logo

Usul Agar Battlegrounds Mobile India Di-ban, Politikus India Kena Ejekan Rasis dari 2 YouTuber

Stefanus Wahyu
Rabu 26 Mei 2021, 16:52 WIB

Kembalinya PUBG Mobile ke India sebagai Battlegrounds Mobile India oleh Krafton menggembirakan banyak gamer di sana. Akan tetapi kembalinya PUBG ke India itu memicu permasalahan baru yang bahkan melibatkan politikus. 

IDGS, Rabu, 26 Mei 2021 - Setelah sempat dilarang di India karena pertikaian negara itu dengan China di perbatasan Himalaya semakin memanas disertai kekhawatiran akan keamanan privasi warga India, Krafton membawa kembali PUBG Mobile ke India dengan brand baru, Battlegrounds Mobile India yang disebut telah disesuaikan dengan segala regulasi yang ditetapkan pemerintah di sana.

Namun belum lama berjalan, Battlegrounds Mobile India kembali jadi kontroversi setelah eks menteri serikat pekerja India dan anggota dari badan legislatif negara bagian Arunachai Pradesh, Ninong Ering, menulis surat kepada Perdana Menteri Narendra Modi agar melarang Battlegrounds Mobile India yang ia sebut sebagai "peluncuran ulang dari PUBG Mobile".

Dalam surat yang ia unggah lewat akun Twitternya @ninong_ering pada 22 Mei 2021 itu, Ering menyatakan bahwa para pegawai Krafton India berasal dari Tencent perusahaan gim terbesari di China, dan bahwa kemasan Battlegrounds Mobile India di Google Play Store mengandung nama "PUBG Mobile". Selain itu ia juga menyebut investasi Krafton senilai USD 22,4 juta ke firma eSports Nodwin sebagai "masalah keamanan".

Rasisme

Hanya saja, ini bukanlah masalah utamanya. Meski politikus boleh-boleh saja menyuarakan penolakan, tentunya butuh waktu sebelum ada tindakan nyata. Masih banyak prosedur yang harus dilewati agar usulan Ering itu diimplementasikan kalau pun disetujui tentunya.

Sayangnya usulan Ering itu memicu emosi dari dua content creator asal India, yang kemudian memilih rasisme untuk mengungkapkan ketidaksukaan mereka akan protes Ering.

 

GTXpreet. (Instagram/@gtxpreetyt)

Mereka adalah GTXPreet (Inder Preet) dan pemain profesional PUBG Mobile, 420 Gaming (Shivamm Raghav). Keduanya tertangkap basah oleh akun Instagram Kyum Vlogs dan kanal YouTube Lenzing Weekly menghina Ninong Erling dengan menyebutnya sebagai orang China.

Dalam sebuah sesi livestreaming IGXPreet, seorang penonton menanyakan apakah Battlegrounds Mobile India jadi diluncurkan atau tidak menyusul pernyataan politikus (Ninong Ering) agar gim itu tidak di-ban di India.

Inilah respon dari IGXPreet melansir translasi dari AFKGaming:

"Perkataan menteri mana yang kamu maksud? Ia (Ninong Ering) tidak terlalu terkenal, kamu seharusnya melupkannya saja. Lihat mukanya, ia sendiri terlihat seperti orang China bagiku."

420 Gaming alias Shivamm "420op" Raghav adalah seorang pemain profesional PUBG Mobile yang sebelumnya bermain bagi Lightzout eSports. Dalam sebuah livestream di kanal YouTubenya, 420 Gaming tertangkap basah menyindir nama Ninong Ering, juga dilansir dari translasli AFKgaming:

"Mereka yang terus berkata bahwa PUBG Mobile, sekarang Battlegrounds Mobile India, berasal dari China lihat namamu sendiri. Namamu itu nama China. Lihat nama dari orang yang membuat tweet ini."

 

420 Gaming alias Shivamm Raghav. (Instagram/@ig_420op)

Mengingat bahwa keduanya sama-sama publik figur di komunitas PUBG Mobile India, komentar mereka tentu sangat tidak pantas untuk dilontarkan. Dan hal ini berpotensi bisa menimbulkan masalah bagi kembalinya PUBG Mobile di India.

IGXPreet kini memiliki hampir 2 juta pengikut. Sedangkan 420 Gaming berstatus pemain profesional.

Reaksi Ninong Ering

Kepada Northeast Now, Ninong Ering mengaku akan merespon komentar dari dua content creator itu dengan cara yang sepantasnya. Ia mengaku memiliki sebuah tim yang tengah menyelidiki kedua content creator itu, dan kemudian akan mengajukan komplain kepada Kepolisian Arunachai Pradesh.

Kasus rasisme ini bukanlah hal baru bagi Ninong Ering. Seorang YouTuber India lainnya bernama Paras Singh pada 22 Mei 2021 membuat sebuah video sebagai respon akan usul Ering melarang Battlegrounds Mobile India di mana Paras Singh menyebut Ninong Ering sebagai "non-India" dan bahwa Arunachai Pradesh adalah "bagian dari China".

https://twitter.com/PemaKhanduBJP/status/1396765084597186564?s=20

Paras Singh pada akhirnya ditahan oleh Kepolisian Ludhiana dan kini berada di bawah pengawasan dari Kepolisian Arunachai.

 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
News07 Juli 2024, 16:15 WIB

Dikembangkan Satu Orang, Dead Season Siap Gebrak Industri Game Tahun Ini

Satu lagi game besar yang siap dirilis tahun ini dan akan menambah daftar game horor yang seru. Ya, judulnya adalah Dead Season yang masih dalam tahap pengembangan.
Dead Season. (Sumber: Steam)
News07 Juli 2024, 13:45 WIB

Akhirnya Terungkap! DLC Trevor GTA 5 Batal Rilis karena Hal Ini

Rockstar Games seperti yang kita tahu, sebenarnya ingin menghadirkan DLC Trevor GTA 5 yang dinilai akan sangat mengagumkan.
GTA 5. (Sumber: Rockstar Games)
News07 Juli 2024, 13:19 WIB

Kalah Terus! Reza Arap Banting Stick saat Main Elden Ring

Kehebatan Reza Arap dalam bermain game, enggak usah diragukan lagi guys.
Reza Arap main game. (Sumber: Instagram.com/@ybrap)
Community07 Juli 2024, 13:01 WIB

Summoners Festival Jakarta Dimeriahkan Kehadiran 4 Guest Cosplayer

Keempat orang guest cosplayer yaitu Miyuki sebagai Ellia, Mellorine sebagai Lapis, Monta sebagai Shizuka, dan Chelyn Chan sebagai Rica.
Cosplayer Summoners War di Summoners Festival dalam rangka perayaan ulang tahun.
News07 Juli 2024, 11:20 WIB

Penggemar Resident Evil 9 Disarankan Awasi Perkembangan Game Zombie Dead Season

Masih menjadi atensi publik tentang bagaimana Resident Evil 9 dibuat begitu detail dan lama, sehingga diharapkan bisa menjadi game horor yang memuaskan.
Dead Season. (Sumber: Steam)
Reviews07 Juli 2024, 11:03 WIB

Diunduh 250.00 Kali, Demo Playable Game Horor Psikologis Luto Banjir Pujian

Game ini merupakan hasil kolaborasi penerbit video game global SelectaPlay dan pengembang Broken Bird Games.
Game horor Luto mendapat pujian luas dalam demo yang dilakukannya
News07 Juli 2024, 10:36 WIB

Dragon Age: The Veilguard akan Dilengkapi dengan Fitur Transmog, Apa Itu?

BioWare sudah mulai mengumumkan berbagai detail Dragon Age: The Veilguard sebagai salah satu game andalan di tahun ini.
Dragon Age: Dreadwolf. (Sumber: BioWare)
Community07 Juli 2024, 10:04 WIB

Asyik, Penggemar Point Blank Dapat Coaching Clinic dari Pro Player dan Caster

Coaching Clinic tersebut dibawakan oleh caster kondang yaitu Vamos, Rymot, Rere Bredel, dan juga pro player Iqbal “mndhunter” Equanimity dan Maria Leona.
Event Community Gathering Point Blank dalam rangka ultah ke-15.
E-Sport07 Juli 2024, 09:49 WIB

Respon Pedas Udil Surbakti Usai Jadi Satu-satunya Wakil Indonesia di MSC 2024

MSC 2024 yang digelar di Arab Saudi menjadi ajang pembuktian yang luar biasa bagi Udil Surbakti. Setelah pindah ke tim HomeBois, Malaysia
Udil Surbakti. (Instagram.com/@udilsurbakti)
E-Sport07 Juli 2024, 09:16 WIB

Fnatic ONIC dan EVOS Glory Pulang tapi Masih Ada Nama Indonesia di MSC 2024

Fnatic ONIC sejatinya menjadi harapan besar bagi penggemar Mobile Legends: Bang Bang di Indonesia dalam ajang MSC 2024.
Fnatic Onic, benarkah meremehkan lawan di MSC 2024?
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.