain masalah semut, Bethesda sempat menghadapi kendala akibat sistem kupu-kupu di dalam game.
Gardiner mengungkap, awalnya developer merancang mekanisme di mana kupu-kupu akan tertarik pada bunga yang dibawa oleh pemain.
Sistem tersebut membuat kupu-kupu dalam game harus terus-menerus memeriksa apakah pemain membawa bunga, sampai akhirnya justru memperlambat kinerja game.
"Mereka memasukkan kupu-kupu ke dalam Skyrim dan menambahkan sistem di mana kupu-kupu bisa mencium bunga di inventaris pemain, kemudian mengikuti mereka ke mana-mana," kata Gardiner.
Butuhkan waktu lama bagi Bethesda untuk menemukan penyebab masalah tadi sampai memperbaikinya sebelum game Skyrim rilis.
Gardiner menyebut kejadian ini cukup merepotkan, tetapi juga berkesan.
Baca Juga: Kenalin 5 Fakta Penting Haikyu!! Fly High, Game RPG Voli yang Sudah Buka Pre-Registrasi untuk Mobile
"Itulah serunya bekerja di Bethesda," ujar Gardiner. "Karena kesuksesan game-game kami, perusahaan induk, Zenimax, benar-benar membiarkan kami bekerja dengan leluasa."
Game Skyrim akhirnya dirilis 11 November 2011 dan menjadi salah satu game RPG paling sukses sepanjang masa.***