300 Ribu Akun NNID Nintendo Dibobol Hacker

null

Nintendo mengungkapkan bahwa 300 ribu akun Nintendo Network ID (NNID) dibobol oleh hacker pada April lalu, atau 2 kali lipat dari yang diumumkan sebelumnya yakni 160 ribu

IDGS, Kamis, 11 Juni 2020 - NNID digunakan pada konsol 3DS dan Wii U, serta berfungsi memungkinkan pengguna untuk mengunduk konten serta menghubungkan sistem konsol mereka ke suatu dompet elektronik berbagi (shared e-wallet). Sistem akun baru menggantikan fungsi NNID pada Nintendo Switch, namun pengguna 3DS dan Wii U masih bisa menghubungkan akun mereka.

Hacker bisa saja telah menggunakan uang yang berhasil dicuri pada My Nintendo Store atau Nintendo eShop via uang virtual atau uang yang dihubungkan dengan akun PayPal. Informasi-informasi seperti nickname seorang user, tanggal lahir, dan alamat email kemungkinan juga telah terekspos ke hacker tersebut.

 

(James Bareham/The Verge)

Sebagai respon akan kebocoran keamanan siber tersebut, Nintendo mengeliminasi opsi bagi para pemilih Nintendo Switch untuk login ke akun Nintendo mereka via NNID. 300 ribu akun NNID yang telah dibobol hacker tersebut akan menerima reset password via email dari Nintendo. Sebagai tambahan, Nintendo juga mendorong para pemilik Switch untuk menggunakan sistem keamanan verifikasi dua langkah (two-step verification) pada akun mereka.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: The Verge

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI