Komedian 'El Risitas', Wajah dari Emote 'KEKW' di Twitch, Meninggal di Usia 65 Tahun

null

Komedian asal Spanyol, Juan Joya Borja yang lebih dikenal sebagai "El Risitas", meninggal dunia di Sevilla di usia 65 tahun. Ia adalah wajah dibalik emote "KEKW" di platform game streaming Twitch

IDGS, Kamis, 29 April 2021 - Melansir pemberitaan ABC Seville, Borja meninggal pada Rabu (28/4/2021) di Rumah Sakit Universitas Virgen de Rocio, Spanyol, karena penyakit yang dideritanya.

Lebih dikenal sebagai "El Risitas" yang berarti "cekikikan" dalam bahasa Indonesia, Borja dikenal sebagai salah satu meme paling populer di internet. Ia meraih kepopulerannya pada 2007 silam ketika tampil dalam program televisi Spanyol "Ratonis Coloraos" yang dibawakan oleh host Jesus Quintero.

 

https://youtu.be/WDiB4rtp1qw

 

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube acara TV itu di YouTube 14 tahun lalu, Quintero menanyakan pengalaman buruk Borja saat bekerja sebagai asisten dapur. Borja menceritakan bagaimana ia meninggalkan 20 panci kotor setelah digunakan untuk menggoreng Paella di tepi laut masing-masing diikat ke sebuah tongkat dengan harapan air laut dapat membantunya "membersihkan" panci-panci itu. Ia meninggalkan panci-panci itu semalaman di tepi laut, dan ketika keesokan harinya Borja kembali. ia mendapati hanya 1 panci saja yang tersisa. 19 Panci lain ternyata telah tersapu oleh ombak.

Cerita Borja itu membuat Quintero dan Borja tertawa sampai keduanya menggebrak meja. Quintero tampak berusaha menahan tawa namun Borja tertawa cekikian.

 

Komedian asal Spanyol, Juan Joya "El Risitas" Borja meninggal dunia di usia 65 tahun. Semasa hidup ia dikenal sebagai salah satu tokoh yang menginspirasi banyak meme dan parodi berkat video dirinya tampil di sebuah program televisi di Spanyol tahun 2007. (Foto: ABC Seville)

Video acara "Ratonis Coloraos" itu pun kemudian diunggah ke Reddit oleh u/tormarod pada 2014 dan langsung jadi sensasi di internet. Banyak orang kemudian membuat video itu jadi meme dengan memberi subtitle parodi yang menyindir berbagai hal yang tidak ada kaitannya dengan cerita Borja, seperti misalnya subtitle yang menyindir politikus Mesir hingga produk-produk Apple.

Kepopuleran Juan Joya "El Risitas" Borja pun membuat wajahnya dijadikan  sebagai emoticon KEKW di ekstensi FrankerFaceZ untuk Twitch.

Borja telah dirawat di rumah sakit sejak September 2020 dan salah satu kakinya harus diamputasi karena penyakit yang dideritanya. Melansir BBC.com, Borja sempat mengucapkan terimakasih kepada para penggemarnya yang telah mengumpulkan dana demi membelikannya sebuah skuter elektrik khusus penyandang disabilitas yang memudahkannya bergerak.

Selamat tinggal El Risitas, terima kasih telah membuat banyak orang tertawa oleh guyonanmu, video-video parodimu, hingga meme-meme berdasarkan dirimu.

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI