Apa Itu Overclocking PC? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Overclocking PC (FOTO: thegeekpub.com)

Indogamers.com - Overclocking PC merupakan sebuah tindakan untuk meningkatkan komponen clock rate, sehingga perangkat akan memiliki kecepatan lebih tinggi dari sebelumnya. Meskipun demikian, hal ini juga akan membuat komputer yang di overclocking menghasilkan suhu lebih tinggi.

Overclocking juga bisa dikatakan dengan meningkatkan clock rate atau multiplier pada BIOS, yang membuatnya bekerja lebih keras per detiknya. Biasanya, seseorang melakukan hal tersebut agar komputer bisa berjalan lebih cepat dari asalnya.

Baca Juga: Apa Sih Thermal Throttling pada PC dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Melakukan overclocking memang dapat menambah kecepatan, tapi akan membuat beberapa komponen menjadi lebih panas. Karena itu, jika ingin membuat komputer bekerja lebih tinggi, maka komputer juga memerlukan pendinginan yang tepat untuk mencegah permasalahan yang terjadi.

Namun perlu diingat, tidak semua komputer bisa dilakukan overclocking.  Komputer yang bisa di overclocking harus menggunakan motherboard Extreme Edition dengan CPU unlocked multiplier. Jika komputer yang kamu gunakan standar, maka kemungkinan besar kamu tidak akan bisa melakukan overclocking.

Meskipun bisa meningkatkan kecepatan pada komputer, namun sebelum melakukan overclocking kamu harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya lebih dulu seperti berikut ini.

Kelebihan overclocking

Overclocking, tentu saja akan membuat komputer bekerja lebih cepat dari biasanya. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi, ada banyak komponen yang bisa meningkatkan performa komputer.

Baca Juga: Ingin Tahu Nih? Ketahui 5 Keunggulan Rakit PC Dibanding Beli Laptop Gaming

Melalui overclocking, kamu bisa meningkatkan kemampuan dari perangkat. Misalnya, kamu melakukan overclock pada komputer dengan hardisk SSD, maka performanya akan meningkat dibanding biasanya.

Kekurangan overclocking

Meski mampu meningkatkan kemampuan komputer, overclocking juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah membuat garansi pada komponen di dalam komputer menjadi tidak berlaku.

Selain itu, overclocking komputer juga membuat komputer menjadi lebih panas daripada sebelumnya. Jika ternyata menggunakan pendingin yang tidak tepat, resikonya adalah CPU menjadi rusak permanen.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang overclocking serta apa saja kelebihan dan kekurangannya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI