logo

Tips & Trick Ghost of Tsushima, Dari Mengintai Lewat Photo Mode Sampai Kemampuan Melambankan Waktu!

Stefanus Wahyu
Senin 20 Juli 2020, 21:43 WIB

Ghost of Tsushima telah rilis untuk platform PlayStation 4. Seberapa bagusnya atau tidaknya game ini, kita tidak menampik antusiasme para gamer dalam memainkannya. Maka dari itu Indogamers ingin berbagi tips dan trik bagi kalian untuk mempermudah petualangan Jin Sakai!

IDGS, Senin, 20 Juli 2020 - Sekilas gameplay dari Ghost of Tsushima terkesan rumit dan butuh ketelitian, terutama saat kalian menjadi "Ghost" yang lebih mengandalkan kelihaian dalam bersembunyi serta berusaha semaksimal mungkin untuk tidak menarik perhatian lawan.

Namun sebenarnya gameplay game ini tidaklah serumit yang dibayangkan, selama kamu telah mempelajari trik-trik di dalamnya seperti yang akan Indogamers bagikan di bawah ini, sehingga mampu membuat Jin menjadi seorang one-man-killing army!

Perhatikan burung kuning

Meski terkesan mengganggu, kerumuman burung kuning yang seperti hama bagi pulau tsushima dapat mengarahkanmu ke berbagai rahasia tersembunyi di pulau tersebut. Apabila kamu tidak melihat satu burung pun, kamu biasanya dapat mendengarkan suara mereka. Meski tidak selalu membawamu ke suatu tempat yang penting, biasanya mereka tidak pernah membawamu jauh-jauh dari tujuanmu.

Yang pasti, mereka dapat membawamu ke tiga obyek yang sangat berguna di dalam game!

Pemandian air panas

Mandi di pemandian air panas di Tsushima akan memberi Jin tambahan kecil namun permanen pada health-nya. Selain itu akan ada cutscene di mana Jin akan berintrospeksi. Apabila dihadapkan pada pilihan seperti "my legacy" atau "favorite foods" dan "the touch of a lover", pilih yang terakhir agar sisi kemanusiaan Jin tetap bertahan.

Batang Bambu

Menemukan batang-batang bambu akan menuntunmu untuk menyelesaikan sebuah mini-game. Setiap kali kamu menyelesaikan sebuah mini-game, resolve-meter akan meningkat dan membuatmu lebih mudah melakukan heal dan menggunakan jurus-jurus terkuat di dalam game dengan lebih leluasa.

Meski terbilang langka, ada petunjuk yang bisa kalian ikuti. Ada satu batang bambu di setiap prefektur. Jadi misalnya setelah kamu menemukan batang bambu di Tsutsu, kamu tak perlu lagi repot-repot mencari yang lain di sekitar Kishi Village.

Sarang Rubah

 

(Sucker Punch/Kotaku)

Apabila kamu bertemu dengan seekor rubah, ikuti dia. Binatang ini akan membawamu ke kuil Inari, yang mana dapat meningkatkan jumlah charm yang bisa kamu gunakan sekaligus. Setelah kamu menemukan sejumlah sarang rubah untuk membuka kelima slot charm, kamu akan menyadari bahwa masih ada kurang lebih 20 slot lagi. Kamu bisa terus mencari lagi sarang-sarab rubah hingga nantinya kamu akan mendapatkan 2 charm yang sangat kuat.

Traveler's Attire

Salah satu outfit di awal game, Traveler's Attire memang terlihat jelek. Namun apabila kamu mengenakannya dalam quest yang mengharuskan kalian mencari sesuatu, mengenakan outfit ini akan membuat controller-mu bergetar apabila berada di dekat suatu obyek yang bisa dikoleksi. Sayangnya jarak yang dimaksud tidak berdasarkan tinggi-rendah letak dari obyek tersebut. Jadi pastikan kamu mengecek tempat tinggi seperti lantai atas suatu bangunan.

Gunakan Photo Mode untuk mengintai

 

(Sucker Punch/Kotaku)

Kecuali pada saat cutscenes, kamu bisa masuk ke Photo Mode kapanpun dengan menekan tombol d-pad. Kamu bisa menggunakan controller untuk mengalihkan pandangan layarmu ke atas atau ke bawah secara signifikan. Ganti ke setting Focal Length, dan kamu bisa men-zoom hingga jarak 1km jauhnya. Fitur ini membuat Jin seperti memiliki kekuatan supernatural!

