Bethesda Menghapus Dukungan Bahasa Rusia di Starfield versi Steam

INDOGAMERS.ID Beberapa raksasa video gim seperti Sony, Microsoft, Ubisoft, Rockstar Games, dan Nintendo menghentikan penjualannya di Rusia sejak tahun lalu. Kini, gim Bethesda diketahui pengguna Reddit F0blex via SteamDB, menghapus dukungan Bahasa Rusia untuk gim Starfield di Steam pada 11 April 2023.

Temuan ini membuat gamers yang berada di wilayah Commonwealth of Independent States (CIS) maupun yang memiliki banyak populasi menggunakan bahasa Rusia menjadi geram. Poin utama disampaikan adalah bahwa Bahasa Rusia tidak ada hubungannya dengan Putin dan invasi Rusia ke Ukraina.

Belum ada pernyataan resmi dari Bethesda mengenai penghapusan dukungan Bahasa Rusia di Starfield. Pengguna Twitter Vasilisa Versus berpendapat hal ini  mungkin saja terjadi karena Bethesda tidak bisa melakukan transfer pembayaran kepada studio pengisi suara video gim yang ditangani melalui 1C-Softclub, distributor gim terbesar di Rusia. Sehingga mengacaukan kontrak.

https://twitter.com/dcversus/status/1645923112364515330

Ya, pendapat tersebut memanglah pendapat pribadi. Namun jika berkaca pada apa yang dialami Nintendo eShop tahun lalu mengenai pemblokiran transaksi ke Rubel (mata uang Rusia), pendapat Vasilisa Versus tersebut bisa dikatakan masuk akal. Seperti yang telah diketahui, Visa dan Mastercard menghentikan semua operasionalnya di Rusia sebagai protes terhadap invasi ke Ukraina.

Hal masuk akal kedua adalah pendapat mengenai persoalan finansial. Jika Bethesda tidak memiliki rencana untuk merilis Starfield di Rusia, bisa dikatakan masuk akal mengapa mereka menghentikan dukungan untuk bahasa Rusia dalam gim tersebut.

Entah apa yang sebenarnya terjadi, para gamer pengguna Bahasa Rusia yang menanti perilisan Starfield adalah sebuah fakta yang perlu juga dipertimbangkan. Terbaru, Starfield direncanakan rilis pada 6 September 2023.


(IDGS/deJeer)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI