Tersandung Matchfixing, Roster Dota 2 Newbee Dijatuhi Hukuman Larangan Berlaga Seumur Hidup

null

Baik pemain maupun klub tak lolos dari hukuman berat

IDGS, Jumat, 5 Mei 2020 - Lima pemain divisi Dota 2 tim Newbee tersandung kasus pengaturan hasil pertandingan (matchfixing) dan dilarang seumur hidup berpartisipasi dalam semua turnamen yang digelar oleh Imba Media.

Sebagai penyelenggara turnamen, ImbaTV telah menyelidiki dugaan kasus matchfixing dan kemudian menyatakan bahwa kelima roster Dota 2 Newbee bersalah, sebelum kemudian menjatuhkan larangan tampil di semua turnamen Imba Media seumur hidup tersebut.

Turnamen di mana Newbee dianggap melakukan matchfixing kemungkinan besar adalah laga kualifikasi StarLadder ImbaTV Dota 2 Minor #3 pada Februari tahun ini, menurut caster Kyle 'Kyle' Freedman.

https://twitter.com/keepingitKyle/status/1261224484914298881?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1261224484914298881&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.joindota.com%2Fen%2Fnews%2F92290-newbee-receive-lifetime-bans-for-matchfixing%3Ffbclid%3DIwAR2jGekdJwnxEmGDUhX_dbiS0xTYT0lFIwif41LhNfPOrpQyMcNPfcxmTQU

Dalam laga melawan Avengerls di Upper Bracket ronder pertama, Avengerls memenangkan match pertama dan unggul jauh pada match kedua, namun beberapa kejanggalan terjadi yang membuat mereka tampak seperti sengaja kalah. Newbee pun memenangkan match kedua disusul kemenangan di match  ketiga membuat mereka keluar sebagai pemenang.

 

Tak hanya Imba Media saja yang menjatuhkan hukuman berat. CDA Alliance bentuk kerja sama dari Asosiasi Dota 2 Profesional China dan Liga Profesional Dota 2 juga menganggap Newbee sebagai klub eSport, telah bersalah dan menjatuhkan hukuman larangan tampil seumur hidup di turnamen yang digelar CDA Alliance (termasuk turnamen yang digelar dua pihak dari aliansi tersebut).

Ini berarti, Newbee eSports tidak bisa lagi berpartisipasi dalam DPL-CDA Professional League Season 1 dan China Dota2 Professional League Season 2 karena sudah bukan lagi bagian dari CDA.

Untuk kelima pemain yang menerima hukuman larangan berpatisipasi seumur hidup di turnamen Imba Media antara lain adalah: Xu 'Moogy' Han, Wen 'Wizard' Lipeng, Yan 'Waixi' Chao, Yin 'Aq' Rui, dan Zeng 'Faith' Hongda.

Sedangkan satu pemain lagi, Lai 'Fonte' Xingyu lolos dari hukuman berat tersebut karena tidak bermain dalam turnamen bersangkutan.

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI