logo

Cara Mudah dan Praktis untuk Merakit PC bagi Pemula!

PembasmiBocil
Kamis 16 November 2023, 20:12 WIB
Ilustrasi cara merakit PC dengan mudah dan praktis bagi pemula

Ilustrasi cara merakit PC dengan mudah dan praktis bagi pemula

Indogamers.com - Tak sedikit orang yang bermimpi untuk bisa merakit PC mereka sendiri dirumah. Sayangnya, mereka tidak yakin harus mulai merakit dari mana untuk mendapatkan PC idaman.

Untuk mendapatkan PC idaman, terkadang membeli PC lengkap yang langsung jadi dan siap pakai tidak cocok bagi sebagian orang. Itulah sebabnya, sebagian orang mencari cara merakit PC sendiri di rumah.

Karena itu, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara untuk merakit PC sendiri, sehingga hasil yang didapatkan jadi sesuai harapan dan kamu juga lebih puas.

Namun, untuk merakit PC sendiri ini tidaklah mudah, cara merakit PC dari awal hingga selesai membutuhkan persiapan yang cukup matang, mulai dari pemilihan komponen yang tepat, mendesain, dan lain sebagainya sampai sebuah PC berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, bagi kamu yang ingin merakit PC sendiri dirumah, kamu bisa ikuti cara untuk merakit PC dengan mudah dan praktis yang cocok bagi pemula seperti di bawah ini.

Baca Juga: Begini Spesifikasi PC untuk Game Indonesia, Coral Island, Jangan Sampai Salah!

1. Pasang processor ke motherboard

Cara merakit PC yang pertama yaitu dengan memasang prosesor pada motherboard. Motherboard merupakan sebuah hardware yang sangat penting pada bagian PC, hardware ini sebagai papan tempat untuk menghubungkan semua perangkat PC lainnya.

Sebenarnya ada banyak tipe dan merek motherboard yang ada di pasaran, tetapi kamu perlu memastikan bahwa motherboard yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk bisa memasang motherboard dengan tepat, kamu harus mengacu pada tanda yang ada di pojok kiri bawah bagian processor dan socket.

2. Pasang motherboard ke casing

Setelah Central Processing Unit (CPU) atau sering disebut dengan prosesor terpasang pada motherboard seperti langkah pertama, kamu bisa melanjutkannya dengan cara memasang motherboard di casing CPU tersebut, cara pemasangan motherboard ke casing sebenarnya cukup mudah.

Kamu cukup memasangnya sesuai dengan posisi port dengan casing, biasanya prosesor akan selalu berada di bagian atas untuk casing tower. Selanjutnya kamu bisa melubangi di setiap bagian sekrup ke casing dan pastikan agar sekrup terpasang dengan kuat.

Baca Juga: Inilah Spesifikasi PC untuk Main Genshin Impact 4.0

3. Pasang heatsink prosesor

Cara merakit PC yang ketiga yaitu dengan memasang heatsink prosesor. Heatsink adalah sebuah perangkat hardware PC berupa aluminium yang berfungsi untuk mendinginkan sistem PC setelah digunakan. Sebagian besar heatsink biasanya disertai pula kipas sebagai komponen pendingin.

Akan tetapi, ada pula heatsink yang tidak disertai kipas. Itulah sebabnya, kamu harus lebih cermat menggunakan heatsink, sebaiknya gunakan heatsink yang sudah disertai kipas agar mempermudah cara merakit PC.

4. Pasang RAM ke motherboard

Langkah selanjutnya untuk merakit PC yaitu kamu perlu memasang RAM ke motherboard. RAM atau Random Access Memory merupakan perangkat hardware PC yang membantu prosesor agar bekerja dengan stabil. Selain itu, RAM juga berperan sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum data-data diproses.

Saat melakukan cara merakit PC, pastikan kamu memilih jenis RAM yang sesuai. Sebab, ada beberapa jenis RAM yang bisa dipilih berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Rata-rata PC yang digunakan pada umumnya menggunakan RAM jenis DDR3. Namun, untuk PC atau PC gaming menggunakan RAM yang berbeda karena membutuhkan performa yang lebih tinggi lagi.

