Israel Kembangkan Tank yang Dikendalikan Dengan Controller Xbox

null

Israel saat ini tengah mengujicobakan sebuah prototipe kendaraan tempur lapis baja (tank) yang menggunakan berbagai jenis teknologi modern, termasuk salah satunya adalah controller Xbox yang membuat prajurit mengendalikan kendaraan tersebut dalam pertempuran seperti tengah bermain video game. 

IDGS, Kamis, 30 Juli 2020 - Melansir laporan dari The Washington Post, tank tersebut dikembangkan oleh Israel Aerospace Industries (IAI), yang menggunakan masukan dari Israel Defense Force (IDF) serta remaja dari kaum sipil untuk mengembangkan sebuah sistem pengendalian tank yang familiar bagi generasi muda.

Selain controller Xbox, tank prototipe tersebut juga memiliki fitur unik lain seperti tablet yang menampilkan beragam informasi yang familiar bagi para pemain video game genre first-person shooter, seperti map, persediaan peluru, serta senjata apa saja yang tersedia.

 

Seorang dari Israel Aerospace Industries tengah mengoperasikan sistem dari Carmel Project, tank prototipe yang menggunakan controller Xbox, di wilayah utara Israel, 4 Agustus 2019. (Foto: Getty Images)

"Itu tidaklah persis seperti bermain Fortnite, namun mendekati, dan hebatnya mereka mampu mengendalikannya ke tingkat efektivitas operasi dalam waktu singkat," tutur komandan battalion Israel, Kolonel Udi Tzur kepada The Washington Post.

Menurut general Manager dari operasi sistem robotik IAI, Meir Shabtai, ia keheranan melihat bagaimana para prajurit Israel dengan kefamiliarannya akan controller Xbox, menghasilkan performa tinggi dalam uji coba.

"Mereka tahu di mana posisi tombol yang harus ditekan, dan mereka bisa mencapai performa yang jauh lebih baik dengan sistem tersebut [menggunakan controller Xbox)," akunya.

Mungkin nanti di masa depan, latihan militer juga akan menerapkan praktik bermain video game konsol? Siapa tahu.

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI