logo

Serba-Serbi Xiao, Kenali Kemampuan dan Build sang Vigilant Yaksha Sebelum Gacha!

Stefanus Wahyu
Rabu 27 Januari 2021, 17:19 WIB

Sepekan lagi akan jadi hari yang ditunggu banyak pemain Genshin Impact, dan tentunya miHoYo, karena Xiao akan segera hadir ke Teyvat sebagai playable character! 

IDGS, Rabu, 27 Januari 2021 - Pastinya miHoYo sudah mengantisipasi aliran uang kencang yang masuk ke kantong perusahaan pengembang video game asal China ini saat nanti Xiao dirilis pada 3 Februari 2021, mengingat betapa tingginya hype akan Xiao.

https://youtu.be/Wv-Tr-sSoCs

 

Bagi para pemain? Pastinya banyak dari mereka yang tangannya sudah gatal untuk nge-spam tombol Wish (gacha). Tak sedikit dari para pemain Genshin Impact yang rela menabung Primogem demi mendapatkan Xiao, bahkan Indogamers juga mendapati tak sedikit pemain yang memilih tidak mengambil Ganyu demi Xiao, hanya karena Xiao lebih cool dan memiliki gameplay yang asik.

Memangnya seperti apa kemampuan dan gameplay Xiao hingga membuat banyak orang ingin mendapatkannya? Langsung kita cek saja di bawah ini!

Biografi Xiao

Seorang yaksha adeptus yang mempertahankan Liyue. Juga dikenal sebagai "Conqueror of Demons" atau "Vigilant Yaksha".

  • Gelar: Vigilant Yaksha
  • Faksi: Adeptus Liyue
  • Elemen: Anemo
  • Ultah: 17 April
  • Astrolabe: Alatus Nemeseos
  • VA China: kinsen
  • VA Jepang: Matsuoka Yoshitsugu
  • VA Inggris: Laila Berzins

 

(miHoYo)

 

Talenta Aktif

Whirlwind Thrust

  • Normal Attack - Melakukan 6 serangan cepat menggunakan polearm.
  • Charged Attack - Mengonsumsi stamina untuk melakukan tusukan ke atas.
  • Plunging Attack: Terjun dari udara dan menyerang tanah di bawah, menyerang lawan yang ada menghadang di jalurnya serta menyebabkan AoE DMG saat mendarat. Xiao tidak akan mendapat DMG dari melakukan plunging attack.

Plunging attack akan menjadi serangan andalan Xiao non-C6, dikombinasikan dengan Elemental Burst-nya (yang menambah ketinggian loncatan). Ingat, efek dari senjata (The Black Sword) atau set artefak (Full Set Gladiator, Martial Artist) yang memberi bonus damage terhadap Normal/Charged Attack tidak berlaku bagi plunging attack!

Elemental Skill: Lemniscatic Wind Cycling

Xiao menerjang ke arah depan, menghasilkan Anemo DMG ke musuh yang menghalanginya.

  • Bisa digunakan di udara
  • Memiliki maksimal 2 charge (3 untuk C1 Xiao).

Tanpa mengaktifkan Elemental Burst-nya, skill ini lebih berperan sebagai pengisi energi dan mengatur ulang posisi Xiao. Dari trailer yang dirilis miHoYo, kemungkinan besar skill ini tidak akan menghasilkan energy orb ketika digunakaan saat Elemental Burst Xiao aktif. Apabila terbukti benar, maka ini berarti Xiao akan jadi karakter yang sangat egois nantinya seperti Razor dan kurang cocok digunakan dalam tim dengan orientasi quick swapping dan spam burst.

 

(miHoYo)

 

Elemental Burst: Bane of All Evil

Xiao mengenakan Topeng Yaksha yang membuat dewa maupun iblis bergetar beberapa milenium lalu.

  • Meningkatkan kemampuan loncat Xiao secara drastis
  • Meningkatkan AoE dan DMG dari Whirlwind Thrust (Normal/Charged/Plunging Attack)
  • Mengubah jenis DMG Xiao menjadi Anemo DMG yang tidak bisa diganti dengan infusi elemental lainnya (Bennet C6, Elemental Skill Chongyun).
  • Saat Elemental Burst ini aktif, Xiao akan kehilangan sebagian HP (bukan max HP) setiap detiknya.
  • Efek-efek dari Elemental Burst ini berhenti ketika Xiao meninggalkan medan pertempuran (ditukar dengan karakter lain).

(miHoYo)

Merupakan trademark dari Xiao, yang membuatnya mampu meloncat sangat tinggi sehingga bisa melancarkan plunging attack secara terus-menerus selama durasi Elemental Burst ini belum berakhir atau Xiao belum diganti karakter lain. Elemental Burst ini memaksa pemain membangun party yang fokus untuk men-support Xiao terutama dari segi energi. Jika dalam party tidak ada karakter Anemo selain Xiao, disarankan untuk menggunakan senjata dengan secondary stat energy recharge, atau sand of eons dengan stat utama energy recharge. Xiao kurang berguna jika Bane of All Evil tidak aktif.

Talenta Pasif

Transcension: Gravity Defier

Mengurangi konsumsi stamina saat memanjat bagi seluruh anggota party sebanyak 20%. Tidak bisa ditumpuk dengan talenta pasif karakter lain dengan efek serupa.

Conqueror of Evil: Tamer of Demons

Ketika berada dalam efek Bane of All Evil, seluruh DMG yang dihasilkan XIao meningkat sebesar 5%. DMG akan semakin meningkat sebanyak 5% setiap 3 detik selama Bane of All Evil masih aktif dengan maksimal bonus mencapai 25%.

Dissolution Eon: Heaven Fall

Menggunakan Lemniscatic Wind Cycling meningkatkan DMG dari penggunaan Elemental Skill berikutnya sebesar 15% jika dieksekusi dalam jangka waktu 7 detik setelah Xiao menggunakan Lemniscatic Wind Cycling pertama. Maksimal 3 stack. Mendapatkan 1 stack baru dari efek ini me-refresh durasinya.

Konstelasi

C1. Dissolution Eon: Destroyer of Worlds

Meningkatkan jumlah maksimal charge dari Lemniscatic Wind Cycling sebanyak 1 (maksimal 3 charge).

C2. Annihilation Eon: Blossom of Kaleidos

Ketika berada dalam party namun tidak sedang digunakan, Energy Recharge Xiao meningkat sebesar 25%.

C3. Conqueror of Evil: Wrath Deity

Meningkatkan maksimal level dari Lemniscatic Wind Cycling sebanyak 3, maksimal level menjadi 15.

C4. Transcension: Extinction of Suffering

Ketika HP Xiao kurang dari 50%, ia akan mendapat bonus DEF sebesar 100%.

C5. Evolution Eon: Origin of Ignorance

Meningkatkan maksimal level dari Bane of All Evil sebanyak 3, maksimal level menjadi 15.

C6: Conqueror of Evil: Guardian Yaksha

Ketika Xiao tengah berada dalam efek Bane of All Evil dan mengenai minimal 2 musuh menggunakan plunging attack akan memberi Xiao 1 charge Lemniscatic Wind Cycling dan untuk 1 detik berikutnya, Xiao bisa menggunakan Lemniscatic Wind Cycling tanpa cooldown.

 

(miHoYo)

Pendapat Indogamers akan Xiao

Role

Tidak usah diragukan lagi, peran Xiao sudah pasti adalah Main DPS. Yang jadi masalahnya adalah, Xiao kemungkinan akan jadi Main DPS super egois bahkan bisa jadi lebih egois dari Razor. Mungkin itu sebabnya pengisi suara versi Jepang Xiao sama dengan Kirito (Sword Art Online). Dengan efek Bane of All Evil yang akan hilang jika Xiao ditukar dengan karakter lain, pemain dipaksa menggunakan Xiao sesering mungkin dan jarang berganti karakter.

Indogamers masih menunggu bagaimana nanti mekanisme Lemniscatic Wind Cycling saat Bane of All Evil aktif. Apabila Elemental Skill itu tidak menghasilkan energi saat Bane of All Evil aktif, maka sulit menggunakan Xiao dalam party quick swapping dan spam burst karena kehadiran Xiao membuat tiga karakter lain kesulitan mengisi energi.

https://youtu.be/nOTm7ur4eZo

 

Party

Komposisi party paling ideal bagi Xiao, sejauh yang Indogamers lihat adalah setidaknya memiliki 1 karakter Anemo selain Xiao. Jean jadi pilihan ideal untuk slot healer karena selain berelemen Anemo, Jean juga berperan sebagai debuff cleanser dengan Elemental Burst-nya dan bisa jadi support DPS apabila Bane of All Evil belum bisa digunakan. Barbara juga bisa jadi kandidat healer lain, sedangkan Qiqi kurang optimal karena ia tidak konsisten dalam memberi energi.

Venti atau Sucrose juga bisa jadi pilihan apabila kamu tidak memiliki Jean. Hanya saja khusus Venti, karena Elemental Burst-nya mengangkat musuh ke udara (dengan beberapa pengecualian), maka DMG dari plungin attack Xiao jadi kurang maksimal karena selisih ketinggian dengan musuh jadi lebih dekat. Plunging attack sendiri memberi DMG lebih besar dengan semakin melebarnya selisih ketinggian Xiao dengan lawan di bawahnya.

Untuk support lain, Fischl dan Xiangling bisa jadi support yang bagus bagi Xiao karena Guoba dan Oz bisa ikut aktif menyerang saat Xiao menggunakan Bane of All Evil. Kedua karakter ini juga cukup mumpuni dalam memberi energi.

Satu slot terakhir bisa lebih kreatif. Kamu bisa memilih menggunakan karakter Geo untuk survival (Zhongli, Noelle) atau karakter dengan elemen lain yang bisa dikombinasikan dengan karakter support satunya lagi untuk menghasilkan reaksi elemen. Bennet dan Diona juga bisa jadi pilihan. Kamu juga bisa menempatkan support DPS apabila tidak menggunakan Jean. Ini untuk jaga-jaga apabila Elemental Burst Xiao belum bisa digunakan, sehingga tim kamu masih bisa memberi DMG kepada lawan sampai Xiao bisa digunakan lagi.