5. Pasang power supply

Power supply adalah sebuah perangkat yang dapat mengubah arus listrik yang akan masuk ke PC dari AC ke DC ataupun sebaliknya. Saat kamu membeli sebuah casing, maka biasanya sudah disertai juga dengan power supply.

Jika casing yang dibeli belum tersedia power supply, maka kamu bisa membeli power supply terpisah.

6. Pasang kabel motherboard dan casing

Cara merakit PC selanjutnya yaitu dengan memasang kabel motherboard dan casing. Biasanya pada motherboard akan dilengkapi juga dengan kabel tambahan, contohnya seperti kabel data. Karena itu, kamu harus cermat saat membeli motherboard, apakah sudah tersedia kabelnya atau tidak. Setelah melihat adanya kabel tersebut, maka kamu perlu memasang kabelnya pada soket masing-masing di casing yang sesuai. Pada casing sendiri biasanya tersedia kabel untuk power on/off, restart, audio port, USB port, dan LED HDD PC.

7. Pasang drive

Setelah semua kabel sudah terpasang, selanjutnya kamu bisa memasang drive, baik itu hardisk ataupun SSD dengan cara berikut ini:

  • Lepas bagian penutup depan casing,

  • Kemudian masukkan CD/DVD ROM drive melalui bagian depan casing.

  • Setelah itu, sejajarkan posisi baut yang telah tersedia dan jika sudah sejajar, maka pasang kabel data dari motherboard, beserta kabel power yang berasal dari power supply.

Untuk pemasangan drive harddisk atau SSD, komponen ini perlu dipasang di bagian belakang casing. Dengan cara pasang hardisk dengan menyambungkan ke kabel data pada motherboard dan kabel power dari power supply.

8. Pasang VGA card

VGA card merupakan salah satu komponen atau perangkat tambahan pada PC yang bertujuan untuk membuat grafis layar PC menjadi lebih baik. Misalnya, fungsi VGA ini akan kamu rasakan ketika bermain game atau rendering video dan animasi, jika spesifikasi VGA card tinggi, maka hasilnya pun akan lebih bagus.

Saat melakukan cara merakit PC sendiri, sebenarnya pemasangan VGA card ini hampir sama dengan pemasangan RAM. Kamu cukup sesuaikan dengan bentuk socket yang ada, lalu tekan hingga VGA card benar-benar terkunci.

9. Pastikan semua komponen terpasang

Langkah selanjutnya adalah pastikan semua perangkat dan kabel terpasang dengan benar, pastikan untuk menutup casing. Kemudian, kamu perlu menyambungkan semua perangkat input, seperti keyboard, mouse, dan output device seperti audio speaker, monitor, atau LED dengan tepat.

10. Pasang kabel power untuk PSU

Cara merakit PC selanjutnya adalah memasang kabel power untuk power supply agar mengalirkan arus listrik ke PC, termasuk tombol power pada casing. Jika semuanya sudah siap, maka kamu bisa menutup semua bagian casing dengan rapat.

11. Instal sistem operasi

Setelah semua cara merakit PC di atas selesai dilakukan, pastikan  untuk menginstal sistem operasi agar PC dapat digunakan. Namun sebelum itu, pastikan kamu sudah memiliki sistem operasi yang akan diinstal.  

Sistem operasi atau OS berfungsi untuk menghubungkan software dengan hardware. Sistem operasi PC dibutuhkan agar kinerjanya berjalan dengan optimal. Dengan begitu, sistem operasi dapat memberikan perintah dan sebagai mediator antara pengguna dengan PC.

Nah, itulah tadi cara untuk merakit PC sendiri bagi kamu para pemula dengan mudah dan praktis. Perlu diingat bahwa untuk merakit PC ini memang tidak semudah yang dibayangkan, kamu harus memahami terlebih dahulu mengenai berbagai komponen yang akan dirakit, serta pemahaman terkait perangkat yang digunakan.***

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Berita Terkait
Mobile

Deretan Aplikasi PC Build Simulator di Android untuk Membantu Merakit PC Impian

Kamis 16 November 2023, 19:34 WIB
undefined
News

Inilah Pemenang Kontes Merakit Senjata di Dead Space 3

Kamis 10 Mei 2012, 00:00 WIB
undefined
News

Redmi 4A: Smartphone 4G Xiaomi Rakitan Indonesia Berharga Satu Jutaan

Senin 02 Januari 2017, 00:00 WIB
undefined
News

Harga Tiket The International 2017 Dota 2 Setara dengan Rakit PC

Senin 04 Desember 2017, 00:00 WIB
undefined
News Update
News08 Juli 2024, 13:05 WIB

