Cara Mudah Mengatasi Laptop Ngefreeze Agar Kembali Lancar

Ilustrasi laptop ngefreeze (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - Bagi kamu yang sering menggunakan laptop untuk pekerjaan berat dan dalam waktu yang lama, pasti pernah mengalami dimana laptop yang digunakan ngefreeze atau membeku.

Laptop yang mengalami freeze ini ditandai dengan kondisi layar yang hidup namun tidak bisa digerakan sama sekali. Hal ini tentu saja akan membuat panik, terlebih jika kamu tidak mengetahui bagaiamana cara untuk mengatasinya.

Baca Juga: Ini Faktor Penyebab Masalah Smartphone "Hang" Saat Main Game

Karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah laptop ngefreeze. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Tunggu beberapa saat

Laptop yang ngefreeze ini umumnya terjadi karena beban kerja yang berat atau aplikasi yang tidak responsif. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menunggu beberapa saat dan lihat apakah laptop mulai berfungsi kembali.

Pastikan saat menunggu beberapa saat ini, kamu tidak memencet tombol manapun atau menggerakan kursornya. Kamu bisa membiarkan laptop beberapa saat dan menunggunya.

2. Gunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del

Cara selanjutnya untuk mengatasi laptop yang ngefreeze adalah menggunakan tombol Ctrl, Alt, dan Delete secara bersamaan untuk membuka Task Manager.

Dari sana, kamu bisa menghentikan aplikasi yang tidak responsif atau menghentikan proses yang menyebabkan masalah laptop menjadi ngefreeze.

Baca Juga: Setelah Rilis A6000, Lenovo Siapkan A7000 Dengan RAM Lebih Gahar!

3. Restart laptop secara paksa

Saat laptop mengalami freeze, kamu juga bisa mengatasinya dengan cara melakukan restart secara paksa. Hal ini bisa dilakukan saat laptop benar-benar tidak merespons.

Untuk melakukan restart laptop secara paksa, kamu bisa menekan tombol power selama beberapa detik hingga laptop mati. Selanjutnya kamu bisa menyalakan kembali laptop setelah mati beberapa saat.

4. Update sistem operasi dan driver

Pastikan sistem operasi dan driver perangkat keras di laptop yang kamu gunakan selalu diperbarui dengan versi terbaru. Perbarui laptop dengan update terbaru untuk memperbaiki bug dan masalah yang mungkin terjadi.

Karena, laptop yang freeze ini bisa terjadi karena sistem operasi ataupun driver yang sudah kadaluarsa.

5. Scan dan hapus virus atau malware

Gunakan perangkat lunak antivirus terpercaya untuk memindai dan membersihkan laptop Anda dari virus atau malware yang dapat mempengaruhi kinerja sistem

6. Batasi aplikasi yang berjalan di latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang terlalu banyak akan membuat prosesor laptop bekerja terlalu berat. Hal ini terkadang membuat laptop menjadi ngefreeze karena beban kerja prosesor terlalu berat. Karena itu, sangat disarankan untuk membatasi aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang.

7. Ganti RAM

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan laptop masih sering mengalami freeze, ada juga kemungkinan disebabkan oleh adanya masalah pada perangkat keras seperti RAM yang sudah mulai rusak.

Jika hal ini terjadi, berarti satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah melakukan penggantian. Saat melakukan penggantian RAM, disarankan untuk menggunakan RAM dengan kapasitas yang lebih besar agar kinerja laptop lebih optimal.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI