logo

Wih, Seorang Ayah di Jepang Gunakan GTA untuk Mendidik Putrinya yang Baru Berusia 3 Tahun

Stefanus Wahyu
Jumat 25 Desember 2020, 16:49 WIB

Era di mana video game lekat dengan citra sebagai hiburan anak-anak telah lama luntur. Kini, semakin banyak judul-judul game yang berorientasi dewasa dengan tema atau topik cerita yang berat. 

IDGS, Jumat, 25 Desember 2020 - Salah satunya adalah serial Grand Theft Auto atau lebih dikenal sebagai GTA. Game ciptaan Naughty Dog yang identik dengan kekerasan ini jelas-jelas tidak diperuntukkan bagi anak-anak karena bertemakan sindikat kriminal, kejahatan, dan anarki.

Jika kamu melihat orang-orang yang memainkan GTA, pastinya kamu tidak akan heran apabila mereka melakukan berbagai keonaran dan menimbulkan kekacauan di dalam kota virtual di GTA, hingga rasanya itu telah menjadi hal yang lumrah.

Namun sepertinya kita perlu mengingat kembali bahwa tidak semua orang bermain GTA secara barbar. Bahkan jika digunakan secara tepat, GTA bisa jadi sarana mendidik anak yang bagus. Nah lho?

 

(Naughty Dog)

Hal ini rupanya dipraktikkan oleh seorang ayah di Jepang, yang mengajak serta mengawasi anak perempuannya yang baru berusia 3 tahun bermain GTA. Bagi yang mengetahui GTA, pasti akan terheran-heran, namun bila kamu mendengar ceritanya, mungkin kamu bisa memahami sudut pandang ayah tersebut.

Cerita ini pertama kali datang dari akun Twitter @sakai0129 yang membagikan cara mendidik anak dari temannya yang lain daripada yang lain, yakni menggunakan GTA.

"Ketika teman saya memberitahu saya bahwa 'Putriku yang berusia 3 tahun bermain GTA', saya pikir dia gila. Akan tetapi ia kemudian menjelaskan, 'Putriku tidak pernah mencuri mobil, menunggu lampu hijau di simpang jalan, seperti yang kita lakukan di dunia nyata. Ia juga naik helikopter hanya untuk menikmati pemandangan, dan juga naik kereta api," tutur @sakai0129.

"Teman saya bilang bahwa GTA adalah sarana pendidikan yang bagus, namun ia juga mengaku bahwa sangat sulit menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal jahat saat memainkannya".

 

(Naughty Dog)

Jadi alih-alih berbuat onar dan melakukan kejahatan, anak itu berperilaku seperti layaknya warga negara normal yang mematuhi peraturan serta tata krama di dunia GTA. Hal ini mengingatkan kita bahwa sebenarnya pilihan untuk tidak melakukan hal-hal buruk di dunia GTA itu telah ada sejak kita mulai bermain, hanya saja hampir semua orang tidak bisa menahan diri untuk tidak berbuat kejahatan atau keonaran.

Uniknya lagi, demi pendidikan sang putri, si ayah menggunakan sejenis kode cheat yang membuat NPC di GTA tidak seagresif aslinya. Sudah jadi rahasia umum bagi kalangan gamer bahwa NPC di GTA terbilang tidak sabaran dan bisa saja menonjok karaktermu hanya karena tak sengaja menyenggol bahunya.

Tentunya si ayah juga selalu menemani setiap saat putrinya bermain GTA demi mencegah perilaku normal putrinya di dalam game berubah menjadi tragedi. Setiap kali putrinya hendak menuju ke lokasi-lokasi yang kurang pantas dilihat anak kecil seperti klub striptis, maka sang ayah akan menghentikan putrinya dan membujuknya agar pergi ke lokasi lain.

 

(Naughty Dog)

Agaknya pola pikir orang-orang yang telah hidup selama bertahun-tahun memang telah terpengaruhi banyak hal, hingga hampir semua orang selalu ingin mencoba melakukan berbagai keonaran dalam GTA. Ada baiknya kita kembali mengingat bahwa opsi menjadi orang baik yang tidak berbuat seenaknya saja juga eksis di GTA, dan itu memungkinkannya menjadi sarana pendidikan anak yang tidak terpikiran sebelumnya.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: SoraNews24

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
News05 Juli 2024, 12:01 WIB

Series Halo, Serial TV dari Adaptasi Game yang Sukses

Berikut ini adalah pengenalan Series Halo yang merupakan adaptasi dari game
Serial TV Halo (FOTO: Prime Video)
PC05 Juli 2024, 11:30 WIB

4 Rekomendasi Game PC Menantang, Lawan Terberatnya Raksasa

Jika kamu suka ketegangan, berikut ini adala rekomendasi yang melawan monster raksasa
Ark Survival Evolve (FOTO: Ark Survival Evolve/Steam)
Console05 Juli 2024, 11:26 WIB

Ini Urutan Game God of War Biar Kamu Gak Bingung Alur Ceritanya

Berikut ini adalah urutan game God of War agar sesuai dengan kisah perjalanan hidup Kratos.
Game God of War (FOTO: PlayStation)
Community05 Juli 2024, 11:07 WIB

Festival Gamers to Gamers, Tempat Berkumpulnya Gamer Indonesia

Festival Gamers to Gamers adalah sebuah acara yang mempersatukan komunitas gamers dengan developer game lokal
Gamers to Gamers Festival Tahun 2022 (FOTO: The Lazy Game)
News05 Juli 2024, 11:04 WIB

Capcom Akhirnya Konfirmasi Soal Game Resident Evil yang Baru

Termasuk ketika Resident Evil menjadi game horor yang selalu dinanti-nantikan kehadirannya.
Game Resident Evil Village. (Sumber: Steam)
PC05 Juli 2024, 11:00 WIB

3 Rekomendasi Game Arcade Seru Khusus PC Gaming

Berikut ini adalah rekomendasi game arcade untuk kamu mainkan di PC
Street Fighter 6. (Sumber: Steam)
News05 Juli 2024, 09:58 WIB

Microsoft PHK Besar-Besaran Karyawan Divisi Xbox, Ada Apa?

Pada awal Juli 2024, Microsoft Kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada divisi Xbox. Hal ini telah terjadi di awal tahun 2024
Xbox Gamescom. (Sumber: Twitter.com/Xbox)
E-Sport05 Juli 2024, 09:58 WIB

EVOS Glory Gagal di MSC 2024, Begini Kata Para Penggemar

Permainan yang ditunjukkan EVOS Glory di ajang MSC 2024 terbilang buruk.
Evos Glory. (Sumber: Instagram.com/@evosesports)
E-Sport05 Juli 2024, 09:24 WIB

Hasil Mengecewakan, RRQ Akira Pulang Lebih Awal dari MSC 2024

Wakil Amerika Latin, RRQ Akira di ajang MSC 2024 x Esports World Cup (EWC) yang digelar di Arab Saudi, mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.
RRQ Akira. (Sumber: Instagram.com/@teamrrq)
E-Sport05 Juli 2024, 09:04 WIB

EVOS Glory Temani RRQ Akira, Angkat Koper Lebih Awal dari MSC 2024

Gelaran MSC 2024 yang menjadi bagian dari Esports World Cup (EWC) 2024 telah dimulai dengan beragam kejutan. Wakil Indonesia, EVOS Glory terpaksa harus pulang lebih awal setelah mengalami kekalahan.
Evos Glory. (Sumber: Twitter.com/@mplidofficial)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.