Pemerintah India Blokir 59 Aplikasi dari China, Salah Satunya Mobile Legends

null

Keputusan cukup besar diambil Pemerintah India, yang pada Senin (29/6/2020) kemarin memblokir 59 aplikasi asal China, termasuk Mobile Legends dan Clash of Kings

IDGS, Selasa, 30 Juni 2020 - Keputusan pemblokiran 59 aplikasi tersebut diumumkan oleh Kementerian Teknologi Informasi India sebagai buntut dari meningginya tensi antara militer China dan India akan perbatasan Ladakh, serta akan adanya kecurigaan spionasi dari aplikasi-aplikasi asal China tersebut.

Mobile Legends: Bang Bang sendiri merupakan mobile game yang sangat populer di India, tak jauh beda dengan di Indonesia. Di Google Play sendiri, Mobile Legends telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali dan mendapat rating 4,2 dengan lebih dari 20 juta review.

Awal mula Mobile Legends dan kontroversi yang mengikutinya

Pengembangan Mobile Legends dimulai dari suksesnya peluncuran Magic Rush: Heroes, mobile game yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Moonton pengembang sekaligus publisher video game dari China. Game tersebut dirilis pada 2016 silam dan memperoleh popularitas masif di Asia Tenggara.

Akan tetapi perilisan Magic Rush: Heroes juga diwarnai kontroversi setelah munculnya gugatan hukum dari Riot Games dan perusahaan induknya, Tencent, karena dianggap menjiplak League of Legends (LOL).

Sebelumnya, Riot telah menghubungi Google untuk menghapus Magic Rush: Heroes dari PlayStore. Namun, Moonton sendiri menarik Magic Rush: Heroes dari Play Store. Menariknya, mereka kemudian meluncurkan kembali game tersebut dengan nama baru: Mobile Legends: Bang Bang.

Selain Mobile Legends dan Clash of Kings, banyak aplikasi-aplikasi populer yang diblokir oleh Pemerintah India, seperti TikTok, ShareIt, UCBrowser, dan masih banyak lagi di mana daftar lengkapnya bisa kalian lihat di sini.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: Times of India

Gambar Fitur: AFKgaming

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI