Pengembang Call of Duty, Activision, Digugat Karena Diduga Plagiat Karakter Mara

null

Pengembang video game Activision menghadapi tuntutan hukum terkait Mara, karakter dari dua judul serial Call of Duty, yakni Modern Warfare dan Warzone. 

IDGS, Senin, 15 Februari 2021 - Seorang fotograper dan penulis bernama Clayton Haugen mengklaim bahwa Mara merupakan karakter yang dibuat berdasarkan Cade Janus, karakter orisinil yang ia desain. Karakter tersebut juga diperankan secara live action oleh Alex Zedra yang juga merupakan model dari karakter Mara.

Rilis press dari Firma Hukum Potts yang mewakili Haugen mengatakan bahwa ia menciptakan karakter Cade Janus untuk menarik perhatian dari perusahaan-perusahaan produsen film, di mana ia mengaku telah mengunggah foto Alex Zeda memerankan Cade Janus di situsnya yang kelihatannya sudah tidak aktif lagi. Namun foto tersebut muncul di akun Instagramnya meski tidak menyertakan nama maupun detail dari karakter itu.

Karakter Mara dalam Call of Duty (CoD) disebut baru diciptakan beberapa tahun setelah Cade Janus diciptakan Haugen, di mana Mara menjalani debutnya di serial CoD dalam Modern Warfare season 1. Kemudian Mara juga tampil dalam Call of Duty Mobile dan Warzone.

 

Karakter Mara dalam Modern Warfare dan Warzone yang diperankan oleh model Alex Zedra. (Instagram/alex_zedra)

Tuntutan hukum kepada Activision itu menuduh mereka menggunakan karakter Cade Janus ciptaan Haugen dalam mengembangkan karakter Mara, dan juga menggunakan model serta make up artist yang sama dengan yang digunakan Haugen untuk menggambarkan Cade Janus secara nyata. Tuntutan itu juga menyebut bahwa mereka yang terlibat dalam pengembangan Cade Janus telah menandatangani perjanjian pelarangan mengungkap informasi terkait karakter tersebut.

 

Karakter Cade Janus ciptaan Clayton Haugen yang juga diperankan oleh model Alex Zadra. (Instagram/claytonhaugen)

Activision sebelumnya telah sukses membela diri dari sejumlah tuntutan hukum, salah satunya seperti kasus penggunaan kendaraan Humvee dalam serial Call of Duty oleh General Motors sebagai produsen kendaraan itu.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: Gamespot

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

News

5 Novel Game Terbaik yang Harus Kamu Baca Minggu 06 Oktober 2024, 16:05 WIB