Bocoran Mystery Shop Free Fire 2024 di Bulan Juli. Buruan Login dan Klaim Hadiahnya

Hadirnya Kembali Mystery Shop Free Fire ke dalam permainan pada bulan Juli 2024 ini akan ada banyak hadiah yang bisa diklaim.
Mystery Shop Free Fire 2024 (FOTO: YouTube/Yogi JR Gaming)
Console08 Juli 2024, 13:05 WIB

Console Game Murah yang Bisa Mainkan Game AAA

Berikut ini adalah console game murah yang kuat untuk mainkan game AAA
Kontroler PS5 dan Steam Deck. (Sumber: Youtube Webpro Education)
Gadget08 Juli 2024, 13:01 WIB

7 Penyebab iPhone Cepat Panas yang Penting Diketahui

iPhone yang cepat panas bisa terjadi karena berbagai macam hal yang bisa kamu simak selengkapnya beriku ini.
Ilustrasi iPhone yang cepat panas saat digunakan (FOTO: pinterest.com)
Mobile08 Juli 2024, 12:56 WIB

3 Rekomendasi Game Bola yang Seru dengan Konsep Unik, Wajib Dicoba!

Game bola masih menjadi salah satu jenis permainan yang masih banyak digemari dan banyak developer berlomba untuk membuat sesuatu unik yang dapat dipasarkan.
Ilustrasi Game Bola (FOTO: Pexels/Tom Fisk)
News08 Juli 2024, 12:43 WIB

Edisi Terbatas! Dapatkan Avatar JKT48 di Free Fire 7th Anniversary . Sudah Berakhir?

Event Free Fire 7th Anniversary melakukan kolaborasi dengan JKT48 dengan mendapatkan avatar dari member JKT48 dengan edisi terbatas.
Garena Free Fire 7th Anniversary (FOTO: YouTube/RESOL GAMING)
E-Sport08 Juli 2024, 12:38 WIB

Tim Nasional Esports Indonesia nomor PUBG Mobile Siap Rebut Tempat di 16th IESF World Esports Championship 2024 Riyadh!

Indonesia Menjadi Satu-Satunya Negara di Asia Tenggara yang Berhasil Meloloskan Timnas MLBB Men & Women!
Tim Nasional Esports Indonesia nomor PUBG Mobile Siap Rebut Tempat di 16th IESF World Esports Championship 2024 Riyadh! (FOTO: PBEI)
E-Sport08 Juli 2024, 12:03 WIB

Hasil Klasemen MSC 2024: Fnatic ONIC Gagal Playoff MSC 2024

Fnatic ONIC menjadi harapan satu-satunya tim di MSC 2024, tetapi pada tahun ini dipaksa tunduk dan pulang menyusul kekalahan EVOS Glory
Fnatic ONIC (FOTO: Indogamers/Rozi)
Guides08 Juli 2024, 11:57 WIB

3 Cara Dapat Senjata Spesial di Game Days Gone, Lebih Cepat Hancurkan Zombie

Beberapa senjata spesial di Game Days Gone menjadi incaran karena sangat cepat menghancurkan zombie
Game Days Gone. (Sumber: Steam)
Guides08 Juli 2024, 11:46 WIB

Cara Memainkan AceForce 2, Game Shooter 5v5 Terbaru dan Seru dari Tencent!

Begini cara memainkan game shooter terbaru dari Tencent, AceForce 2 di perangkat Android kamu.
Cara Memainkan AceForce 2, Game Shooter 5v5 Terbaru dan Seru dari Tencent!(FOTO: Tencent)
Guides08 Juli 2024, 11:46 WIB

2 Cara Main Game Mobile dari TV Android. Layar Lebih Gede, Dijamin Puas Banget!

Berikut cara main game hp atau game mobile android dari TV android, dijamin puas banget dengan tampilan game di layar TV.
Tampilan Layar TV Android (FOTO: Bullfrag)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.