Benarkah Among Us Akan Diblokir di Indonesia? Jangan Asal Percaya, Baca Dulu!

null

Game yang tengah naik daun, Among Us, belakangan ini santer dikabarkan akan diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Benarkah demikian?

IDGS, Selasa, 22 September 2020 - Among Us sebenarnya sudah rilis 2 tahun lalu, namun belakangan setelah sering dimainkan oleh para streamer, game ini pun tiba-tiba saja menjadi berkali-kali lipat lebih ramai dari sebelumnya hingga popularitasnya menyaingi Fall Guys.

Berbasis dari game werewolf atau mafia, Among Us dianggap lebih interaktif dibandingkan kedua permainan klasik tersebut karena para pemainnya tidak hanya saling tuduh saja, namun juga menjalankan misi-misi sekaligus mencari siapa penyusup di antara mereka.

Ditambah dengan grafik simpel, karakter yang khas, serta mekanisme dasar gameplay yang mudah, Among Us merupakan senjata ampuh untuk membunuh waktu senggang tak kalah dari Fall Guys.

 

https://twitter.com/AREAJULID/status/1306934658588794880?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1306934658588794880%7Ctwgr%5Eshare_3&ref_url=https%3A%2F%2Fesportsku.com%2Fgame-among-us-diblokir-kominfo-benar-atau-tidak-ya%2F

 

Lantas, darimana datangnya kabar Among Us akan diblokir Kominfo? Dilihat dari sudut pandang manapun, rasanya sulit menemukan sisi negatif dari game ini selain tentunya, saling tuduh dan berbohong yang pastinya bisa ditolerir karena merupakan bagian dari permainan. Tetapi banyak orang yang percaya akan kabar angin tersebut, terutama di kalangan netizen. Kok bisa?

 

Berawal dari Lelucon sosmed

Rupanya kabar angin akan diblokirnya Among Us oleh Kominfo bermula dari lelucon di platform sosial media Twitter yang sebenarnya sudah pantas dibilang terlalu berlebihan, karena sampai membawa nama (serta foto gedung beserta logo) dari instansi resmi pemerintah.

Beredar tangkapan-tangkapan layar akan artikel berita yang mengabarkan bahwa seolah-olah Kominfo akan memblokir Among Us karena adanya pemberitaan (yang sendirinya adalah tangkapan layar fiktif editan) mengenai "efek negatif" bermain Among Us di Indonesia, yang menurut Indogamers amat disayangkan karena lelucon itu sudah melebihi batas.

 

Beberapa tangkapan layar akan artikel-artikel palsu yang memberitakan perihal pemblokiran Among Us. (Tangkapan layar/Twitter @AREAJULID)

Seperti editan dari artikel yang judulnya mengabarkan adanya kasus pembunuhan akibat cekcok yang dimulai dari Among Us. Atau pemberitaan mengenai sejumlah ormas yang meminta pemerintah segera menindak masalah-masalah sosial yang diakibatkan Among Us. Padahal jika diperhatikan lagi dari tanggal rilis artikel, penulis, judul, dan beberapa poin lainnya, jelas sekali bahwa artikel itu palsu alias HOAKS.

 

(InnerSloth/Steam)

Jadi bagi kalian yang mengemari Among Us, jangan khawatir bahwa game ini akan diblokir di Indonesia, karena semua itu hanyalah bercandaan sosmed yang berlebihan saja. Namun patut diingat, jangan terlalu tenggelam dalam permainan itu sendiri, hingga sampai cekcok dengan teman sendiri atau ketagihan bermain sampai lupa waktu dan kewajiban ya. Selamat bermain dan menemukan penyusup di pesawat luar angkasa kalian!

 

(stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI