Nggak Cuma Hiburan, Ketahui 3 Manfaat Penting Bermain Game Minecraft yang Jarang Disadari

Game Minecraft Mod APK (FOTO: Dok.Aplikasi Minecraft)

Indogamers.com - Minecraft merupakan game survival-sandbox dari Mojang yang digandrungi gamer anak-anak sampai dewasa. Selain sebagai hiburan, ternyata ada banyak manfaat bermain Minecraft yang membuatnya diminati oleh gamer segala usia.

Meskipun gameplay utama dari Minecraft adalah survival dan eksplorasi, game ini juga memiliki fasilitas untuk menciptakan berbagai karya di game yang sangat mengagumkan. Hampir tak ada batasan untuk apa saja yang bisa dibuat di Minecraft.

Baca Juga: Minecraft Masuk ke Dalam Mode Pembelajaran Geografi

Penasaran apa saja yang manfaat yang bisa didapatkan saat bermain game Minecraft ini bukan? Berikut ulasannya.

1. Mengasah kreativitas

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bermain game Minecraft adalah mengasah kreativitas. Sebab, dalam game Minecraft ini memiliki mode sandbox dimana pemain bisa menciptakan apapun di dalam dunia Minecraft dengan berbagai macam tools dan juga balok bangunan, pemain juga bisa menciptakan banyak karya.

Ada banyak sekali karya mengagumkan yang lahir dari Minecraft, mulai dari artwork pixel art hingga gedung-gedung mewah dengan arsitektur rumit.

2. Melatih otak untuk mencari solusi

Untuk para gamer yang ingin menciptakan karya yang lebih rumit dan kompleks, Minecraft memiliki benda yang disebut Redstone, yang digunakan untuk membuat alat-alat seperti perangkap hingga pintu otomatis.

Di tangah gamer yang lebih jago, Redstone bisa digunakan untuk menciptakan fasilitas peternakan otomatis atau bahkan membuat sistem komputer dengan unit prosesor dan RAM-nya sendiri! Hal ini menuntut kemampuan gamer untuk berpikir kritis serta menalar logika.

Baca Juga: Alasan Mengapa Minecraft Tak Ada Di Steam Akhirnya Terkuak

3. Membantu pemain Minecraft fokus dan disiplin

Menciptakan karya-karya hebat di atas tidak bisa langsung jadi. Untuk mewujudkannya dibutuhkan kemampuan untuk menciptakan rencana dan tahapan yang rinci agar proses pembangunannya berjalan lancar.

Setelah menciptakan perencanaan tersebut, gamer juga harus bisa fokus, disiplin, dan punya komitmen untuk menyelesaikan rencana tersebut. Di sinilah para gamer bisa melatih kualitas-kualitas terpuji tersebut yang bisa bermanfaat di dunia nyata.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bermain game Minecraft.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI