Twitch Hukum xQc Terkait Skandal Stream-Sniping di Event GlitchCon

null

Stream-sniping merupakan perbuatan tabu bagi profesional di dunia streamer, apalagi berada dalam naungan organisasi serta platform resmi. Kali ini Twitch menghukum xQc terkait praktik stream-sniping dalam kompetisi Fall Guys baru-baru ini. 

IDGS, Kamis, 19 November 2020 - Felix "xQc" Lengyel resmi mendapat hukuman ban dari platform game streaming Twitch untuk keempat kalinya, ditambah larangan tampil di seluruh event Twitch Rival selama 6 bulan menyusul skandal stream-sniping yang ia lakukan belum lama ini dalam kompetisi Fall Guys di GlitchCon.

Tak hanya itu, ia juga dihukum tidak mendapat uang hadiah dari kompetisi tersebut meski berhasil masuk 3 besar.

https://twitter.com/TwitchRivals/status/1329123842304974849

Skandal yang mendapat perhatian besar ini terjadi dalam kompetisi Fall guys di mana xQc yang sudah tereliminasi dari kompetisi, ikut masuk ke dalam permainan via matchmaking untuk membantu rekan-rekan setimnya dengan cara mengganggu para pemain lawan. Ia sempat menarik karakter Ben "DrLupo" Lupo dalam upaya untuk membuatnya tereliminasi meski gagal.

Meski kecurangan itu gagal, tindakan tidak sportif xQc itu mendapat kecaman keras dari banyak pihak karena kompetisi itu melibatkan uang di dalamnya, yakni USD 11 ribu atau sekitar IDR 156 juta untuk setiap anggota tim yang jadi juara.

 

Felix "xQc" Lengyel. (Twitch/xQc)

Sebelum menerima hukuman ban dari Twitch, xQc dikecam habis-habisan oleh komunitas streamer seperti Michael "shroud" Grzesiek yang mengaku sudah kehilangan respek terhadap eks pemain pro Overwatch itu.

xQc sempat meminta maaf lewat cuitan Twitter 15 November kemarin atas kelakuannya serta meminta para pendukungnya untuk berhenti membelanya. 10 jam sebelum artikel ini ditulis, xQc mengklaim bahwa dirinya di-ban 7 hari dari Twitch dan bahwa akan mendonasikan hadiah kemenangannya untuk amal meski dari pernyataan Twitch, dia tidak mendapat hadiah dari kompetisi Fall Guys di mana ia melakukan stream-sniping. Mungkin yang dia maksud adalah hadiah dari kompetisi lain atau ke depannya? Entahlah.

https://twitter.com/xQc/status/1329163364585631744

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI