logo

Marci, Primal Beast, dan Wraith Pact Dapat Nerf Signifikan di Dota 2 Patch 7.32d

Stefanus Wahyu
Kamis 01 Desember 2022, 15:24 WIB

Valve telah merilis patch 7.32d pada hari perdana bulan Desember ini untuk menyeimbangkan hero jelang dimulainya Dota Pro Circuit (DPC) musim 2022-23. 

IDGS, Kamis, 1 Desember 2022 - Patch ini juga utamanya memperbaiki beberapa bug seperti Fiend's Gate Underlord yang bisa "dibunuh" oleh ultimate Exorcism dari Death Prophet. Selain itu patch tersebut juga me-nerf hero-hero meta di The International 11 (TI11) seperti Marci dan Primal Beast.

Patch 7.32d juga menjadi penanda berakhirnya dominasi item Wraith Pact. Kamu bisa membaca changelog lengkapnya di situs resmi Dota 2.

Nerf signifikan pada patch 7.32d Dota 2

Marci

Menurut laporan Liquipedia, Marci menjadi hero yang paling sering di-pick dalam ajang TI11. Meski sebelumnya telah di-nerf, Marci masih menjadi raja support berkat kemampuannya yang begitu fleksibel. Meski mayoritas digunakan sebagai soft support (posisi 4), Marci dapat menjalankan tugas dengan baik sebagai Offlaner (posisi 3) bahkan carry (posisi 1).

Di posisi 4 sekalipun, damage Marci terskala dengan baik hingga fase late game di mana ia masih mampu memberi damage yang cukup menyakitkan dengan item seadanya.

Selain itu menurut Dotabuff, Marci mencatatkan statistik bagus saat ini, yakni 11.27% pickrate dengan winrate mencapai 50.01% pada 29 November sebelum kemudian menukik tajam pada hari ini usai patch 7.32d diperkenalkan.

Kini Marci kembali menerima nerf yang cukup signifikan, yakni jarak casting serta jangkauan dari Rebound yang dikurangi, membuat Marci semakin sulit menginisiasi teamfight atau melarikan diri.

 

(Valve)

Kemudian Sidekick juga mendapat nerf di mana kemampuan Lifesteal dari aura ini dikurangi menjadi maksimal 45% saja.

Primal Beast

Hero terbaru di Dota 2 ini langsung jadi primadona ketika pertama kali dirilis di Captain Mode serta cukup mendominasi di Liga DPC maupun turnamen-turnamen resmi Valve lainnya. Namun para tim profesional Dota 2 memanfaatkan waktu sembari TI11 dimulai untuk menyusun strategi meng-counter Primal Beast, membuatnya performanya di Singapura tidak sesuai ekspektasi.

 

(Valve)

Meski begitu Valve menilai Primal Beast tetap butuh nerf, terutama kemampuannya Onslaught yang membuat Primal Beast menginisiasi teamfight dari jarak jauh maupun kabur dengan mudah tanpa bisa dihentikan. Kini, Onslaught menerima nerf damage serta dapat dihentikan di tengah jalan dengan stun seperti Abyssal Blade.

Wraith Pact (item)

Item ini menjadi item paling utama yang wajib dibuild oleh setiap tim profesional dalam pertandingan sejak item ini dirilis. Wraith Pact juga menjadi kunci bagi Tundra Esports menjuarai TI11 di mana item itu sangat cocok dengan "meta kebun binatang" yang mereka gunakan.

Bagaimana tidak, gerombolan Neutral Creeps yang telah mendapat buff dari Chen, masih ditambah dengan buff pengurangan damage yang begitu signifikan dari Wraith Pact dengan jangkauan 900 range dan dapat berpindah tempat, membuat hero carry terkuat pun ragu-ragu untuk menerjang pasukan Neutral Creeps Tundra.

Sudah banyak pemain pro maupun pengamat eSports Dota 2 yang mengeluhkan eksistensi Wraith Pact yang dianggap lebih buruk daripada Necronomicon.

Legenda OG sekaligus juara dua kali The International, Sebastien "Ceb" Debs sempat menyuarakan agar Wraith Pact dihapus saja dari Dota 2 karena dianggap merusak permainan, terutama di eSports.

IceFrog sepertinya mendengar keluhan para pemain dan pengamat, dan kini telah me-nerft item tersebut. Aura pasif dari Wraith Pact kini tak lagi mengurangi damage tipe Magical dan Pure. Dengan kata lain spellcaster seperti Lina, Lion, dan Puck dapat menjadi counter signifikan bagi tim yang menggunakan Wraith Pact.

 

(Valve)

 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
Gadget16 Juli 2024, 20:20 WIB

3 Rekomendasi HP Gaming 5 Jutaan Terbaik, RAM dan Penyimpanan Besar

Berikut 3 rekomendasi HP gaming terbaik di kisaran 5 jutaan yang bisa kamu jadikan pilihan
Penting! Perhatikan Hal Hal Berikut Ketika Ingin Membeli HP Gaming (FOTO: Istockphoto.com)
Guides16 Juli 2024, 19:55 WIB

5 Tips Bikin Bangunan Simetris di Minecraft

Jika kamu tertarik untuk membuat bangunan simetris di game Minecraft garapan Mojang, berikut langkah-langkah dan tipsnya.
Struktur bangunan simetris di game Minecraft. (Sumber: Reddit)
Gadget16 Juli 2024, 19:34 WIB

4 Rekomendasi Smartphone Flagship Terbaru 2024: Daftar Harga dan Spesifikasinya

Berikut 4 rekomendasi smartphone flagship terbaru 2024 dan daftar harga serta spesifikasinya
Ilustrasi Xiaomi 14 Ultra.
Guides16 Juli 2024, 19:08 WIB

Cara Mudah Mengganti Password Instagram dengan Cepat

Berikut cara mengganti password di Instagram dengan cepat.
Cara Mengatasi Lupa Password atau Kata Sandi di Instagram (FOTO: Pexels/Energepic.com)
Guides16 Juli 2024, 18:37 WIB

Cara Mudah Mengimpor Skin di Minecraft PE

Apakah bisa? Tentu saja. Berikut langkah-langkah mudah cara impor skin di game Minecraft PE.
Minecraft Pocket Edition. (Sumber: Minecraft)
Gadget16 Juli 2024, 18:05 WIB

5 Alasan Mengapa Infinix GTBOOK Jadi Laptop Gaming Paling Worth-it saat Ini

Infinix GTBOOK saat ini lagi jadi sorotan di kalangan gamers. Sebab perangkat ini merupakan laptop gaming Infinix yang pertama kali diluncurkan perusahaan.
Infinix GTBOOK. (Sumber: Infinix)
News16 Juli 2024, 17:33 WIB

NBA 2K25 Resmi Diumumkan: Tanggal Rilis dan Harga yang Wajib Kamu Tahu!

NBA 2K25 resmi diumumkan, berikut tanggal rilis dan harga yang wajib kamu tahu
NBA 2K25. (Sumber: Twitter.com/@NBA2K)
Console16 Juli 2024, 17:16 WIB

Resident Evil 9 Sudah Dipastikan Bakal Muncul Tahun 2026 ? Seperti Ini Detail Penjelasannya!

Setelah banyak rumor dari para orang dalam, akhirnya hari yang dinanti tiba. Capcom secara resmi mengonfirmasi pengembangan game baru dalam seri Resident Evil.
Resident Evil 9 Sudah Dipastikan Bakal Muncul Tahun 2026 ? Seperti Ini Detail Penjelasannya! (Sumber: Gamerant)
News16 Juli 2024, 17:07 WIB

AFK Journey Bakal Hadir di Indonesia September 2024

Farlight Games mengumumkan perilisan game AFK Journey, rencananya akan dirilis pada kuartal ketiga 2024 di Indonesia
AFK Journey (FOTO: AFK Journey)
Console16 Juli 2024, 17:00 WIB

Ada usulan Untuk Membunuh Karakter Chris Redfield di Resident Evil 9, Wah Seperti Apa Detailnya ?

Youtuber ErzaTitaniaWins mengundang banyak kontroversi di kalangan penggemar Resident Evil. setelah ia mengusulkan pengembang harus membunuh Chris Redfield.
Ada usulan Untuk Membunuh Karakter Chris Redfield di Resident Evil 9, Wah Seperti Apa Detailnya ? (FOTO: Screen Rant) (FOTO: Screen Rant)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.