Senjata

Sejauh ini, sepertinya Primordial Jade Winged-Spear jadi pilihan terbaik bagi Xiao. Opsi kedua adalah Deathmatch atau Blackcliff Polearm. Apabila kamu menggunakan Xiao sebagai satu-satunya karakter Anemo dalam party, disarankan menggunakan polearm dengan secondary stat Energy Recharge atau Sand of Eons Energy Recharge.

Artefak

Set artefak yang cocok bagi Xiao bisa dibilang paling terbatas dibandingkan karakter-karakter lain. Sejauh ini yang Indogamers perkirakan, hanya 2x Viridescent Venerer (VV) dan 2x Gladiator saja yang cocok bagi Xiao. 4x VV tidak pas bagi Xiao karena ia tidak mengandalkan DMG dari Swirl, yang bergantung pada level karakter dan Elemental Mastery serta tidak memiliki scaling bagus untuk late game. Untuk stat utama setiap artefak, bisa dilihat di bawah ini:

  • Flower: HP
  • Feather: ATK
  • Sand: ATK%/Energy Recharge jika Xiao satu-satunya karakter Anemo dalam Party
  • Goblet: Anemo DMG Bonus
  • Circlet: Critical Rate/Critical DMG

Untuk prioritas substat artefak bagi Xiao adalah: Crit DMG > Crit Rate > ATK% > Energy Recharge > ATK.

Itulah ulasan Indogamers akan Xiao, sang Vigilant Yaksha, penakhluk para iblis. Semoga ulasan ini dapat membantu kalian. Xiao akan datang ke Teyvat secara resmi pada 3 Februari 2021.

 

(stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
E-Sport05 Oktober 2024, 23:44 WIB

Hasil Pertandingan Liga 1 Esports Nasional 2024: Siapa Unggul Hari Ini?

Liga 1 Esports Nasional 2024 resmi dimulai, masing-masing tim yang akan bertanding siap meriahkan panggung Liga1 Esports Nasional 2024 di hari pertama ini.
Hasil Pertandingan Liga 1 Esports Nasional 2024: Siapa Unggul Hari Ini? (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
E-Sport05 Oktober 2024, 23:37 WIB

Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Diselenggarakan, Dukung Tim Kesayangan Kamu dan Ikuti Ragam Keseruan di Lokasi Gratis!

Liga Esports Nasional 2024 resmi dimulai, masing-masing tim yang akan bertanding siap meriahkan panggung Liga1 Esports Nasional 2024 di hari pertama ini.
Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Diselenggarakan (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
E-Sport05 Oktober 2024, 23:27 WIB

Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Dibuka! Simak Berbagai Keseruan di Lokasi

Liga 1 Esports Nasional 2024 resmi dibuka hari ini, diselenggarakan secara Offline di Mall Taman Anggrek Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.
Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Dibuka! (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

Bocoran Soal Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Air M2

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple MacBook Air M2:
MacBook Air M2 13-Inch. (Apple Insider)
Gadget05 Oktober 2024, 17:30 WIB

Daftar Keunggulan dan Kelemahan Apple iPad Pro 12.9

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple iPad Pro 12.9:
Apple iPad Pro 12.9 (Foto: Digital Trends)
Gadget05 Oktober 2024, 17:04 WIB

Membedah Apple iPad Air 13: Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Diketahui

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple iPad Air 13:
iPad Air 13 (FOTO: iPad Air 13)
News05 Oktober 2024, 16:07 WIB

Palworld Resmi Tersedia untuk PS5 di Jepang, Kapan Ready di Indonesia?

Setelah sempat tertunda, game Palworld dari Pocketpair, yang menghadirkan pengalaman bertahan hidup ala Pokémon, kini akhirnya tersedia di PS5 untuk wilayah Jepang.
Palworld. (Sumber: Gamerant)
News05 Oktober 2024, 15:44 WIB

Diablo 4 Dikonfirmasi Akan Menuju PS5 Pro dengan Berbagai Peningkatan

Activision Blizzard mengonfirmasi bahwa game Diablo 4 serta ekspansinya, Vessel of Hatred, akan mendapatkan peningkatan khusus untuk PS5 Pro.
Diablo 4 (FOTO: Blizzard)
Gadget05 Oktober 2024, 15:01 WIB

Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Air M3: Panduan untuk Pembeli Cerdas

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple MacBook Air M3:
MacBook Air M2 13-Inch. (Apple Insider)
Gadget05 Oktober 2024, 14:20 WIB

Sepsifikasi Apple iPad Air 13. Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Kamu Tahu

Berikut adalah sepsifikasi, kelebihan dan kekurangan Apple iPad Air 13 yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membelinya
iPad Air 13 (Foto: YouTube/Karl Conrad)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+62851 8306 6952

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.