logo

Belum Lama Rilis, Ini Berbagai Masalah yang Menerpa PS5 dan Xbox Series X

Stefanus Wahyu
Rabu 18 November 2020, 16:42 WIB

Namanya juga perangkat elektronik, masalah pasti selalu saja muncul. PlayStation 5 pun juga tidak luput dari masalah kendati baru-baru ini rilis. 

IDGS, Rabu, 18 November 2020 - PS5 akhirnya telah rilis pada 12 November sebagai konsol next-gen terbaru dari Sony. Akan tetapi sejumlah pemilik melaporkan berbagai isu pada konsol baru mereka itu.

Sayangnya masalah-masalah yang timbul di PS5 sepertinya tidak terkait akan game-game tertentu saja. Dan sampai artikel ini ditulis, satu-satunya cara yang diketahui untuk memperbaiki berbagai masalah itu adalah melakukan reset pabrik pada PS5.

 

(Sony)

Salah satu isu yang cukup banyak dilaporkan adalah penurunan performa yang drastis saat bermain, di mana beberapa pemain melaporkan konsol mereka mengalami freeze atau bahkan mati begitu saja. Masalah ini sepertinya berakar dari konsol PS5 itu sendiri karena muncul di berbagai judul game, termasuk game yang sepaket dengan PS5 Astro's Playroom.

Sony sejauh ini belum mengeluarkan solusi resmi untuk mengataasi berbagai masalah yang muncul di konsol terbarunya. Namun mereka menawarkan bantuan via pesan langsung di Twitter. Indogamers sarankan agar kalian yang mengalami masalah dengan konsol PS5 untuk langsung bertanya kepada Sony di Twitter/@AskPlayStation.

Selain masalah penurunan performa dalam gameplay, Push Square melaporan adanya pemilik PS5 yang mengklam bahwa konsol mereka harus menjalani database rebuild setelah mengalami korup. Push Square juga mengatakan bahwa staff mereka yang mencoba PS5 juga mengalami kendala yang sama saat mencoba memainkan game PS4 dari external storage. Konsol PS5 tiba-tiba mati lalu membutuhkan database rebuild.

Seseorang di Reddit mengaku bisa menyelesaikan isu tersebut hanya dengan restart. Namun tidak semua orang beruntung dan berhasil melakukannya.

Jeff Gerstmann, co-founder dan editor di Giant Bomb, mengidentifikasi masalah lain yakni ketika PS5 berada dalam rest mode ketika game Spider-Man Remastered tengah berjalan, seluruh sistem konsol itu mendadak crash dan ketika melakukan reboot, database PS5 harus menjalani rebuild.

Xbox Series X juga alami masalah

 

(Future)

PS5 tidak sendirian. Konsol next-gen Microsoft, Xbox Series X juga dilaporkan mengalami masalah. Beberapa pemilik melaporkan malfungsi disc drive di mana Xbox Series X tidak mau menerima input dari disc. Selain itu ada juga permasalahan suara keras, serta bug pada power yang membuat konsol itu tidak bisa digunakan.

https://twitter.com/Kohaku233/status/1326238093976932352

https://twitter.com/cliveysaur/status/1326162078185500673

Tentu saja, masalah asap tebal pada Xbox Series X yang ditepis Microsoft sebagai asap vape tidak termasuk dalam daftar masalah-masalah tersebut.

Seorang pemilik Xbox Series X mengunggah klip video di mana konsolnya mengeluarkan suara klik terus menerus, baik dalam posisi berdiri maupun terbaring.

YouTuber ThePapiGfunk membagikan video yang memperlihatkan masalah koneksi antara wireless controller dan konsol Xbox Series X. Sang konten kreator mengaku telah bicara kepada layanan Xbox Support, dan mereka menyarankannya untuk mengirim kembali konsol itu untuk kemudian ditukar dengan yang baru dalam 10-14 hari kerja.

Dia tidak sendirian, Microsoft help thread juga dipenuhi laporan yang serupa.

 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
Gadget20 Mei 2024, 15:10 WIB

Spesifikasi dan Harga Advan X-Play, Konsol Gaming dengan Fitur AI yang Siap Saingi Asus ROG Ally

Advan menghadirkan Handheld gaming PC terbaru yang bernama Advan X-Play dengan spesifikasi dan harga sebagai berikut.
Konsol game handhled terbaru, Advan X-Play yang siap saingi Asus ROG Ally (FOTO: Advan)
News20 Mei 2024, 14:52 WIB

Ghost of Tsushima Baru Saja Kalahkan Rekor God of War di Steam

Dari yang awalnya tersedia di PlayStation, Ghost of Tsushima akhirnya diberi kesempatan untuk melebarkan sayap ke PC melalui Steam.
Ghost of Tsushima. (Sumber: PlayStation)
Guides20 Mei 2024, 14:37 WIB

5 Tips Bermanfaat Membersihkan Virus Komputer tanpa Antivirus

Untuk membersihkan virus-virus pada komputer tidak selalu harus menggunakan antivirus, kamu bisa melakukannya tanpa antivirus dengan cara seperti berikut.
Ilustrasi virus pada komputer (FOTO: Acer)
News20 Mei 2024, 13:53 WIB

Take Two Akhirnya Spill Tanggal Rilis GTA 6, Benarkah akan Mundur?

Grand Theft Auto VI (GTA 6) telah memikat jutaan orang di seluruh dunia sejak merilis trailer perdana pada Desember 2023 silam.
Trailer GTA 6. (Sumber: YouTube.com/Rockstar Games)
News20 Mei 2024, 13:40 WIB

Kai Cenat Taklukan Elden Ring Setelah Habiskan 166 Jam Streaming dan 1.701 Death!

Kai Cenat, seorang streamer populer di Twitch, baru saja menyelesaikan salah satu pencapaian terbesarnya dengan menamatkan game Elden Ring.
Kai Cenat Taklukan Elden Ring Setelah Habiskan 166 Jam Streaming dan 1.701 Death! (FOTO: Gamerant.com)
News20 Mei 2024, 11:14 WIB

Fallout Bergabung dengan Fortnite, Kolaborasi Menjanjikan Dunia Pasca Kiamat dengan Dunia Battle Royale!

Fortnite terus menunjukkan dominasinya dalam dunia game dengan mengumumkan kolaborasi terbarunya bersama seri RPG pasca-apokaliptik yang ikonik, Fallout.
Fallout Bergabung dengan Fortnite, Kolaborasi Menjanjikan Dunia Pasca Kiamat dengan Dunia Battle Royale!(FOTO: Twitter/X @FortniteGame)
E-Sport20 Mei 2024, 10:47 WIB

4 Kontribusi Yawi Saat Bela Aura Fire di MPL ID S13, Lolos Playoff hingga Sumbang 28 Kills

Tristan "Yawi" Cabrera memberikan kabar kurang mengenakan bagi pendukung Aura Esports.
Aura Yawi (FOTO: Instagram.com/yawiesport)
News20 Mei 2024, 10:42 WIB

Karakter Ini Dirumorkan akan Jadi Protagonis Resident Evil 9

Panas dan semakin memanas. Begitu mungkin istilah yang tepat untuk menggambarkan berbagai rumor tentang Resident Evil 9 yang terus berkembang.
Resident Evil 9 (Sumber: Instant Gaming)
News20 Mei 2024, 10:20 WIB

Setting Latar Resident Evil 9 Dinilai akan Jauh Lebih Menarik dari Judul Lainnya

Rumor demi rumor tentang Resident Evil 9 terus berseliweran di internet menjelang perilisan yang kabarnya akan dijadwalkan tahun 2025 mendatang.
Zombie Dogs (FOTO: residentevil.fandom.com) (FOTO: residentevil.fandom.com)
News20 Mei 2024, 09:50 WIB

Ternyata, Dragon Age: Inquisition Juga Gratiskan Seluruh DLC-nya di Epic Games Store

Dragon Age: Inquisition menjadi salah satu game yang berhasil menarik atensi penggemar dalam event Mega Sale 2024 Epic Games.
Dragon Age: Inquisition GOTY Edition. (Sumber: Epic Games Store)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.