Terjun bebas dari tebing untuk menghemat waktu

Bagi kamu yang suka ketegangan, maka trik ini sangat cocok bagi kamu. Untuk menyingkat waktu karena ketinggian tebing yang kadang mengesalkan, kamu tinggal melompat terjun ke bawah. Ketika mendarat, gunakan skill Iron Will untuk membangkitkan dirimu dan quick-heal untuk berjaga-jaga agar kamu tidak mati diserang binatang buas. Meski trik ini memakan 3 resolve poin, cara ini cukup berguna untuk memangkas waktu yang tidak sedikit.;

Gunakan lokasi sampingan untuk berpindah cepat ke lokasi tujuan

Trik lama yang juga ada di berbagai game lain, seperti Far Cry atau Elder Scrolls. Karena kamu tidak bisa melakukan fast travel ke Mongol Outpost sebelum kamu menyelesaikan misi di sana, kamu bisa menggunakan trik ini untuk memangkas waktu. Caranya cukup dengan melakukan fast travel ke sarang rubah, batang bambu, atau pillars of honor di dekat Mongol Outpost. Mudah bukan?

Berbicara dengan semua NPC dengan tanda "...."

Di beberapa tempat publik di pulau Tsushima seperti kuil atau desa, kamu akan menjumpai warga-warga dengan tanda "...." pada balon percakapan mereka. Berbicara dengan semua NPC dengan tanda itu dan mereka akan menuntunmu ke lokasi-lokasi rahasia atau menemukan side-quest.

Selesaikan mythic quest sesegera mungkin

 

(Sucker Punch/Kotaku)

Quest dalam Ghost of Tsushima dibagi ke dalam tiga tipe: Jin's Story, Narrative Mission, dan Side-Quest. Sedangkan quest dengan ikon biru adalah mythic quest yang sebenarnya opsional, namun sangat pantas untuk diselesaikan sesegera mungkin. Setiap mythic quest memberimu hadiah yang sangat berpengaruh, seperti senjata, set armor, atau combat skill yang sangat kuat.

Amati pemimpin musuh sebelum membunuhya

Ada 4 stance pedang dalam Ghost of Tsushima: Stone, Water, Wind, Moon. Setiap stance memberi bonus damage ke class tertentu dari musuh. Pada awalnya kamu hanya akan memiliki Stone stance saja dan untuk meng-unlock tiga stance lain, kamu harus mengalahkan sejumlah pemimpin Mongol atau mengamati mereka dari jarak dekat selama beberapa detik tanpa terdeteksi.

 

(Sucker Punch/Kotaku)

Nah, dengan lebih dulu melakukan pengamatan tak terdeteksi tersebut lalu membunuh seorang pemimpin Mongol, maka kamu akan memperoleh 2 stance  point sekaligus dalam satu kali aksi. Lakukan ini di setiap pangkalan Mongol yang kamu temui dan kamu akan dapat meng-unlock Moon stance  yang sangat kuat sebelum menyelesaikan Act pertama.

Prioritaskan outpost Mongol yang besar terlebih dahulu

 

(Sucker Punch/Kotaku)

Tidak semua outpost Mongol diciptakan sederajat. Saat kamu sudah mulai menguasai combat, segera arahkan perhatianmu ke outpost-outpost besar Mongol dengan ikon seperti tenda di peta. Sebagian akan memberimu poin teknik penuh atau legend boost, serta bonus membuka peta lebih luas daripada menghancurkan outpost-outpost biasa.

Kemampuan melambankan waktu

Untuk mengalahkan musuh-musuh dalam Ghost of Tsushima, kamu pada akhirnya harus menguasai keempat sword stance, seperti berganti-ganti stance tergantung situasi.

Namun tahukah kamu bahwa menu stance-swapping menyembunyikan suatu fitur untuk melambankan waktu? Seperti yang bisa kalian lihat di bawah ini:

 

[/video]

 

Bunuh musuh secepat mungkin

Dengan segera membunuh musuh tanpa membiarkan mereka tersiksa oleh rasa sakit, kamu bisa memulihkan resolve bar Jin dengan cukup besar.

Unlock Wind Stance sebelum menyerbu Kastil Kaneda

Percayalah ini akan sangat membantumu! Tidak ada spoiler untuk sekarang.

Tingkat kesulitan lawan berdasarkan warna

Tidak ada tutorial yang menyebutkannya, namun dalam Ghost of Tsushima, setiap musuh memiliki tingkat kesulitan untuk dikalahkan yang berbeda-beda tergantung warna dari pakaiannya. Mulai dari yang paling mudah hingga paling sulit: Coklat, merah, biru, kuning, hijau.

 

Yak itulah tips dan trik yang Indogamers rasa akan sangat membantu perjalanan Jin dalam menumpas pasukan Mongol. Pelajari baik-baik dan manfaatkan semaksimal mungkin. Selamat bermain!

 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
Guides28 September 2024, 22:05 WIB

Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Milikmu Disimpan atau Tidak oleh Pengguna Lain

Biar gak penasaran lagi.
WhatsApp. (Sumber: Lemcrm)
Gadget28 September 2024, 21:10 WIB

Zero Flip, HP Lipat Pertama Dari Infinix yang Akan Rilis Secara Global

Infinix resmi memperkenalkan HP lipat pertama, Infinix Zero Flip yang akan hadir secara global.
Infinix Zero Flip (FOTO: GizmoChina)
Guides28 September 2024, 20:40 WIB

Penyebab Tidak Bisa Download di PlayStore & Cara Mengatasinya

Biasa dialami pengguna Android.
Logo Google PlayStore. (Sumber: Google Play)
Guides28 September 2024, 19:04 WIB

Cara Mudah Kirim Voice Message di iPhone

Untuk mengirim voice message di iPhone sendiri sebenarnya cukup mudah dilakukan.
Ilustrasi voice messgae iPhone (FOTO: idownloadblog.com)
Gadget28 September 2024, 18:04 WIB

Itel VistaTab 10 Mini: Tablet untuk Anak Harga Rp 1 Jutaan dengan Learning Center dan Parenting Control

Itel VistaTab 10 Mini juga dilengkapi dengan pusat belajar (learning center) anak yang bisa diakses secara gratis.
Itel VistaTab 10 Mini (FOTO: Itel)
News28 September 2024, 17:40 WIB

Intip Fitur Game 'Bleach: Rebirth of Souls', Luncurkan Trailer untuk Tokyo Game Show

Bleach: Rebirth of Souls meluncurkan Trailer pada Tokyo Game Show, mari kita intip fitur game yang ada.
Bleach Rebirth of Souls (FOTO: Bleach Rebirth of Souls)
Accessories28 September 2024, 16:05 WIB

Fungsi dan Cara Menggunakan Fitur Deteksi Insiden di Smartwatch Garmin

Garmin memiliki fitur deteksi insiden yang berguna untuk perlambatan atau benturan yang tiba-tiba dan drastis.
Ilustrasi fitur deteksi insiden di smartwatch Garmin (FOTO: forums.garmin.com)
News28 September 2024, 15:04 WIB

3 Fakta Terbaru Game Black Myth: Wukong, Bikin Lonjakan Wisatawan di China

Game Black Myth: Wukong yang dirilis pada 20 Agustus 2024 meraih penjualan 8,4 juta kopi dalam tiga hari.
Pagoda Kayu Kuil Fogong. (Sumber: China Daily)
Mobile28 September 2024, 15:00 WIB

Google Feud: Serunya Main Kuis Ala Family 100

Jika kamu ingin ikut merasakan bagaimana rasanya bermain kuis tebak kata yang seru maka sebaiknya coba game yang berjudul Google Feud.
Google Feud (FOTO: Google Feud)
Mobile28 September 2024, 14:51 WIB

Punishing: Gray Raven Kolaborasi dengan BLACK ROCK SHOOTER dalam Event Blazing Simulacrum

Kuro Games baru saja mengumumkan kolaborasi terpanas musim panas ini dengan menghadirkan dua karakter klasik yang sangat dicintai dunia.
Punishing: Gray Raven Kolaborasi dengan BLACK ROCK SHOOTER dalam Event Blazing Simulacrum (FOTO: Kuro Games)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+62851 8306 6952

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.